Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Faktor Penyebab Puting Lecet Saat Menyusui
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Menyusui adalah proses yang sangat penting bagi setiap ibu. Menyusui bisa memberikan nutrisi terbaik bagi sang buah hati. ASI yang mengandung nutrisi sangat dibutuhkan oleh bayi dan tidak satupun susu lain yang bisa mengalahkan ASI.

Bagi ibu baru pertama kali memiliki bayi, seringkali mengalami lecet pada puting payudaranya karena belum tahu cara menyusui yang benar. Puting pun bisa terasa sakit karena lecet-lecet tersebut.

Selain belum mengetahui cara menyusui dengan benar ini lah 3 penyebab lain yang bisa menyebabkan puting lecet :

Perlekatan Tidak Tepat

Alasan penyebab puting susu lecet dan juga berdarah adalah perlekatan yang tidak tepat. Hal ini bisa menyebabkan sakit puting parah. Untuk menyembuhkannya, bunda harus memperbaiki posisi menyusui. Kadang perubahan posisi bisa membuat anda lebih baik.

Tidak Benar Dalam Menggunakan Pompa ASI

Penggunaan pompa ASI yang tidak tepat bisa menyakiti atau membuat puting lecet. Misal beberapa ibu menyusui salah menentukan pilihan daya hisap menjadi terlalu tinggi. Ditambah lagi ada beberapa jenis pompa ASI yang memiliki pelindung udara terlalu kecil.

Infeksi Jamur Di Mulut Bayi

Jika sang buah hati memmiliki sejenis infeksi di mulut, dia pun bisam nularkannya pada anda, dan ini bisa mengakibatkan puting menjadi lecet.

Jangan abaikan puting lecet, bantu atasi puting lecet denganĀ obat puting lecet saat menyusui. Pilihan obat tepat akan mempercepat penyembuhan.