Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Vaksin Sebelum Menikah yang Perlu Diketahui Calon Pengantin
#1
[Image: vaksin-sebelum-menikah.jpg]
Bagi calon pengantin, menyiapkan kondisi kesehatan sebelum menikah sama pentingnya dengan menyiapkan rangkaian acara pernikahan itu sendiri. Calon pengantin disarankan untuk melakukan vaksin sebelum menikah. 
Kebaikan vaksin sebelum menikah bukanlah untuk orang lain, melainkan untuk Anda, pasangan Anda, serta calon buah hati Anda nantinya. Agar Anda sekeluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit serius.
Biar bagaimanapun lebih baik melakukan upaya pencegahan, bukan? Vaksinasi merupakan metode efektif untuk mencegah penularan penyakit. Penyakit yang menular melalui kontak langsung dengan kulit atau hubungan seksual dapat dicegah dengan vaksinasi, begitu juga penyakit yang ditularkan oleh ibu hamil kepada janin.
Jenis vaksin sebelum menikah
Bagi para calon pengantin yang berencana ingin memiliki keturunan, penting sekali melakukan vaksin sebelum menikah. Berikut ini beberapa jenis vaksin yang perlu Anda dan pasangan lakukan sebelum menikah.
1. Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella)
Salah satu jenis vaksin sebelum menikah yang dianjurkan adalah vaksin MMR. Vaksin ini dapat mencegah penyakit campak, gondong, serta rubella. Ini penting sekali bagi pasangan yang ingin memiliki anak.
Salah satu dari ketiga penyakit tersebut sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Jika terjadi pada ibu hamil, dapat memicu keguguran atau bayi lahir cacat. Dan catatan penting, vaksin MMR tidak disarankan dilakukan saat masa kehamilan sebab dapat berbahaya bagi janin.
Oleh sebab itu, paling tepat memang vaksin sebelum menikah. Setelah vaksinasi, Anda dan pasangan perlu menunda kehamilan sekitar 3 bulan.
2. Vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) dan vaksin TT (Tetanus Toxoid)
Vaksin TT termasuk vaksin sebelum menikah yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia bagi calon pengantin wanita. Akan tetapi, bila sebelumnya Anda telah melakukan vaksinasi DPT, tidak perlu melakukan vaksinasi TT lagi. Sebab vaksin DPT telah mencakup tetanus, yaitu untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, dan tetanus.
Kedua jenis vaksin tersebut perlu diberikan kepada wanita yang akan menikah atau sedang dalam masa kehamilan. Pemberian vaksin pun sebaiknya diulang setiap 10 tahun sekali.
3. Vaksin HPV
Virus HPV atau human papilloma virus dapat menyebabkan sejumlah penyakit, salah satunya kanker serviks. Virus ini menular melalui kontak langsung dan hubungan seksual. Itulah mengapa sangat dianjurkan melakukan vaksin sebelum menikah, termasuk vaksin HPV.
Calon pengantin yang perlu melakukan vaksin HPV, bukan hanya calon pengantin wanita saja, pria pun tetap perlu menjalani vaksinasi HPV. Meskipun pria tidak akan mengalami kanker serviks, namun vaksinasi HPV dapat mencegah penularan virus tersebut.
4. Vaksin hepatitis B
Sebetulnya vaksin hepatitis B termasuk ke dalam imunisasi dasar bagi bayi yang baru lahir hingga anak yang berusia lima tahun. Meski demikian, Anda tetap disarankan untuk melakukan vaksinasi hepatitis B kembali, sebelum menikah.
Mengapa perlu vaksin sebelum menikah? Sebab virus hepatitis B menular melalui hubungan intim atau bisa juga melalui penggunaan barang bersama. Penggunaan sikat gigi atau pisau cukur bersama, misalnya.
Virus ini juga dapat ditularkan oleh ibu kepada bayi pada saat proses persalinan.
5. Vaksin cacar air
Vaksin cacar air termasuk vaksin sebelum menikah yang sangat dianjurkan, apalagi bagi wanita yang berencana memiliki keturunan. Sebab bila ibu hamil terkena virus cacar air, dapat meningkatkan risiko kecacatan pada janin. Sementara vaksinasi cacar air pada ibu hamil tidak disarankan.
Vaksin ini sangat disarankan bagi Anda yang berusia di bawah 30 tahun dan belum pernah mengalami cacar air.
Vaksinasi idealnya menjadi bagian dari persiapan pernikahan yang dilakukan calon pengantin. Tujuannya untuk mencegah timbulnya penyakit tertentu di kemudian hari. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan vaksin sebelum menikah yang perlu didapatkan oleh Anda dan pasangan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id