Forum Diskusi dan Komunitas Online

Full Version: Kriteria Batu Cincin Berlian Dikatakan Indah & Bernilai Tinggi
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Allah menunjukkan salah satu kebesaranNYA dan juga menunjukkan bahwa Allah Maha Indah dalam ciptaanNYA. Mungkin anda mengira wanita yang bertubuh seksi kulit putih kekuningan dan parah wajah yang cantik adalah wujud dari kebesaran Allah dalam segala ciptaanNYA. Memang benar makhluk hidup yang seperti itu adalah paling indah di bumi, namun dalam persepsi saya hehehe. Nah adapula ciptaan Allah yang sangat indah, dimana sebuah benda ini adalah benda mati namun memiliki nilai yang tinggi. Benda yang saya maksud tersebut adalah Batu Berlian. Tidak ada benda mati lainnya di bumi ini yang harganya melebih harga batu berlian. Jujur saya pribadi yang dulunya masih awam dengan batu berlian juga heran mengapa, sebuah batu saja bisa bernilai sangat tinggi. Pada batu ini tidak bisa membuat perut kenyang jika dimakan, tidak bisa digunakan untuk mengobati penyakit dan tidak bisa digunakan sebagai jimat yang membuat tubuh manusia kebal dari segala benda tajam hahaha.

Batu berlian yang paling banyak ditemukan di dunia berukuran mungil sehingga paling cocok digunakan untuk perhiasan Cincin Berlian. Harga dari sebuah cincin berlian juga tidaklah murah, padahal hanya dikarenakan ada berlian dibagian atasnya membuat cincin berlian dijual dengan harga yang mahal. Setiap pria yang melamar kekasihnya dengan cincin berlian, keberhasilan diterima lamarannya hingga 90%. Itulah hebatnya batu berlian yang bisa membuat manusia tergila-gila padanya. Pasti kalian semua ingin tahu kan, mengapa batu berlian harganya sangat mahal. Setelah diselidiki ternyata Batu berlian menjadi istimewa dikarenakan terbentuk dari karbon murni yang terjebak di dalam kerak bumi hingga milyaran tahun. Bumi yang kita pijaki ini terdiri dari beberapa lapisan mulai dari kulit bumi (lapisan paling atas) hingga magma (lapisan paling dalam/inti bumi). Sedangkan untuk lapisan kerak bumi ini kedalamannya sekitar 150 km dari kulit bumi. Batu berlian hanya bisa keluar dari dalam kerak bumi pada saat gunung berapi akan meletus. Gunung berapi sebelum meletus biasanya akan menyemburkan lumpur, pasir hingga bebatuan. Nah pada saat menyemburkan bebatuan inilah biasanya batu berlian juga ikut terangkat ke permukaan bumi.

Berlian bisa terlihat kemilau pada bagian dalamnya dikarenakan ikatan molekul karbon yang ada di dalam batu tersebut tertata secara teratur sehingga membuat batu berlian sangat keras dan tahan terhadap cairan kimia dan suhu dengan temperatur yang tinggi. Tidak hanya itu saja penilaian terhadap batu berlian yang memiliki harga sangat tinggi. Ada 4 kriteria batu berlian dikatakan indah dan harganya tinggi, yaitu :

1.    Clarity
Clarity adalah cahaya ruangan atau cahaya matahari yang terbias dan tersimpan ketika mengarah pada batu berlian akan membuat batu tersebut terlihat sangat indah dan seperti memancarkan cahaya. Semakin terang cahaya yang memancar di seluruh bagian batu berlian maka harganya akan lebih mahal.
2.    Color
Warna pada batu berlian berbeda-beda dan perbedaan warna ini juga membuat harga batu berlian bervariasi. Jadi warna batu berlian itu ada tingkatannya yaitu paling tinggi (mahal) berwarna bening alias tidak berwarna. Sedangkan warna batu berlian paling murah adalah kuning terang.
3.    Cut
Pemotongan batu berlian juga mempengaruhi keindahannya. Batu berlian supaya terlihat indah maka bagian sisi-sisinya harus dipotong sehingga berbentuk indah seperti jantung/hati, oval, kotak, bulat dan lain-lain. Namun pemotongan yang proporsional membuat batu berlian akan memantulkan kilau cahaya yang sangat indah. Maka semakin proporsional pemotongannya akan membuat batu berlian harganya lebih mahal.
4.    Carat
Setiap batu berlian memiliki karat yang berbeda-beda, sama halnya dengan emas semakin tinggi karatnya maka semakin mahal harganya. 1 karat batu berlian sama halnya dengan 0,2 gram. Maka semakin banyak nilai karatnya maka harga berlian juga semakin tinggi.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai batu berlian dan oleh karena itulah cincin berlian dijual dengan harga yang mahal. Jika anda ingin menjadikan cincin berlian sebagai cincin kawin pada pernikahan anda, maka bisa dikatakan pernikahan anda tergolong mewah.