Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
dari mana kunjungan website kita berasal
#1
Sebuah website yang ada di internet ibarat sebuah toko di jalan raya. website berjualan seperti layaknya toko di pinggir jalan. Sebuah website kecil (toko kecil) juga harus bersaing dengan website (toko kecil) lainnya serta website besar (ibaratnya mall) yang jumlahnya juga tidak sedikit. Untuk dapat menjual barangnya, toko haruslah banyak dikunjungi pelanggan. Demikian juga sebuah website agar dapat menjual produknya (apapun itu) harus memiliki trafik atau jumlah kunjungan yang besar. Karena dari sekian banyak pengunjung tidak semua yang membeli barang toko tersebut.

Terus darimana saja pengunjung sebuah website berasal??? Tadi saya iseng buka - - checkpagerank.net - - untuk mengecek berapa page rank website ini (walaupun sudah tahu hasilnya akan nol Big Grin ). Setelah saya ketik alamat domain web forum ini memang hasilnya sudah bisa ditebak (nol lagi) tapi ada yang sedikit berbeda di bagian bawahnya, ada gambar seperti ini

[Image: seo.JPG?async&rand=0.525724724331986]
Setelah saya perhatikan secara seksama ternyata itu adalah iklan (tetapi bukan itu yang mau saya bahas). Dari hasil ini saya tahu bahwa kunjungan website ini berasal dari:
  1. Direct (33.82%)
  2. Link (26%)
  3. Search (37.75%)
  4. Social (0%)
  5. Mail (0%)
  6. Ads (2.43%)
Setelah dijumlah hasilnya memang 100% (tidak seperti hasil survey yang bisa 100,xx% Big Grin ). Sedang untuk penjelasan masing - masingnya sebagai berikut:

Direct Trafik
Direct trafik merupakan sumber kunjungan dari orang - orang yang langsung mengetik alamat domain kita di browser. Untuk mendapatkan direct trafik yang tinggi ada beberapa tipsnya:
  • nama domain mudah diingat (jangan terlalu panjang)
  • website memiliki pengunjung setia (karena website tersebut memberi infomasi bermanfaat)    
Link Trafik
Link trafik merupakan sumber kunjungan dari orang - orang yang mengklik link yang menuju website kita. Link tersebut dapat berasal dari: komentar kita di blog lain yang mencantumkan link, melakukan penukaran link (link exchange), link dari website forum (signature) dll.

Search
Trafik website yang berasal dari orang-orang yang melakukan pencarian di search engine. Misal ada orang yang mengetik "Cara Memulai Bisnis Online" di mesin pencari dan ternyata website kita muncul di halaman pertama (apalagi bisa tiga teratas). Maka ketika orang tersebut mengklik website kita, itu dihitung sebagai search. Jadi search engine optimation menjadi sesuatu yang penting.

Untuk Social dan Mail belum saya bahas karena masih nol. Nah yang saya heran kenapa Ads nya 2.43% padahal saya tidak pasang iklan untuk mencari trafik (diselidiki dulu he he he). Atau jangan - jangan data diatas ngawur kali ya??? Ngak taulah tapi kira - kira itulah sumber kunjungan sebuah website.




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by