Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Tak Disangka, Hewan Peliharaan Ternyata Bawa Dampak Kesehatan
#1
Jika Anda adalah orang yang menyayangi binatang, apalagi memiliki hewan peliharaan di rumah, bersyukurlah. Karena hewan peliharaan yang Anda pelihara di rumah bisa saja membawa dampak positif bagi kesehatan Anda.

Ketika seseorang memutuskan untuk memelihara binatang, tentulah dilandasi oleh beragam latar belakang. Namun, apa pun alasan Anda, peliharaan Anda bisa jadi kunci kesehatan Anda. Pasalnya, banyak penelitian yang menyatakan bahwa kehadiran binatang peliharaan di tengah-tengah Anda efektif meningkatkan kesehatan. Kesehatan yang dimaksud tak terbatas pada tubuh saja. Kata “kesehatan” di sini juga merujuk pada kesehatan mental.

Salah satu kegiatan utama orang yang memelihara binatang adalah berinteraksi atau bermain-main dengannya. Nah, hal itulah yang diyakini menjadi dasar dari narasi yang coba dibangun di atas.

Bermain dengan piaraan yang lucu nan menggemaskan macam kucing dan anjing memang dapat mengurai penat dan beban pikiran setelah seharian digempur kesibukan. Tingkahnya yang lucu dan tidak terduga kadang mampu membuat simpul senyum di bibir kita. Tak jarang juga kita dibuatnya terbahak atau bahkan geleng-geleng kepala melihat kelakuannya yang tak mampu kita tebak sebelumnya.

Atau misal hewan peliharaan yang ada di rumah adalah beragam jenis ikan hias di dalam akuarium yang cantik. Dengan sorot lampu yang menyala, gemericik air, serta elemen-elemen lain tambahan di akuarium kita membangun sebuah harmoni yang indah dengan lenggak-lenggok ikan tersebut. Ada yang berenang perlahan, ada yang berenang dengan gesit, ada pula yang berebut makanan. Situasi itu tentu mampu meredam stress di dalam diri kita.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut dampak kesehatan yang mungkin dibawa oleh hewan peliharaan Anda, mari simak artikel ini sampai habis, ya!
Meningkatkan Mood
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kita hanya butuh beberapa menit bermain dengan anjing atau kucing serta menonton ikan berenang untuk dapat merasa lebih tenang.
Suasana hati yang baik ternyata punya efek yang baik pula untuk menekan tingkat kortisol dan hormon stress ke tingkat yang lebih rendah. Tak hanya itu, dengan melakukan interaksi bersama hewan peliharaan kita, serotonin, si bahan kimia pembangkit perasaan menyenangkan itu akan naik.
Lebih Banyak Beraktivitas
Sadar atau tidak sadar, saat kita merawat seekor hewan peliharaan secara tak langsung kita dituntut untuk menggerakkkan badan kita. Untuk pemelihara kucing atau anjing, kita tentu perlu mengajaknya jalan bersama atau bermain bersama.
Bahkan, bagi pecinta ikan pun dituntut untuk berolahraga dengan membersihkan secara rutin akuarium serta mengganti interiornya. Dari pekerjaan tersebutlah maka seorang pemelihara hewan peliharaan tentu dianggap lebih sehat dibanding yang tidak.
Menjadikan Jantung Mudah Beradaptasi
Hasil studi yang diterbitkan di Jurnal Kardiologi Amerika membuktikan bahwa orang yang menderita sebuah penyakit kronis dan merawat hewan maka jantungnya akan mempunyai kemampuan beradaptasi dengan lebih baik.
Sementara itu, perasaan tenang dan bahagia ketika berada di dekat hewan piaraan bisa meredam tekanan darah, mampu menurunkan resiko kematian akibat serangan jantung.
Optimalisasi Kerja Otak
Selama ini Anda mungkin hanya tahu mengasah otak sebatas bisa dilakukan dengan belajar atau bekerja. Ternyata, percaya atau tidak, memelihara binatang di rumah ternyata dapat membantu menajamkan fungsi kognitif otak. Fungsi kognitif termasuk kemampuan untuk berpikir, mengingat, memperhatikan, memecahkan masalah, membuat keputusan, hingga berbahasa.
Mengurangi Rasa Sakit dan Mempercepat Pemulihan
Di samping menjadi pelipur lara, bermain bersama binatang peliharaan ternyata dapat mempercepat pemulihan rasa sakit pascaoperasi.
Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Anthrozoos. Penelitian tersebut melaporkan orang yang menghabiskan waktu barang 15 menit bermain bersama anjing usai operasi penggantian sendi lebih sedikit mengonsumsi obat antinyeri.
Sebaliknya, orang yang menjalani pemulihan tanpa didampingi peliharaannya justru minum obat pereda nyeri lebih sering.
Kira-kira, itulah beragam manfaat kesehatan yang mungkin Anda dapat melalui hewan peliharaan Anda. Apa pun hewan peliharaan Anda, ia adalah yang Anda pilih. Oleh karenanya, selalu sayangi dan rawat sebaik mungkin, ya! Agar terbangun relasi yang baik dan saling menguntungkan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id