Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Waspadai Komplikasi Gagal Ginjal Kronis
#1
Penyakit gagal ginjal kronis (chronic kidney disease) adalah suatu kondisi di mana terjadi penurunan fungsi ginjal secara bertahap dalam jangka waktu panjang, hingga akhirnya fungsi ginjal minimal atau bahkan tidak lagi dapat berfungsi. Akibat dari tidak berfungsinya ginjal sebagai organ penyaring zat sisa dan juga zat berbahaya dari dalam tubuh, berbagai komplikasi dapat terjadi.

Anemia
Anemia atau kekurangan darah dapat terjadi akibat gagal ginjal kronis. Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagi produsen hormon eritropoietin, yaitu hormon yang berperan sdalam produksi sel darah merah. Akibat gangguan fungsi ginjal, produksi hormon ini turun, sehingga produksi sel darah merah pun ikut menurun, menyebabkan anemia.

Retensi Cairan
Fungsi penting ginjal adalah menjaga keseimbangan volume cairan di dalam tubuh, yaitu dengan cara menyaring dan membuang cairan melalui urin. Saat fungsi ini terganggu, cairan dapat menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan berbagai gejala, seperti:
• sesak napas akibat penumpukan cairan pada paru-paru
• pembengkakan pada tungkai dan lengan
• tekanan darah tinggi

Pengeroposan Tulang
Ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan mineral tubuh. Akibat gagal ginjal kronis, terjadi ketidakseimbangan kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh, yang akhirnya menyebabkan tubuh untuk menarik kalsium dari tulang. Hal ini menyebabkan pengeroposan tulang, yang juga meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Pada anak-anak, dampak pengeroposan tulang akibat gagal ginjal kronis lebih berat, karena tulang yang masih dalam tahap tumbuh-kembang.

Malnutrisi
Kondisi gagal ginjal kronis dapat menyebabkan rasa mual, muntah, dan penurunan nafsu makan. Seringkali penderita tidak merasa lapar, tidak tertarik untuk makan, atau makanan terasa berbeda. Hal ini menyebabkan meningkatnya risiko malnutrisi.

Gejala Lain Akibat Tingginya Ureum Darah
Ureum adalah zat yang seharusnya dibuang melalui urin setelah disaring oleh ginjal. Pada gagal ginjal kronis, kadar ureum yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan bermacam-macam gejala, seperti fatigue, anoreksia, mual, gatal pada kulit, gangguan tidur, dan disfungsi seksual.

Penyakit gagal ginjal kronis seringkali tidak dapat diobati, namun bisa dicegah. Dengan memahami dan mencegah penyebab gagal ginjal kronis, komplikasinya pun dapat dihindari.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by