Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Jenis-Jenis Mesin Batu Bata
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Negara Indonesia memang kaya akan sumber alamnya, bahkan salah satu sumber alam yang saat ini banyak diincar oleh negara lain adalah tanah liat. Dipercaya bahwa tanah liat yang terdapat di Tanah Indonesia kualitasnya nomor 1 (Satu) di dunia. Tanah liat merupakan bahan baku untuk membuat batu bata merah yang nantinya digunakan untuk bahan bangunan. Bahan bangunan yang terbaik untuk membangunan rumah/gedung adalah batu bata merah karena terbukti sangat kokoh dan tahan lama. Bahkan ada bangunan prasejarah hingga kini masih berdiri kokoh karena terbuat dari batu bata merah. Di negara-negara lain seperti Jepang, Amerika, Rusia, Inggris dan lain-lain sudah sulit sekali mendapatkan tanah liat. Oleh karena itulah banyak negara-negara lain beserdia untuk membeli batu-bata merah dari Indonesia.

Meningkatkan kebutuhan batu bata merah memberikan peluang besar kepada pengrajin/produsen batu bata merah di Indonesia untuk memproduksi dalam jumlah besar. Batu bata merah yang sudah selesai tahap pembakaran akan di ekspor ke luar negeri dalam jumlah besar. Dari tahun ke tahun permintaan negara lain akan batu bata merah makin bertambah. Untuk menjadi produsen batu bata merah saat ini tidak dipelukan skill khusus, apalagi saat ini sudah tersedia Mesin Batu Bata. Dengan menggunakan mesin batu bata tersebut, siapa saja bisa dengan mudah mencetak batu bata dalam jumlah banyak. Mengenai ukuran batu bata yang dicetak dengan mesin batu bata bisa disesuaikan secara otomatis. Jadi dengan menggunakan mesin batu bata, maka ukuran batu-bata bisa presisi dan akan sama persis.

Tidak hanya batu-bata merah saja yang bisa dicetak dengan menggunakan mesin batu-bata, seperti paving, batako dan batu bata ringan (putih) juga bisa dicetak menggunakan mesin batu-bata. Saat ini sudah banyak toko yang Jual Mesin Bata dengan harga yang terjangkau dan kualitas sangat terjamin karena menggunakan mesin diesel yang mereknya sudah terbukti ketangguhannya. Berikut ini jenis-jenis mesin batu bata yang tersedia di Indonesia :

1.    Mesin Mixer Batu Bata
Mesin ini berfungsi untuk mengaduk bahan-bahan untuk pembuatan batu bata merah, batako, paving, batu bata ringan dan lain-lain.
2.    Mesin Batu Bata Type 2A Stirrer
Mesin ini berfungsi untuk mencetak batu-bata merah dari bahan tanah liat yang tidak terdapat komponen kerikil di dalamnya. Mesin jenis ini menggunakan mesin diesel 24pk merek dongfeng sebagai penggerak mesin dan biasanya mesin ini dioperasikan oleh 4 - 6 orang untuk meningkatkan hasil produksi. Mesin batu bata jenis ini mampu mencetak batu bata merah hingga 2000 batang.
3.    Mesin Batu-Bata Type 2B Stirrer
Mesin ini secara fungsinya sama dengan mesin batu bata type 2A Stirrer hanya saja perbedaannya terletak pada mesin yang digunakan. Untuk mesin batu bata type ini menggunakan mesin diesel 24pk merek Jiangfa, Kobal atau Dohai yang lebih murah daripada mesin diesel yang digunakan pada mesin batu bata type 2A Stirrer.
4.    Mesin Batu Bata Type 4A Crush
Mesin batu bata jenis ini digunakan untuk mencetak batu bata khusus yang bahannya terdapat komponen kerikil sehingga hasilnya tetap mulus dan padat. Pada mesin batu bata jenis ini dilengkapi dengan alat penghancur (crush) kerikil menjadi pasir sehingga hasil cetakan batu bata bisa mulus dan padat. Mesin batu bata jenis ini mampu mencetak batu bata yang menggunakan bahan tanah liat tercampur kerikil hingga 1500 batang.
5.    Mesin Batu Bata Type 4B Crush
Fungsi mesin batu bata type ini hampir sama dengan mesin batu bata type 4A Crush yaitu mencetak batu bata dengan bahan tanah liat yang terdapat komponen kerikil. Namun untuk mesin batu bata type 4B crush ini harga lebih murah karena merek mesin diesel yang digunakan berbeda kualitasnya dan sistem gardan juga berbeda dengan mesin batu bata type 4A.
6.    Mesin Batu Bata Type 5 Riter
Untuk mesin batu bata type 5 Riter ini adalah perkembangan mesin batu bata type 4A/4B yang dilengkapi tiga roda sehingga bisa dipindah tempatkan dengan mudah.

[Image: logo.png&w=250&h=88&zc=1]
terima kasih gan artikel sangat menarik,,,
Meskipun sekarang ada jenis Bata Hebel ... namun batu bata tetap dicari .. karena ada kesan klasik
saya malah baru tahu yaa, makasih infonya, tapi sekarang batu bata udah mulai kegeser Tuh sama Hebel