Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Yang Sebenarnya Terjadi Ketika Menggunakan Catokan Rambut
#1
[Image: catokan-rambut.jpg]

Catokan rambut yang tepat dapat menciptakan rambut yang subur dan mengkilap hanya dengan sedikit gerakan pergelangan tangan Anda. Tapi jika Anda terlalu sering menggunakan catokan rambut, Anda bisa dihadapkan pada kerusakan rambut.

Hampir semua catokan rambut sekarang berbahan keramik, karena bahan ini memanaskan secara merata, menyebabkan kerusakan folikel rambut lebih sedikit dibandingkan bahan lain. Beberapa catokan besi memancarkan ion negatif, yang membantu tubuh melepaskan nutrisi sehat di sepanjang batang rambut. 

Penggunaan catokan rambut sehari-hari dapat merusak rambut Anda, terutama jika rambut Anda sudah kasar dan kering. Panas dari catokan dapat mengeringkan rambut Anda, membuatnya lebih rentan untuk membelah ujung dan kerusakan. 

Dr. Jessica Krant, MD, MPH, pendiri Seni Dermatologi di New York City, Elizabeth Cunnane Phillips, seorang ahli trikologi di Philip Kingsley, dan Paradi Mirmirani,  MD, dokter kulit bersertifikat di Vallejo, California, akan memberikan beberapa penjelasan mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada rambut Anda ketika memakai catokan serta fakta-fakta mengenai penggunaannya. Berikut beberapa penjelasannya:
  • Rambut Anda bisa terbakar seperti kulit Anda, namun Anda tidak bisa merasakannya
Batang rambut adalah struktur halus dengan dua lapisan utama: inti bagian dalam dan lapisan luar. Lapisan ini juga dapat dibagi menjadi tiga lapisan terpisah: korteks, kutikula, dan medula. Dr. Krant menjelaskan, Untaian rambut yang sehat memiliki struktur yang seragam dengan medula yang diisi air dan udara, serta kutikula yang halus. Hal ini  memungkinkan cahaya untuk melewati untaian rambut dan memberinya cahaya internal (pusat transparan), dan kilau reflektif eksternal (kutikula halus). Panas yang berlebihan akan merusak kedua lapisan tersebut. 

Kebiasaan terburuk dalam menggunakan catokan rambut adalah ketika anda berusaha terlalu keras untuk membuat rambut melakukan hal-hal yang tidak ingin dilakukan. Sehingga terjadi kerusakan pada serat rambut Anda.
  • Alat catokan rambut menguras rambut Anda dari kelembaban alami
Menurut Cunnane Phillips, kadar air sama pentingnya bagi kesehatan dan kecantikan rambut Anda seperti halnya bagi kulit Anda. Hal ini yang membantu menjaga agar helai Anda tetap bergizi dan elastis. Terlalu panas ketika menggunakan catokan pada rambut Anda ketika sudah kering menyebabkan kerapuhan, kerusakan, kusam, dan kekeringan pada titik di mana rambut dilepaskan dari kelembaban alami yang menyebabkan kutikula Anda mengering dan patah. 
  • Semakin tipis dan halus poros rambut, semakin mudah mereka terlempar karena panas yang berlebihan
Dr. Krant mengatakan bahwa orang-orang dengan rambut yang lebih lebat dan lebih tebal menggunakan lebih banyak panas pada catokan rambut untuk mencapai hasil yang diinginkan yang juga meningkatkan resiko kerusakan. Kerusakan aktual yang dihasilkan sama yaitu, rambut kusam, rapuh tanpa kilau, dan yang paling buruk, kerusakan pada kulit kepala dan folikel rambut.
  • Panas yang terus-menerus dan kerusakan kimiawi pada rambut dan kulit kepala pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen
Dr. Krant mengatakan, bekas luka pada folikel dari penataan panas berlebihan dapat terjadi dengan cara yang tidak dapat dipulihkan melalui obat atau prosedur. Ada juga efek yang tertunda, sehingga bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun setelah kerusakan dilakukan sehingga rambut tidak lagi tumbuh baik.
  • Mencoba menggunakan catokan rambut saat masih basah akan menyebabkan kerusakan uap, yang seperti merebus rambut dari luar
Rambut basah seperti pegas longgar, sehingga ketegangan yang berlebihan dapat menyebabkan ujung rambut menjadi lebih terbelah dan helai rambut patah. Jadi dalam upaya merapikan rambut Anda, Dr. Krant memperingatkan bahwa Anda mungkin secara tidak sengaja berakhir dengan sesuatu yang lebih buruk.

Penggunaan catokan rambut dapat merusak jika Anda lakukan secara terus menerus. Jika Anda pengguna catokan rambut, salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi kerusakan adalah menerapkan pelindung termal sebelum Anda meluruskannya. Produk jenius ini menciptakan penghalang antara rambut Anda dan panasnya catokan, sehingga melindungi rambut Anda dari panas yang merusak.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id