Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Sudahkah Anda Mengetahui Pedoman Perawatan Tali Pusat Terbaru?
#1
[Image: cara-perawatan-tali-pusat-yang-baik-dan-...492158.jpg]
Dalam dunia medis, khususnya di bidang kebidanan dan ginekologi (ilmu kedokteran yang berkenaan dengan fungsi alat tubuh dan penyakit khusus pada perempuan), termasuk kandungan, masalah perawatan tali pusat bersifat dinamis. Pasalnya, aturan atau pedoman terkait perawatan tali pusat terus mengalami perubahan.
Belum lama ini, pedoman itu kembali berkembang dan juga berubah. Jika pada pedoman sebelumnya penggunaan alkohol masih diperbolehkan, saat ini aktivitas itu sudah dilarang. Pasalnya, hal itu justru dapat memperburuk kondisi si tali pusat sendiri. Ujung-ujungnya, bayi bisa terserang infeksi.
Sebagai orangtua, amat penting mengetahui dan memahami terkait dinamika dan perubahan atau perkembangan masalah perawatan tali pusat ini. Informasi akan hal itu bisa menjadi pegangan Anda ketika si kecil terlahir ke dunia. Atas dasar itu, di bawah ini terdapat pedoman perawatan tali pusat terbaru yang dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI):
1.     Jangan Pernah Terendam Air
Selama tali pusat belum terlepas dari perut bayi, amat disarankan agar bayi baru lahir tidak dimandikan, dalam artian diguyur, disiram, atau direndam dalam air. Untuk menjaga bayi baru laih tetap bersih cukup dengan dilap menggunakan waslap. Umumnya, tali pusat akan puput atau terlepas dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari. Jadi hindari memasukkan seluruh tubuh bayi ke dalam air.
2.     Jaga Agar Tetap Kering
Sementara itu, ketika mengelap tubuh bayi yang baru lahir, hindari membasahi area tali pusat. Tujuan dari menjaga area tali pusat tetap kering adalah lantaran kondisi yang lembap dapat memicu timbulnya infeksi.
3.     Hindari Terkena Bahan Kimia
Selain tak boleh basah, tali pusat juga tidak perlu diberi alkohol, obat antiseptik, ataupun bedak untuk menjaga kesterilan atau kebersihan area tersebut. Pastikan juga tidak ada bedak yang menempel di tali pusat. Penggunaan bahan-bahan kimia, meski itu dilabeli embel-embel “aman untuk bayi” tetap tidak disarankan. Pasalnya, bahan-bahan itu akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.
4.     Biarkan Tetap Terbuka
Tali pusat jangan ditutup dengan kain kasa atau apa pun itu. Dengan demikian, menutup tali pusat dengan popok atau diapers juga sebaiknya dihindari karena jika tertutup popok atau diapers, maka kemungkinan tali pusat terkena urine atau pup akan lebih besar. Biarkan tali pusat dalam kondisi terbuka.
5.     Waspadai Kotoran
Jika tali pusat terkena kotoran saat bayi Anda buang air kecil atau buang air besar, segera bersihkan dengan waslap basah atau kain kassa basah dengan cara ditepuk-tepuk, bukan diusap. Setelah itu baru dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk juga. Sebelum membersihkannya, pastikan tangan Anda juga telah bersih dan steril, ya!
6.     Pahami dan Kenali Tanda-Tanda Infeksi
Sebagai orang tua yang tengah melakukan perawatan tali pusat, Anda harus jeli dalam memperhatikan tanda-tanda tali pusat terkena infeksi. Tali pusat yang terinfeksi biasanya akan timbul nanah (umumnya di pangkal tali pusat), tercium bau atau aroma tidak sedap, terlihat berwarna kemerahan dan nyeri ketika dilakukan penekanan di sekitar tali pusat. Infeksi ini bisa membuat bayi menjadi demam.
7.     Cari Pertolongan Medis
Jika menemukan tanda-tanda infeksi pada tali pusat anak Anda, tindakan yang paling tepat adalag segera membawa si kecil ke dokter agar mendapat pertolongan medis sesegera mungkin untuk menghindari hal-hal atau kondisi-kondisi yang lebih parah.
***
Setelah membaca dan memahami pedoman perawatan tali pusat terbaru, sebaiknya hal-hal di atas dapat dilakukan dengan seksama. Jaga kesehatan bayi Anda. Jangan sampai ketidaktahuan Anda akan perawatan tali pusat ini malah menjadikannya terserang penyakit atau mengalami kondisi yang tidak diinginkan.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id