Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Teknik Menggiring Bola Futsal yang Baik dan Benar
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
[Image: teknik%2Bmenggiring%2Bbola%2Bfutsal.jpg]


Pada dasarnya permainan futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh beberapa orang pemain yang harus bekerja sama dengan cara saling mengoper dan membantu pergerakan masing-masing pemain sehingga memungkinkan agar bola selalu mengalir dari satu sisi ke sisi lapangan yang lain dengan tujuan agar bola masuk ke gawang lawan. Namun demikian dalam permainan futsal juga kadang diperlukan teknik menggiring bola futsal yang baik dan benar, karena pada saat-saat tertentu hal ini diperlukan. Biasanya pada saat-saat ketika pemain dijaga satu lawan satu dan ketika penjagaan lawan begitu ketat sehingga dibutuhkan kreativitas pemain dalam membangun permainan dan memecahkan masalah tersebut. Pada saat seperti inilah biasanya dibutuhkan skill individu pemain, tidak terkecuali teknik menggiring bola futsal yang baik dan benar.

Nah bagaimana sih sebenarnya cara menggiring bola futsal yang baik dan benar? oiya tambahan lagi cara menggiring bola yang efektif?. Apabila kita lihat di permainan bola dengan lapangan besar ada pemain-pemain yang luar biasa dalam cara mereka menggiring bola, teknik menggiring bola yang mereka praktekkan disebut-sebut sebagai yang erbaik saat ini. Pemin-pemain itu seperti Leonel Messi, Cristiano Ronaldo, Iniesta, Xavi Hernandes mereka adalah yang terbaik dalam hal teknik menggiring bola. Skill yang mereka praktekkan juga pasti sudah dilatih selama bertahun-tahun.

Kali ini saya ingin membagikan tips teknik menggiring bola futsal yang baik dan benar serta efektif yang saya pelajari pada saat bermain futsal yaitu:
  1. Usahakan agar badan kita selalu tegak. Ketika posisi badan kita tegak maka kita punya keuntungan dapa dengan mudah melihat sekeliling. Melihat dimana rekan kita berada memudahkan kita memilih akan menggiring bola ke arah mana.

  2. Usahakan agar bola selalu dalam jangkauan kaki kita. Jangkauan kaki kita kurang lebih 0-30 cm. Kalau bola lebih dari jarak itu biasanya akan dengan mudah disodok atau oleh pemain lawan.

  3. Gunakan gerak tipu ke kanan atau ke kiri pada saat ingin melewati lawan. Pada saat kita ingin menggiring bola ke kanan maka gerakkan badan ke arah kiri lalu pada saat lawan bergerak mengikuti gerakan kita, dengan cepat kita bergerak ke arah sebaliknya.

  4. Selalu perhatikan ke sekitar apabila ada rekan yang lebih baik posisinya sehingga kita dengan mudah mengoper bola ke rekan kita.

  5. Kita harus menyadari bahwa pada saat kita menggiring bola, semua mata akan otomatis memandang ke arah bola. Buat kita yang sedang menggiring bola keadaan ini juga berarti keuntungan untuk kita agar kita bisa mengecoh misalnya dengan menendang bola bergantian antara kaki kanan ke kaki kiri atau sebaliknya.

  6. Permainan futsal agak berbeda dengan permainan sepakbola di lapangan besar karena futsal menggunakan lapangan yang lebih kecil sehingga usahakan selalu menggiring bola dengan kaki yang rapat sehingga tidak mudah kehilangan bola.
Demikianlah teknik menggiring bola futsal yang baik dan benar ala saya, mudah-mudahan dapat mbermanfaat untuk sobat semua.