Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
YUK KE PULAU SAMOSIR DANAU TOBA
#1
Photo 
Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara menggunakan semboyan berbunyi "Negeri Indah, Kepingin Surga". Seorang teman yang tinggal di Jakarta dan bekerja di sebuah perusahaan finansial bertanya tentang maksud dari semboyan yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir tersebut. Secara hukum, saya tidak berkompeten menjawab pertanyaan itu, karena saya bukan bagian dari Pemerintah Kabupaten Samosir. Namun sebagai seorang tour operator yang meng-arrange paket tour samosir selama puluhan tahun, saya memberikan penjelasan berupa fakta yang membantu untuk menemukan keabsahan semboyan tersebut.

Danau Toba memang anugerah dari Tuhan kepada umat manusia di bumi, di mana Danau Toba terjadi dari letusan gunung berapi yang dahsyat sehingga diberi nama super volcano dan meletus 74 ribu tahun silam. Pada masa itu diyakini bahwa gunung yang dikenal bernama Gunung Toba itu merupakan gunung terbesar di dunia. Menurut para ahli geologi, ledakan super dahsyat itu menghancurkan banyak makhluk di bumi dan bahkan ada pendapat yang mengatakan bumi mengalami kegelapan selama 10 tahun pasca letusan tersebut. Mari kita lihat keadaan saat ini, di mana Danau Toba sebagai kawah gunung yang kini menjadi danau memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar mencapai 30 kilometer. Saat ini danau toba dimiliki oleh 7 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang sedang bergiat membangun diri masing-masing agar mempunyai produk untuk dipasarkan dalam bentuk program paket wisata danau toba yang laris manis itu.

Kembali ke kajian tentang keindahan Pulau Samosir. Tak pelak lagi, letusan Gunung Toba menyisakan keindahan danau dan pulau Samosir yang berada di tengah danau, ukurannya lebih besar dari pada negara Singapura. Hampir 70% dari wilayah Pulau Samosir yang indah itu belum terjamah oleh manusia untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Selain wisata sejarah dan budaya, Samosir memiliki potensi keindahan alam luar biasa termasuk banyaknya air terjun yang indah-indah seperti Air Terjun Efrata, Air terjun Sitiris-Tiris, Air Terjun Limbong dan lain-lain. Keindahan alam natural yang luar biasa seperti halnya Sianjur Mula-Mula yang dikenal sebagai daerah asal-muasalnya suku Batak Toba. Keindahan dan kenyamanan inilah yang membuat banyak turis baik domestik maupun manca negara tidak bisa menahan diri harus kembali datang untuk tour ke pulau samosir secara terencana. Samosir memang super dahsyat..!!!
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by