Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Waspadai Penyebab Vagina Perih dan Ketahui Cara Menyembuhkannya
#1
[Image: vagina-perih.jpg]


Perempuan sering mengalami keluhan pada area vagina. Keluhan yang muncul bisa berbeda, namun kondisi vagina perih cukup sering dialami perempuan. Kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan. Vagina perih perlu segera ditangani sebab jika berkepanjangan maka dapat membuat berbagai masalah medis lainnya muncul. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab vagina perih dan cara mengatasinya.
 
Penyebab vagina perih
Penyebab vagina perih cukup banyak dari cedera, infeksi, hingga kondisi psikis seseorang. Berikut ini merupakan beberapa penyebab vagina perih yang akan diulas lebih lengkap.
1.      Infeksi jamur
Penyebab vagina perih yang pertama adalah infeksi jamur. Kebanyakan wanita pasti pernah terinfeksi jamur. Mengapa bisa demikian? Kondisi lembab pada vagina membuat jamur dengan mudah berkembang biak. Jamur yang sering menginfeksi vagina adalah Candida albicans. Selain rasa perih, gejala lain dapat menyertai seperti rasa terbakar, keluar cairan dengan bau tidak sedap, serta terasa gatal.
2.      Cedera fisik
Bagi Anda yang terbiasa mencukur bulu kemaluan, cedera fisik mungin terjadi. Luka yang muncul menjadi penyebab vagina perih. Cedera fisik juga mungkin terjadi karena melahirkan dengan cara normal. Saat melahirkan, biasanya vagina akan robek dan perlu dijahit. Hal tersebut juga menyebabkan rasa perih.
3.      Disfungsi dasar panggul
Penyebab vagina perih selanjutnya yaitu disfungsi dasar panggul. Rasa perih muncul karena otot dasar panggul tidak dapat dikontrol. Disfungsi dasar panggul terjadi akibat beberapa faktor seperti kehamilan, usia, episiotomi, dan cedera ketika melahirkan.
4.      Vaginosis bakterialis
Selain infeksi jamur, vagina perih juga bisa dikarenakan oleh bakteri. Pada vagina kondisi tersebut dinamakan dengan vaginosis bakterialis. Infeksi bakteri menyebabkan perubahan keseumbangan sehingga vagina terasa perih. Gejala lain yang menyertai kondisi vaginosis bakterialis mencakup bau tidak sedap, sensasi terbakar, rasa gatal, dan rasa tidak nyaman ketika berhubungan seksual.
5.      Kekerasan seksual
Vagina perih tidak hanya disebabkan oleh luka fisik dan infeksi saja namun juga karena kondisi psikologis seseorang. Ketika terdapat kondisi psikologis berupa trauma yang berhubungan dengan vagina, maka memungkinkan munculnya rasa perih. Hal itu merupakan kondisi psikosomatis yaitu ketika kondisi psikis berpengaruh pada rasa sakit di tubuh. Misalnya seseorang pernah mengalami kekerasan seksual di masa lalu dan menimbulkan trauma, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab vagina perih.
 
Cara mengatasi vagina perih
Jika vagina terasa perih, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebabnya secara pasti. Anda bisa mengatasi vagina perih dengan beberapa cara seperti berikut ini.
1.      Obati dengan salep
Salep antijamur bisa mengatasi vagina perih akibat infeksi jamur. Meski mudah digunakan, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin muncul.
2.      Menghentikan penggunaan produk vagina
Alergi terhadap produk tertentu bisa saja membuat vagina terasa semakin perih. Untuk itu, ketika vagina perih sebaiknya Anda menghentikan penggunaan produk yang berhubungan dengan vagina.
3.      Menggunakan obat tertentu
Cara lain untuk mengatasi vagina perih adalah dengan penggunaan obat penghilang nyeri. Terkadang dokter akan menambahkan obat antihistamin untuk beberapa kondisi guna mengurangi rasa gatal yang muncul di area vagina.
4.      Sesi terapi
Sesi terapi juga dapat digunakan untuk mengatasi vagina perih. Terapi dasar panggul akan membantu mengatasi masalah berupa vagina perih karena disfungsi dasar panggul. Sedangkan terapi psikologis dapat membantu mengatasi vagina perih karena trauma tertentu.
5.      Operasi
Jika vagina perih merupakan kondisi penyerta penyakit medis serius lain, salah satu cara untuk mengatasinya adalah operasi. Tindakan ini akan disarankan oleh dokter ketika berbagai tindakan lain untuk penyembuhan seperti pemberian obat tidak berhasil.
 
Meski Anda tidak mengalami vagina perih, akan tetapi hal itu bisa terjadi sewaktu-waktu jika Anda tidak memperhatikan kondisi vagina secara umum. Terdapat cara mencegah vagina terasa perih yang dapat diterapkan seperti menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Hindari menggunakan sabun khusus vagina terlalu sering sebab malah dapat melukai. Selain itu, pastikan Anda menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang sesuai. Penggunaan kondom saat berhubungan seksual juga dapat mencegah vagina perih, lho. Selain itu, lakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala sebagai usaha deteksi dini apabila vagina terkena penyakit tertentu.
 
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by