Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tahukah Anda, Berbagai Manfaat Timun Bagi Ibu Hamil?
#1
[Image: adakah-manfaat-timun-untuk-ibu-hamil-1587033463.jpg]
 
Setiap ibu hamil pasti dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Di antara aneka jenis buah dan sayur yang tersedia, timun dapat menjadi pilihan Anda. Sebab, ada banyak manfaat timun bagi ibu hamil.
 
Air merupakan nutrien yang paling banyak terkandung di dalam timun. Timun juga mengandung vitamin dan mineral. Dalam jumlah yang tidak siginifikan, tumbuhan ini juga mengandung gula.
 
Dengan komposisi demikian, tidak heran jika terdapat aneka manfaat timun bagi ibu hamil.
 
Manfaat timun untuk ibu hamil
Kenaikan berat badan, sudah pasti dialami oleh ibu hamil. Itu sebabnya, di samping gizi yang harus terpenuhi, ibu hamil juga butuh asupan yang kaya nutrien dan rendah kalori, seperti timun. Dalam satu cangkir timun beserta kulitnya terdapat banyak sekali serat, dengan kalori yang rendah, yaitu hanya 16 kalori.
 
Di samping itu, terdapat beberapa manfaat timun untuk ibu hamil, antara lain:
 
Mencegah dehidrasi
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kandungan utama timun adalah air. Sehingga konsumsi timun dapat membantu mencegah dehidrasi.
 
Selain manfaat tersebut, timun juga memberi rasa menyegarkan saat dikonsumsi. Kebanyakan ibu hamil sering merasa gerah. Mengonsumsi timun dapat meredakan rasa gerah dan dahaga. Apalagi bila Anda mengonsumsinya dalam bentuk es timun.
 
Namun, demi menjaga kesehatan dan mengontrol asupan gula, sebaiknya rasa manis es timun diperoleh dari madu.
 
Membantu menjaga kesehatan tulang
Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin K yang lebih banyak untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan memenuhi kebutuhan janin, agar perkembangan tulangnya optimal.
 
Salah satu manfaat timun adalah menjaga kesehatan tulang karena kandungan vitamin K yang tinggi di dalamnya.
 
Mencegah pembengkakan
Timun disebut-sebut memiliki zat anti inflamasi, sehingga salah satu manfaat timun adalah mencegah atau meredakan pembengkakan. Ini salah satu penyebab, buah ini perlu dikonsumsi oleh ibu hamil.
 
Rata-rata ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki atau tangan, terutama saat memasuki trimester akhir.
 
Mencegah terjadinya konstipasi
Bukan hanya kaya akan air, timun juga mengandung banyak serat. Tidak heran, buah ini dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi pada ibu hamil. Lebih jauh lagi, akan menurunkan risiko terjadinya wasir selama masa kehamilan.
 
Namun, perlu diingat, serat banyak terkandung pada bagian kulit timun. Maka, bila Anda ingin memperoleh asupan serat, Anda harus mengonsumsi timun beserta kulitnya.
 
Menjaga mood dan sistem kekebalan tubuh
Salah satu hal yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah mood swing. Padahal, mood wanita yang sedang mengandung perlu dijaga agar tetap baik. Sebab, setiap perasaan-perasaan negatif dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.
 
Ternyata mood yang baik sangat dipengaruhi oleh asupan makanan loh. Asupan makanan yang kaya akan vitamin B, seperti timun, dapat membantu menjaga mood tetap baik. Dengan demikian, diharapkan sistem imun atau kekebalan calon ibu juga dapat terjaga.
 
Untuk memperoleh manfaat timun tersebut, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung. Pastikan timun telah dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Anda juga dapat mengonsumsi timun sebagai campuran salad atau roti. Dapat juga dijadikan minuman, seperti infused water timun atau es timun, pasti segar sekali, terlebih bila dicampur dengan jeruk nipis.
 
Di Indonesia sendiri, timun cukup lazim dijadikan acar. Namun, para ibu hamil tidak disarakan mengonsumsi acar terlalu banyak, sebab berisiko meningkatkan tekanan darah. Alih-alih memperoleh manfaat timun, justru muncul gangguan kesehatan.
 
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by