Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tantangan Digital Ekonomi Indonesia
#1
[Image: 20200206-210441-0000.png]
Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data bahwa pada tahun 2017, terdapat sebanyak 143 juta pengguna internet di Indonesia. Selain itu, pemilik kartu SIM aktif di Indonesia tercatat sebanyak 37 juta dengan perkiraan bahwa tiap orang memiliki dua hingga tiga buah kartu SIM. Jumlah ini adalah angka yang besar untuk memperkirakan geliat digital ekonomi Indonesia ke depannya yang sangat menjanjikan.
Hal yang melatarbelakangi perkembangan masif digital ini di antaranya disebabkan oleh perkembangan teknologi dan media sosial, serta persaingan ketat para provider dalam menyediakan jaringan internet termurah bagi penggunanya. Pada tahun 2019, di Indonesia tercatat sebanyak 115 juta lebih orang menggunakan Facebook dan sebanyak 54 juta orang menggunakan Instagram. Pengguna media sosial di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3 jam 26 menit, menempatkannya ke posisi nomor 4 tertinggi di dunia.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa internet merupakan hal yang sudah melekat erat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, pemerataan jaringan internet di Indonesia masihlah menyisakan banyak celah di berbagai tempat. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia adalah di bagian barat seperti Jawa dan Sumatera, sedangkan semakin ke timur, angka pengguna internet semakin kecil. Walaupun bukan hal yang cukup krusial, hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah agar melakukan pemerataan akses jaringan internet ke semua daerah untuk menyongsong perkembangan digital ekonomi di Indonesia.
Indonesia memiliki hampir 2000 startup yang menempatkannya di posisi ke lima setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada. Hampir seluruhnya dirintis oleh anak-anak muda kaum milenial di Indonesia. Layanan-layanan online bermunculan mulai dari GoJek yang merupakan salah satu penyedia layanan on-demand terbesar di Indonesia, hingga HaloJasa.com. HaloJasa.com sendiri baru dirintis pada tahun 2019, merupakan penyedia layanan jasa seperti cleaning service, perawatan dan perbaikan motor dan mobil, perbaikan AC, sampai pijat relaksasi oleh para profesional di bidangnya.
Dengan semakin besarnya potensi digital ekonomi Indonesia, tantangan yang dihadapi pun semakin besar. Beberapa di antaranya adalah:
1.     Pemerataan akses jaringan internet ke seluruh daerah di Indonesia
Hal ini perlu diberikan perhatian khusus oleh pemerintah agar tidak terjadi ketimpangan persebaran informasi dan perkembangan digital antar daerah di Indonesia. Sedikit banyak, perkembangan akses jaringan internet di bagian timur Indonesia dapat merangsang lebih banyak geliat digital ekonomi yang berbasis di sana.
 
Dengan adanya pemerataan ini, diharapkan lapangan pekerjaan juga akan meningkat begitu pula dengan kondisi ekonomi masyarakat di daerah timur yang saat ini pun telah tertinggal oleh masyarakat yang berdomisili di daerah barat Indonesia
 
2.     Regulasi yang tepat dan terarah antar start-up dengan basis layanan yang sejenis
Karena menjamurnya berbagai start-up baru di Indonesia, perlu adanya komunikasi antara pemerintah dan para perintis start-up, terutama dengan memberikan regulasi yang tepat dan terarah pada start-up dengan basis layanan yang sejenis supaya dapat saling bersaing baik di dalam negeri maupun hingga manca negara.
 
3.     Menghasilkan sumber daya manusia yang dibutuhkan di lapangan kerja
Lapangan pekerjaan di sektor digital semakin meningkat pesat. Namun, hal ini tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang sesuai kebutuhan. Maka, perlu adanya perhatian pemerintah untuk menyediakan sumber daya manusia yang kompetitif dan berkualitas di bidang digital demi membantu peningkatan digital ekonomi Indonesia.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by