Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tindakan Medis Mastoidektomi
#1
Mastoidektomi merupakan prosedur medis yang dilakukan dokter dengan mengangkat bagian tulang belakang telinga atau mastoid.

Apa Yang Dimaksud Dengan Mastoid?

Mastoid merupakan bagian dari tulang tengkorak yang terletak di bagian telinga. Di dalam mastoid terdapat rongga yang meliputi udara atau air cells. Rongga tersebut terbuat dari tulang dan terlihat seperti sarang lebah.

Mastoid juga terhubung dengan ruang udara di bagian tengah telinga manusia. Jika seseorang mengalami penyakit di bagian tengah telinga karena infeksi, maka penyakit dapat menyebar ke bagian mastoid.

Mengapa Perlu Menjalani Prosedur Mastoidektomi?

Jika seseorang mengalami kondisi seperti yang disebutkan di atas pada bagian telinga, mereka perlu menjalani prosedur mastoidektomi. Mastoidektomi merupakan perawatan yang dapat dilakukan jika telinga tidak dapat diatasi dengan antibiotik.

Mastoidektomi tidak hanya mengatasi gangguan di bagian telinga pasien, namun juga dapat menghentikan pertumbuhan kulit abnormal dan pembentukan tumor jinak. Mastoidektomi adalah prosedur medis yang dilakukan oleh dokter spesialis telinga atau THT.

Pasien sebaiknya menjalani mastoidektomi jika mereka mengalami kondisi sebagai berikut di bagian telinga:
- Gangguan pendengaran sensorineural kongenital
- Kolesteatoma
- Otitis media kronis

Persiapan Sebelum Menjalani Prosedur Mastoidektomi

Jika Anda mengalami gangguan yang disebutkan di atas di bagian telinga, maka Anda perlu periksa kondisi tersebut ke dokter. Dokter dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan melakukan mastoidektomi. Namun, sebelum dokter melakukannya, Anda diminta untuk menjalani beberapa tes sebagai berikut:
- Pemeriksaan bagian telinga.
- Evaluasi fungsi saraf wajah.
- Tes pendengaran.
- Tes pemindaian berupa rontgen atau CT scan.
Metode Mastoidektomi

Ada tiga metode yang dapat dilakukan dokter ketika menjalani prosedur mastoidektomi. Metode-metode yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Mastoidektomi sederhana
Mastoidektomi sederhana adalah metode yang dapat dilakukan dokter dengan membuka tulang mastoid, mengangkat rongga udara yang terinfeksi, dan mengeringkan bagian telinga pasien yang terdampak.
- Mastoidektomi radikal
Mastoidektomi radikal adalah metode yang dapat dilakukan dokter dengan mengangkat mastoid, gendang telinga, struktur telinga tengah, dan saluran telinga pasien. Metode tersebut perlu dilakukan jika pasien mengalami kondisi yang parah di bagian telinga.
- Mastoidektomi radikal yang dimodifikasi
Mastoidektomi radikal yang dimodifikasi adalah metode yang dapat dilakukan dokter dengan mengangkat mastoid dari sebagian struktur telinga tengah pasien.

Langkah-Langkah Dalam Prosedur Mastoidektomi

Langkah-langkah untuk melakukan mastoidektomi adalah sebagai berikut:
- Pasien akan dibius total supaya dapat beristirahat dan tidak merasa sakit ketika menjalani prosedur mastoidektomi.
- Setelah memberikan bius kepada pasien, dokter akan membuat sayatan di bagian telinga pasien yang terdampak.
- Dokter akan menggunakan mikroskop dan bor kecil untuk membuka tulang mastoid pasien.
- Setelah itu, dokter akan menerapkan sistem suction irrigation agar pembedahan bebas dari debu karena tulang di telinga dibor.
- Rongga udara yang terinfeksi akan diangkat dengan bor.
- Setelah mengangkat rongga tersebut, dokter akan menutupi bagian telinga yang disayat dengan jahitan.

Monitor saraf wajah juga akan digunakan dokter selama mastoidektomi berlangsung untuk mencegah terjadinya cedera di bagian saraf wajah.

Hasil Dari Prosedur Mastoidektomi

Setelah melakukan prosedur mastoidektomi, sebagian pasien akan terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh kolesteatoma dimana gangguan tersebut meliputi abses pada bagian otak, pusing, ketulian, kerusakan saraf wajah, dan meningitis.

Sebagian pasien, setelah menjalani prosedur mastoidektomi, mereka bisa mengalami komplikasi yang meliputi gangguan pendengaran, pusing, tinnitus, dan otot wajah yang melemah. Untuk mencegah kondisi seperti ini, dokter perlu memberikan perawatan kepada pasien berdasarkan kondisi yang dialami.

Kesimpulan

Mastoidektomi merupakan prosedur medis yang perlu dilakukan pasien jika mereka mengalami gangguan pada telinga seperti yang disebutkan di atas. Dokter dapat melakukan berbagai metode untuk mencegah gangguan pada telinga pasien. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat konsultasikan persoalan ini dengan dokter telinga.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by