Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sudah Tahu Cara Menghilangkan Wajah Bengkak yang Benar? Simak Informasinya Berikut
#1
Mulai dari mengompres menggunakan es, air hangat, kantong teh, hingga mengonsumsi obat khusus pereda nyeri, itulah cara menghilangkan wajah bengkak yang umumnya dilakukan. Cara manakah yang sering Anda praktikkan jika mengalami pembengkakan pada wajah? Sudah benarkah cara yang Anda lakukan tersebut dalam mengatasi bengkak di wajah? 

Cara menghilangkan wajah bengkak yang benar pada dasarnya perlu untuk disesuaikan dengan penyebab pembengkakan itu sendiri. Penyebab wajah bengkak cukup beragam, mulai dari alergi, cedera, terlalu banyak menangis, hingga akibat penyakit tertentu.

  • Kurangi mengonsumsi garam

Apakah Anda sering mengonsumsi mie instan, terutama di malam hari? Mie instan merupakan salah satu makanan dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Jika keadaan ini terus berlangsung, dapat menyebabkan wajah bengkak.


Garam mengandung natrium yang bersifat menahan air. Hal tersebut berarti, kandungan garam yang tinggi dalam suatu makanan dapat mendorong tubuh untuk menumpuk cairan berlebih. Oleh karena itu, wajah atau anggota tubuh lain dapat saja kapan saja mengalami pembengkakan.

  • Mengompres dengan timun

Cara menghilangkan wajah bengkak yang sederhana, seperti mengompres wajah dengan timun. Timun dingin dapat meredakan pembengkakan. Caranya, potonglah timun yang telah didinginkan secara tipis, lalu tempelkan pada area wajah yang bengkak.

  • Mengompres hangat

Suhu hangat diyakini dapat melancarkan sirkulasi cairan di tubuh. Dengan mengompres hangat wajah yang bengkak, cara ini dapat meredakan pembengkakan pada wajah secara alami. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati dalam menyesuaikan suhu yang kompres yang sesuai, tidak terlalu panas.

  • Mengompres dengan kantong teh

Sudah pernah mencoba cara menghilangkan wajah bengkak menggunakan kantong teh? Pilihlah teh dengan kandungan kafein yang tinggi, seperti teh oolong atau teh hitam. Kafein dalam teh ini berguna untuk mengecilkan pembuluh darah, sehingga pembengkakan di wajah dapat diatasi. Gunakan kantong teh yang telah digunakan sebelumnya. Namun, biarkan kantong teh tersebut mencapai suhu ruang terlebih dulu sebelum digunakan.

  • Mengompres dengan es

Cara menghilangkan wajah bengkak yang satu ini tentu sudah akrab di telinga Anda, bukan? Menempelak kompres es adalah cara mengatasi wajah bengkak yang paling umum. Metode ini cukup efektif untuk mengatasi pembengkakan wajah akibat kurang tidur, cedera, alergi, atau salah makan.


Sebelum mengompres wajah bengkak Anda dengan es, lapisi es terlebih dulu menggunakan handuk lembut, sehingga es tidak menyentuh permukaan kulit secara langsung. Langkah ini dapat diulangi beberapa kali hingga bengkak di wajah mulai mereda.

  • Minum banyak air putih

Salah satu penyebab bengkak, yaitu ketika tubuh dehidrasi, sel-sel pada tubuh akan mencoba mengambil cairan dari jaringan sebanyak-banyaknya, kemudian akan menyimpannya. Jika diatasi dengan banyak minum air putih, kebutuhan cairan dalam tubuh pun akan terpenuhi, dan sel-sel penyimpan air tadi akan melepaskan cadangan air tersebut. Dengan begitu, pembengkakan pada wajah dapat diatasi.

  • Mengonsumsi obat

Obat menjadi salah satu cara menghilangkan wajah bengkak jika biasanya penyebab bengkak itu sendiri akibat dari alergi atau adanya penyakit tertentu. 


Sebagai contoh, obat antihistamin efektif meredakan wajah bengkak akibat alergi ringan. Walaupun begitu, jika alergi disertai dengan gejala lain, seperti sesak napas atau pembengkakan pada bagian mulut dan tenggorokan, maka Anda membutuhkan bantuan medis yang lebih serius.


Obat antiradang atau anti-inflamasi, seperti NSAID, juga berguna dalam meredakan wajah bengkak. Obat ini juga mampu mengurangi rasa nyeri yang timbul. Lain lagi dengan obat antibiotik. Obat ini berguna untuk mengatasi wajah bengkak akibat infeksi bakteri tertentu, seperti cellulitis, actinomycosis, sinusitis, atau bakteri pada gigi yang berlubang. Resep obat antibiotik yang diberikan oleh dokter akan disesuaikan berdasarkan bakteri penyebab pembengkakan wajah itu sendiri.
Reply


Messages In This Thread
Sudah Tahu Cara Menghilangkan Wajah Bengkak yang Benar? Simak Informasinya Berikut - by info.sehat - 13 October 2020, 02:00 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by