Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Telur
#1
[Image: alergi-telur.jpg]

Alergi telur merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling umum dijumpai menyerang anak-anak. Apabila anak Anda memiliki alergi telur, sistem kekebalan tubuh mereka salah mengidentifikasi protein yang ada di dalam telur dan menganggapnya sebagai zat berbahaya. Saat anak Anda makan protein telur, sistem kekebalan tubuh mereka merespon dengan melepaskan histamine dan zat kimia lainnya. Hal ini memicu terjadinya reaksi alergi, yang dapat melibatkan gejala-gejala yang berpotensi mengancam nyawa.
 
Setiap orang dapat memiliki alergi telur, namun beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Faktor risiko alergi telur di antaranya adalah:
  • Usia. Alergi telur umumnya menyerang anak-anak. Menurut Kampus Asma, Alergi, dan Imunologi Amerika, sekitar 2 persen anak-anak Amerika memiliki alergi telur. Namun, biasanya alergi tersebut akan berkurang saat mereka mencapai usia 16 tahun.
  • Kondisi kulit. Apabila anak Anda memiliki kondisi kulit tertentu, terutama eksim, ada kemungkinan besar mereka dapat memiliki alergi makanan, salah satunya adalah alergi telur.
  • Genetik. Apabila salah satu atau kedua orang tua memiliki alergi makanan, anak juga memiliki kemungkinan besar dapat menderita alergi makanan serupa. Riwayat medis keluarga, serta kondisi alergi lain seperti alergi musiman, juga dapat meningkatkan faktor risiko anak.

Orang-orang dengan alergi telur biasanya bereaksi terhadap protein yang ditemukan di dalam putih telur yang dikenal dengan nama albumen. Alergi juga dapat terjadi akibat protein yang ditemukan di kuning telur. Apabila anak memiliki alergi telur, dokter akan merekomendasikan untuk tidak memberi telur seutuhnya pada anak.

Gejala ringan dan parah alergi telur
Gejala reaksi alergi telur berbeda-berbeda dari satu orang ke orang lain. Jenis reaksinya pun bermacam-macam. Reaksi dapat muncul dalam beberapa menit setelah anak mengonsumsi telur dan dapat bersifat ringan maupun sedang. Gatal-gatal sering menjadi tanda pertama adanya reaksi alergi, berupa benjolan bengkak kemerahan gatal yang muncul di wajah dan bagian tubuh anak setelah mengonsumsi telur. Gejala alergi telur ringan lain di antaranya adalah hidung tersumbat, batuk dan dada terasa sesak, serta kram, mual, dan terkadang muntah.
Dalam beberapa kasus, anak dapat menderita reaksi alergi parah terhadap telur. Kondisi ini disebut dengan istilah anaphylaxis. Reaksi jenis ini dapat terjadi dengan cepat dan memengaruhi beberapa sistem tubuh secara bersamaan. Selain gejala ringan umum, anaphylaxis juga dapat melibatkan gejala yang berpotensi mengancam nyawa, seperti pembengkakan pada lidah dan bibir anak, penyempitan pada tenggorokan anak, kesulitan bernapas, pusing, turunnya tekanan darah dengan cepat, dan hilangnya kesadaran. Sangat penting untuk mengatasi anaphylaxis dengan cepat menggunakan suntikan dosis epinephrine.

Pencegahan dan perawatan
Telur sering dijumpai di berbagai jenis makanan dan minuman. Selain di kue dan roti, telur juga dapat ditemukan di pasta, dressing salad, mayonnaise, pudding, bakso, marshmallow, dan minuman khusus. Penting untuk selalu membaca label bahan baku yang tertera pada kemasan makanan.
Apabila anak Anda didiagnosa menderita alergi telur, ahli alergi akan merawat reaksi alergi ringan dengan merekomendasikan penggunaan antihistamine. Dalam kasus yang lebih parah, anak dapat membutuhkan satu dosis epinephrine. Obat ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, menstimulasi jantung anak, meningkatkan tekanan darah, dan mendukung pernapasan. Penting untuk memberi epinephrine pada tanda pertama adanya reaksi alergi dan bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Tanpa penanganan yang cepat, anaphylaxis dapat mematikan. 
Reply


Messages In This Thread
Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alergi Telur - by info.sehat - 30 September 2020, 10:57 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by