Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Tekno
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Sehari – hari kita menggunakan komputer. Namun pernahkah kita berfikir untuk mengetahui seluk – beluk mengenai komputer ini ? Tidak ada salahnya sesekali kita mengenal komputer dengan cara mempelajari atau sekedar mengetahui bagian bagian  komputer kita.

Secara umum ada dua bagian yang menyelimputi komputer kita. Yaiut perangkat keras dan perangkat lunak. Nah dua macam perangkat inilah yang akan kita bahas pada kesempatan yang singkat ini. Berikut pembahasannya.
undefined

Macam komponen Komputer dan Penjelasannya

1. Perangkat keras komputer ( Hardware kompter)

Apa yang dimaksud dengan perangkat keras komputer ? Disebut juga dengan istilah Hardware. Yaitu komponen atau bagian dari komputer yang berbentuk fisik dan dapat kita sentuh dengan tangan kita. Ada banyak sekali komponen ini apabila kita bahas semuanya. Contoh dari komponen fisik atau hardware komputer seperti monitor, keyboard, mouse, CPU dan komponen di dalamnya.

Perangkat keras komputer berperan penting, bekerja dengan sistem yang terpadu antara komponen yang satu dan yang lainnya. Hardware komputer kebanyakan disebutkan yang berada di dalam CPU yaitu Motherboard (papan rangkaian inti), RAM, Harddisk, dan lain sebagainya.

2. Perangkat Lunak Komputer (Software)

Komponen komputer yang kedua yaitu perangkat lunak komputer. Kalau tadi perangkat keras, sekarang perangkat lunak. Apa itu ? Yaitu bagian atau komponen dari sebuah komputer yang berupa benda digital, tidak bisa kita sentuh secara fisik namun bisa kita lihat dan kita gunakan.

Perangkat lunak komputer berbentuk aplikasi, program yang dipasang pada hardisk komputer yang berfungsi untuk sistem operasi dan aplikasi sehingga bisa digunakan dengab sebagaimana mestinya. Kalau kita cari tahu ada banyak jenis perangkat lunak komputer. Seperti perangkat lunak system, perangkat lunak aplikasi internet, perangkat lunak antivirus, maintenance dan lain sebagainya.

Nah, itulah dua macam bagian – bagian komputer yang kita gunakan. Ada dua macam komponen utama yaitu perangkat keras komputer (hardware) dan juga perangkat lunak komputer atau software. Untuk pembahasan detail mengenai masing – masing komponen, akan kita bahas pada kesempatan mendatang apabila ada waktunya. Sekian, semoga bermanfaat.