Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Teknologi Artificial Intelligence, Masa Depan Aplikasi Mobile
#1
[Image: Whats-App-Image-2020-04-09-at-00-37-06.jpg]
Teknologi berkembang semakin canggih seiring berkembangnya zaman. Tak hanya bisa dilihat dari wujud fisik perangkat keras yang kian praktis, teknologi yang berbentuk perangkat lunak juga semakin mumpuni dan mutakhir. Sebut saja teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang semakin berkembang dan bisa diterapkan di hampir semua perangkat elektronik, termasuk ke dalam aplikasi mobile.

Pengertian Artificial intelligence
Artificial intelligence merupakan sebuah teknologi yang dirancang sebagai sistem yang mampu mensimulasi kecerdasan manusia, seperti untuk berpikir menyerupai manusia atau meniru tindakannya. Awalnya, artificial intelligence merupakan bagian dari computer science atau ilmu komputer. Tapi seiring berkembangnya zaman, kini teknologi artificial intelligence juga banyak diterapkan dalam aplikasi mobile. Dan menurut prediksi, artificial intelligence ini akan menjadi teknologi masa depan untuk aplikasi mobile pada umumnya. 

Cara Kerja
Saat sebuah sistem perangkat sudah menerapkan artificial intelligence sebagai teknologinya, maka penggunanya bisa melakukan berbagai perintah tanpa harus bersentuhan dengan perangkat tersebut. Teknologi ini mampu mengenali dan membaca perintah hanya melalui suara. Artificial intelligence juga mampu mengolah data yang besar, kemudian menyajikannya ke dalam bentuk konten yang sering diakses oleh pengguna. 

Teknologi Artificial intelligence di dalam Aplikasi Mobile
Biasanya teknologi Artificial intelligence yang diterapakan ke dalam aplikasi mobile adalah berupa fitur. Misalnya saja, fitur personal assistant pada aplikasi Siri yang bisa diakses di iPhone. Fitur ini menggunakan artificial intelligence berupa NLP yang dapat memahami bahasa yang diucapkan oleh manusia sehingga dapat mendukung pengguna dalam mengoperasikan ponsel. Atau fitur rekomendasi produk yang sering dijumpai pada aplikasi e-commerce, yang dihasilkan dari data perilaku penggunaan aplikasi juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ini.

Contoh Aplikasi Mobile Populer yang Sudah Menerapkan Artificial Intelligence
Selain di dalam aplikasi Siri dan e-commerce, beberapa aplikasi mobile ini juga dianggap sangat sukses dalam menerapkan artificial intelligence. Aplikasi pertama yaitu Gmail, Gmail merupakan layanan surat elektronik dari Google yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan  untuk menghentikan email yang tidak diinginkan, melindungi pengguna dari malware, serta menerapkan fitur smart reply yang bisa membalas email dengan gaya bahasa yang mirip seperti pengguna. Selanjutnya ada Netflix, sebuah aplikasi "nonton" yang menyediakan content on demand yang mampu memprediksi film serta serial yang kira-kira disukai oleh setiap pengguna. Terakhir yaitu aplikasi Spotify, sebuah aplikasi streaming music yang bisa memberikan rekomendasi musik yang mungkin sesuai dengan selera penggunanya. Spotify juga bisa membuat playlist mingguan menuruti genre musik yang sering dieksplor oleh pengguna. 

Manfaat Artificial intelligence Untuk Bisnis
Jika teknologi artificial intelligence telah diprediksi akan menjadi teknologi masa depan untuk aplikasi mobile, maka pastinya teknologi ini juga akan memengaruhi tren pemasaran bisnis online di masa depan. Kemampuan teknologi ini untuk meniru cara berpikir dan bertindak manusia akan memudahkan para pelaku bisnis menentukan strategi pemasaran hingga menganalisa kompetitor.


Referensi: www.halojasa.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by