Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Vaksin Meningitis di Klinik Trinity Medika dan Tips Pencegahan Meningitis
#1
[Image: gaji-dokter-di-indonesia.jpg]

Meningitis merupakan kondisi peradangan di selaput otak yang gejala awalnya mirip dengan flu. Namun pada perkembangannya, radang selaput ini bersifat mematikan dan bisa merenggut nyawa penderitanya. Pemberian vaksin meningitis bisa menjadi salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari penyakit ini. Vaksin ini bisa diberikan kepada bayi maupun orang dewasa di Klinik Trinity Medika maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Bayi usia 2 bulan sudah bisa menerima vaksin meningitis. Sementara bagi orang dewasa, vaksin untuk mencegah terjadinya infeksi peradangan otak akibat bakteri maupun virus ini bisa mulai diberikan mulai usia 16 tahun atau lebih. Tidak tanggung-tanggung, mendapatkan vaksin meningitis bisa menghindarkan Anda dari risiko peradangan selaput otak akibat bakteri hingga 90 persen.
Tentunya vaksin meningitis bukan satu-satunya cara mencegah meningitis. Cara-cara lain di bawah ini juga perlu Anda aplikasikan agar infeksi peradangan di selaput otak bisa Anda hindari.

1. Jaga Jarak dengan Terinfeksi
Menjaga jarak dengan orang-orang yang menampilkan gejala meningitis merupakan langkah preventif yang teruji untuk meminimalkan risiko terkena infeksi dan peradangan selaput otak. Gejala meningitis sendiri awalnya mirip seperti gejala flu. Jadi daripada mengambil risiko, jaga jarak pula dengan orang-orang yang menampilkan gejala flu karena bisa jadi itu merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius, seperti Covid 19 ataupun meningitis. 

2. Jangan Berbagi Barang Personal
Tempat minum dan tempat makan, peralatan mandi, sampai perlengkapan make up adalah barang-barang yang bersifat personal. Aturan dalam pemakaian barang-barang tersebut sudah seharusnya tidak dibagi karena dapat rentan menularkan virus ataupun bakteri tertentu, tidak terkecuali bakteri penyeban meningitis. Jadi mulai sekarang, lupakan untuk meminjam atau memberi pinjaman barang-barang personal dari dan ke orang lain, ya.

3. Cuci Tangan dengan Sabun
Mencuci tangan dengan sabun sama pentingnya dengan penerimaan vaksin meningitis di Klinik Trinity Medika maupun fasilitas kesehatan lainnya untuk mencegah peradangan selaput otak. Pasalnya, mencuci tangan dengan sabun antibakteri bisa membasmi bakteri dan virus penyebab penyakit, tidak terkecuali meningitus, dari tangan agar tidak masuk ke tubuh Anda melalui mulut, hidung, atau mata. Pastikan Anda mencuci tangan dengan benar untuk membasmi segala bakteri dan virus penyebab penyakit dari tangan Anda. Selain memakai sabun yang tepat, mencuci tangan yang benar harus mengenai seluruh bagian tangan, mulai dari telapak, punggung, sampai sela-sela jari dengan waktu minimal 20 detik.

4. Konsumsi Makanan Bergizi
Makanan yang penuh dengan nutrisi merupakan salah satu cara terbaik untuk mendongkrak imunitas tubuh. Ketika imunitas terjaga, risiko infeksi akibat penularan virus penyebab meningitis bisa diminimalkan. Ini karena ketika virus maupun bakteri tersebut masuk ke tubuh, daya tahan tubuh mampu menjadi perisai dan memenangi peperangan dari penyebab penyakit tersebut.

5. Istirahat yang Cukup
Jangan meremehkan tidur malam yang cukup karena pada saat itulah regenerasi sel-sel tubuh terjadi secara optimal. Orang-orang yang terbiasa tidur malam secara cukup, 6—8 jam dalam sehari untuk orang dewasa, secara umum menjadi lebih sehat dan tidak mudah terinfeksi berbagai penyakit. Kombinasi vaksin dan istirahat yang cukup pun dapat menjadi cara mujarab agar Anda tidak perlu mengalami penyakit radang selaput otak yang mengerikan.

6. Berhenti Merokok
Peradangan di selaput otak akan lebih mudah terjadi ketika Anda terbiasa merokok atau menghirup asap rokok. Ini karena asap rokok dapat membuat pembuluh darah menegang dan menyebabkan peradangan, tidak terkecuali sampai ke bagian selaput otak. Merokok juga merusak imunitas tubuh Anda sehingga tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi berbagai virus dan bakteri, tidak terkecuali penyebab meningitis.
***
Jangan tunda memberikan vaksin meningitis bagi bayi maupun remaja lewat Klinik Trinity Medika maupun fasilitas kesehatan lainnya. Ini bisa menjadi upaya pencegahan yang sangat berarti karena penyakit radang selaput otak ini lebih rentan dialami oleh golongan-golongan tersebut.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by