Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Menilik Kesalahan-kesalahan Umum Ketika Membeli Barang Online yang Masih Banyak Dilak
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Berbicara mengenai belanja online pastinya tidak terlepas dari keberadaan toko online yang menjadi penyedia atau pusat tempat belanja. Saat ini hampir semua barang online laris dijual karena memang banyak orang yang membutuhkan. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat modern adalah segala sesuatu yang berbentuk instan, bukan hanya makanan tetapi cara mendapatkan. Coba Anda lihat sendiri, saat ini untuk mendapatkan segala sesuatu yang Anda butuhkan tidak perlu susah-susah keluar rumah apalagi macet-macetan. Hanya dengan memencet laptop, PC atau smartphone saja semuanya bisa didapatkan.

Berbagai kemudahan dalam berbelanja online ternyata tidak serta merta memberikan keuntungan bagi setiap konsumennya. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang laporan mengenai kerugian ketika belanja online. Pada masalah tersebut tidak serta merta kesalahan pada pihak toko, karena kemungkinan besar ada pula masyarakat atau konsumen yang melakukan kesalahan. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan para konsumen, antara lain:

1. Tidak melihat detail gambar.
Banyak konsumen hanya tertarik ketika melihat gambar lalu melakukan transaksi tanpa melihat secara detail. Setelah mendapatkan barangnya ternyata tidak sesuai dengan keinginan, hal ini yang sering dilakukan oleh konsumen apalagi pemula yang baru mencoba berbelanja online. Secara otomatis kerugian akan Anda alami sebagai konsumen, makanya segala sesuatu harus diteliti dan dicek terlebih dahulu.

2. Tidak membaca keterangan.
Kesalahan kedua ini masih sangat sering dilakukan oleh konsumen, terkadang mereka dengan percaya dirinya menanyakan stock ataupun hal lainnya padahal semua jawaban telah dikatakan pada caption atau keterangan. Sebagai pembeli yang cerdas hal begini tidak perlu lagi menjadi masalah. Bagaimana Anda akan mendapatkan produk yang sesuai jika membaca keterangan dengan baik saja tidak mampu.

3. Tidak melihat ketentuan.
Lalu ada lagi kesalahan yang tidak jarang pula dilakukan oleh masyarakat dalam berbagai segmen dan golongan yaitu tidak melihat ketentuan yang telah dijelaskan diawal. Misalnya saja dari cara pembayaran, cara pemesanan dan lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu kesalahan fatal, bahkan merugikan diri sendiri sebagai konsumen.

4. Tidak mengetahui cara refund.
Pembelian online itu sangat berbeda dengan Anda membeli secara konvensional, apalagi jika ada masalah barang yang mengalami kerusakan. Makanya dari awal Anda harus pastikan bagaimana cara refund, adakah garansi ataupun jaminan lainnya.

4 kesalahan diatas bisa berakibat buruk pada proses pembelanjaan Anda, bukan saja konsumen yang merugi tetapi juga pihak penjual. Misalnya saja konsumen telah mendapatkan barang online sesuai dengan yang dipesan tetapi mengalami kerusakan. Kemudian dengan sadarnya konsumen tersebut menjelek-jelekkan toko online tanpa menyadari kesalahannya. Hal ini pasti akan berimbas pada tingkat kepercayaan konsumen lainnya yang akan melakukan pembelanjaan pada toko tersebut.