Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Waspadai Gejala-Gejala Penyakit Meningitis Berikut Ini!
#1
[Image: E8DC5yMPot.jpg?w=480http:]
 
Meningitis merupakan infeksi yang menyerang selaput halus yang mengelilingi otak dan tulang belakang. Ada beberapa jenis penyakit meningitis, diantaranya yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa berisiko mengancam nyawa pasien yang terserang dan dapat menyebar melalui kontak jarak dekat dengan orang lain.
Penyakit meningitis bisa berkembang dalam beberapa hari. Tetapi, meningitis yang disebabkan oleh bakteri harus segera ditangani karena bisa berkembang dalam hitungan jam dan menyebabkan komplikasi yang fatal hingga berujung pada kematian penderitanya.
Penyakit radang selaput otak ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga bayi yang usianya belum genap 3 bulan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui gejala-gejalanya. Tanda-tanda umum dan gejala meningitis adalah:
·    Leher terasa kaku hingg terkadang susah untuk menggerakan dagu hingga menyentuh lidah
·    Nyeri kepala yang akut
·    Demam tinggi
·    Sering merasa kebingungan
·    Merasa mual dan muntah
·    Tidak merasa nyaman dengan lampu yang terang
·    Sering kali merasa kantuk
·    Kejang
·    Ruam
·    Sakit tenggorokan
·    Sulit menelan dan nyeri saat menelan makanan
·    Kelenjar getah bening di leher membesar
·    Suara menjadi serah
 
Pada anak-anak yang tidak dapat menjelaskan keluhannya, gejala meningitis mungkin termasuk:
·    Demam
Suhu normal bayi berkisar antara 36,5 hingga 37,7 derajat celcius. Anda perlu waspada jika suhu tubuh bayi berada di atas atau di bawah itu, bisa jadi ia mengalami demam
·    Terlihat lesu
Anak atau bayi sering mengantuk, susah dibangunkan untuk menyusu, dan tanda-tanda kelesuan yang diluar kewajaran.
·    Rewel yang berlebihan
Meskipun Anda sudah gendong, mengayun-ayun atau pun melakukan tindakan apapun untuk menghentikan tangisannya, bayi tetap rewel. Pada anak yang lebih besar, ia akan sering menangis atau tantrum tanpa sebab.
·    Sakit kepala
Anak yang lebih besar mungkin bisa mengeluhkan sering sakit kepala, tetapi pada bayi hanya akan menangis dan rewel berlebih saat merasakan sakit kepala ini. Meningitis yang menjadi penyebab sakit kepala ini akan terasa tidak tertahankan dan sulit diobati sekalipun anak sudah diberi obat pereda sakit kepala.
·    Sensitif terhadap cahaya
Bayi dan anak yang menderita meningitis tidak akan tahan bila berada di tempat yang terlalu terang.
·    Terjadi ruam kulit
Untuk membedakan ruam kulit yang menjadi penyebab meningitis atau bukan, Anda bisa tekan ruam dengan gelas bening. Jika setelah ditekan, ruam kulit tidak juga hilang, segera bawa anak ke rumah sakit karena bisa jadi ia menderita ruam meningitis.
 
Jika anda mengalami gejala meningitis, segeralah periksakan diri anda ke dokter terpercaya anda. Jika memungkinkan, dokter anda mungkin akan merujuk ke spesialis penyakit dalam atau spesialis saraf. Segera ke ruang Unit Gawat Darurat apabila gejala-gejala meningitis sudah parah. Pengobatan yang cepat dapat menentukan keselamatan anda. 

Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id