Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tawarkan Fasilitas Lengkap, Rumah Sakit Di Denpasar Ini Begitu DIminati Masyarakat
#1

[Image: Aerial-view-of-Bajra-Sandhi-Monument-Den...onesia.jpg]

Tidak hanya menyediakan pelayanan fisioterapi saja, tetapi RS Surya Husadha juga memiliki dokter spesialis urologi. Dokter urologi adalah dokter spesialis yang mempelajari ilmu tentang sistem saluran kemih (urologi). Ilmu urologi adalah bidang kedokteran yang fokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit saluran kemih, baik pria maupun wanita.
Untuk menjadi dokter spesialis urologi, seorang dokter umum perlu melanjutkan pendidikan spesialis urologi selama kurang lebih 10 semester untuk mendapatkan gelar Sp.U (Spesialis Urologi).
Dokter spesialis urologi dapat mendiagnosis dan menangani gangguan pada saluran kemih, baik dengan pemberian obat-obatan maupun dengan prosedur operasi. Saluran kemih adalah bagian dari organ yang berkaitan dengan urologi. Saluran ini berfungsi mengeluarkan urine dan terdiri dari ginjal, ureter, dan kandung kemih.
Berikut ini beberapa penyakit dan kondisi yang berkaitan dengan urologi yang perlu Anda ketahui.
Penyakit ginjal
Penyakit ginjal adalah bagian dari masalah yang berkaitan dengan urologi. Ginjal merupakan dua organ berbentuk kacang yang berfungsi menyaring cairan dan limbah dalam darah. Organ berukuran sekepalan tangan ini nantinya akan memproduksi urine. Apabila seseorang mengalami sakit ginjal, artinya organ tersebut rusak dan tidak dapat menyaring darah sebagaimana mestinya. Anda berisiko lebih besar terkena gangguan ginjal jika menderita diabetes dan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada fungsi ginjal antara lain.
- cedera ginjal akut
- infeksi ginjal (pielonefritis)
- kista ginjal
- ginjal bengkak
- penyakit ginjal kronis
- batu ginjal
- gagal ginjal


Masalah kandung kemih
Selain ginjal, organ lainnya yang berkaitan dengan penyakit urologi adalah kandung kemih. Kandung kemih merupakan organ berbentuk kantong menyerupai balon dan terletak di perut bagian bawah (panggul). Organ ini adalah bagian dari sistem kemih yang berfungsi menampung urine sebelum dikeluarkan dari tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia, bentuk dan keelastisan kandung kemih akan berubah menjadi keras dan kurang elastis. Apabila hal ini terjadi, kandung kemih mungkin tidak lagi dapat menampung air kencing sebanyak sebelumnya. Akibatnya, Anda mungkin lebih sering ke kamar mandi karena mengalami masalah kandung kemih. Selain itu, dinding kandung kemih dan otot dasar panggul dapat melemah, sehingga berbagai penyakit dapat terjadi, seperti
- infeksi kandung kemih
- batu kandung kemih
- sistitis
- poliuria (sering buang air kecil)
- inkontinensia urine
- kandung kemih overaktif
- disuria (anyang-anyangan).


Gangguan pada prostat
Penyakit saluran kemih yang berkaitan dengan urologi juga meliputi penyakit prostat. Prostat adalah kelenjar yang berperan penting dalam sistem reproduksi pria, yaitu memproduksi sperma. Organ ini terletak di bawah kandung kemih, membungkus saluran tempat keluarnya urine dan sperma. Prostat umumnya berukuran sebesar kacang kenari, tetapi seiring dengan berjalannya waktu ukurannya dapat membesar. Jika ukuran prostat terlalu besar, hal ini dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang memengaruhi saluran kemih dan kehidupan seksual pria, yakni
- prostatitis (infeksi prostat)
- pembesaran prostat jinak (penyakit BPH)
- kanker prostat.


Penyakit urologi lainnya
Selain ketiga jenis penyakit di atas, ada beberapa masalah lainnya yang berkaitan dengan urologi, seperti
- Ureterokel
- proteinuria (protein dalam urine)
- striktur ureter (penyempitan saluran kencing)
- penyempitan ureter (striktur ureter)
- infeksi saluran kemih (ISK)
- hematuria (kencing berdarah)
Sistem kemih manusia adalah sistem yang cukup kompleks karena terdiri atas berbagai katup, pipa, dan pompa. Jika salah satu dari organ tersebut mengalami masalah, penyakit urologi, seperti kerusakan ginjal, pun tidak dapat dihindari.
Maka dari itu, saluran kemih Anda perlu dijaga agar terhindar dari penyakit. Berikut ini beberapa tips mencegah penyakit urologi lewat gaya hidup yang lebih sehat.
- Penuhi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 gelas per hari.
- Mulai berhenti merokok dan kurangi minum minuman beralkohol.
- Batasi asupan garam dan kafein dalam sehari.
- Jaga berat badan tetap sehat dan ideal.
- Perkuat otot daerah panggul dengan senam Kegel.
- Ajarkan anak buang air kecil sebelum tidur, jangan biasakan menahan kencing.
- Bersihkan vagina sehabis buang air kecil dari depan ke belakang untuk para wanita.
- Minum jus cranberry yang membantu mencegah ISK.
Penting untuk diingat bahwa yang bisa mencegah adanya penyakit Anda adalah diri sendiri. Jadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter Anda dan pastikan untuk selalu melaporkan setiap gejala atau masalah pada tubuh Anda.
Jika memiliki masalah segeralah hubungi dokter. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang ada di rumah sakit di Denpasar atau daerah lainnya melalui SehatQ. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat fasilitas yang disediakan atau membeli oba yang diperlukan.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by