Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: ogoh ogoh
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Hari raya nyepi tidak dapat dipisahkan dari kemeriahan pawai ogoh-ogoh. Pawai ogoh-ogoh dilakukan sehari sebelum nyepi atau pada hari pengerupukan. Tepatnya pada tilem (bulan mati) sasih kesanga atau antara bulan maret atau april kalender masehi. Untuk tahun 2015 ini, hari raya nyepi akan jatuh pada tanggal 21 maret artinya ogoh-ogoh akan diarak pada 20 maret.


Video Klip Lagu Ogoh-ogoh dari Mr Botax (sumber: youtube)

Rangkaian hari raya nyepi sebenarnya dimulai dari acara melasti, kemudian pada tilem kesanga dilakukan tawur agung. Dilanjutkan dengan hari raya nyepi keesokan harinya dan ditutup dengan ngembak geni. Tetapi memang hari pengerupukan yang paling saya tunggu karena bisa melihat pawai ogoh-ogoh.

Mengenai sejarah, tidak diketahui secara pasti kapan ogoh-ogoh mulai ada. Sumber dari ogohogohbali.com menyebutkan ada beberapa perkiraan mengenai sejarah ogoh-ogoh. Pertama, ogoh-ogoh mulai diperkirakan sudah ada sejak jaman Dalem Balingkang. Kedua, ogoh-ogoh terinspirasi dari tradisi ngusaba Ndong-Nding di Karangasem. Informasi lain menyebutkan ogoh-ogoh mulai muncul sejak tahun 70-an. 

Pada awalnya ogoh-ogoh diwujudkan sebagai raksasa yang berwajah seram yang merupakan perwujudan dari bhuta kala. Tetapi sekarang ini banyak terjadi pergeseran seperti munculnya ogoh-ogoh upin ipin, ogoh-ogoh jayus he he sampai yang paling baru sekarang ada ogoh-ogoh cash of clans.