Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Suntik KB, Kontrasepsi Hormonal
#1
[Image: suntik-KB.jpg]

Pengendalian kelahiran atau KB adalah penggunaan berbagai alat, obat-obatan, agen, praktik seksual, atau prosedur bedah untuk mencegah konsepsi atau kehamilan. Terdapat berbagai metode, seperti pil, suntikan, IUD sampai penggunaan kondom.

Kali ini kami akan membahas membahas suntik KB. Suntik KB adalah suntikan yang mengandung hormon, baik progestin saja, atau progestin dan estrogen secara bersamaan yang sangat efektif jika digunakan dengan cara yang benar.

Tergantung pada suntik KB yang Anda miliki, perlindungan kehamilan dapat berkisar dari 30 hari hingga 14 minggu. Terdapat tiga jenis suntik KB.  Masing-masing jenis berbeda berdasarkan ketersediaan, jenis hormon, dan berapa lama mereka memberikan perlindungan pada kehamilan Anda.
  • Suntik KB Depo Provera
Suntik Depo Provera juga dikenal sebagai DMPA. Setiap injeksi memberikan progestin, medroksiprogesteron dan berlangsung selama sekitar 12 minggu. Untuk mendapatkan perlindungan kehamilan yang berkelanjutan, Anda harus mendapatkan suntik KB Depo setiap tiga bulan. Metode kontrasepsi suntik ini bekerja dengan mengentalkan lendir serviks dan menghentikan ovulasi. 

Depo-Provera sangat efektif dalam mencegah kehamilan dan telah disetujui FDA untuk membantu mengobati endometriosis.  Tetapi, mungkin ad efek samping yang berlangsung selama 12 minggu dan tidak ada cara untuk mengetahui sebelumnya apakah Anda akan mengalami salah satu dari efek samping tersebut. Selain itu, penggunaan suntik KB Depo dapat menyebabkan kemungkinan keropos tulang.
  • Suntik KB kombinasi
Suntikan KB ini sangat mirip dengan pil KB kombinasi. Suntikan KB kombinasi memiliki kombinasi estrogen dan progestin. Anda harus ingat untuk mendapatkan suntikan KB kombinasi setiap 28 hingga 30 hari, pada dasarnya, sebulan sekali karena suntikan ini membantu mencegah kehamilan selama sekitar 30 hari. Kombinasi suntik KB bulanan mengandung lebih sedikit progestin daripada Depo-Provera dan Noristerat, hal ini dapat menyebabkan pendarahan atau menstruasi yang lebih teratur dan lebih sedikit efek samping perdarahan dibandingkan dengan suntikan KB lainnya.
  • Suntik KB Noristerat 
Suntikan KB Noristerat adalah metode KB jangka pendek yang dapat dipulihkan. Hal ini adalah metode suntik KB yang hanya dapat memberikan hormon progestin. Suntikan Noristerat harus disuntikkan ke otot bokong dan perlahan akan melepaskan progestin ke dalam aliran darah Anda selama delapan minggu, memberikan perlindungan kehamilan hingga dua bulan.
Karena suntikan KB ini dimaksudkan untuk penggunaan jangka pendek, Anda hanya dapat memiliki satu suntikan Noristerat lagi setelah delapan minggu awal Anda selesai.  Kelebihan, kekurangan, dan efektivitas suntik KB Noristerat sangat mirip dengan Depo-Provera.

Selain itu, suntik KB juga memiliki kelebihan seperti memungkinkan spontanitas seksual dan tidak mengganggu hubungan seks Anda, tidak memerlukan perhatian harian atau mingguan, dapat menawarkan alternatif bagi mereka yang dipengaruhi oleh hormon estrogen, aman digunakan saat menyusui, serta dapat mengurangi periode berat dan menyakitkan bagi sebagian wanita.

Kekurangan suntik KB juga meliputi dapat menyebabkan sakit kepala, penambahan berat badan, ketidaknyamanan perut, memerlukan waktu hingga satu tahun untuk menstruasi dan kesuburan Anda kembali setelah menghentikan suntikan, dapat menyebabkan periode menstruasi Anda terganggu, serta Anda mungkin kehilangan kepadatan tulang jika Anda mendapatkan suntikan selama lebih dari 2 tahun berturut-turut.

Pada dasarnya, suntikan KB adalah kontrasepsi hormonal. Karena itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, suntik KB mungkin bukan pilihan kontrasepsi yang aman. Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. 

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id