Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Stop Diet Ekstrim! Coba 6 Tips Sehat Turunkan Berat Badan Ini
#1
[Image: diet-ekstrim.jpg]

Memiliki bentuk tubuh ideal adalah setiap orang. Hanya saja, pastikan strategi atau metode diet yang Anda terapkan dengan cara sehat. Jangan sampai Anda menerapkan diet ekstrim yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Diet ekstrim yang dimaksud antara lain:
·        Diet cacing pita
·        Diet jahit lidah
·        Diet kapas
·        Diet putri tidur
·        Diet serba cair
·        DIet makanan bayi
·        Diet sup kol
Diet tersebut sangat berbahaya, tidak hanya mempengaruhi fisik tetapi juga mental.
Bahaya DIet Ekstrim
Diet ekstrim memang dapat menurunkan berat badan secara drastis dengan cepat, namun sebaiknya dihindari. Sebab, banyak sekali bahaya yang diakibatkan dari metode tersebut. Apa saja? Simak selengkapnya.
·        Membuat tubuh jadi sangat lemas
Bahaya diet ekstrim yang paling utama dirasakan adalah munculnya rasa lemas pada tubuh akibat kekurangan energi dan kalori. Energi dan kalori sendiri bersumber dari makanan yang dikonsumsi. Tapi, tubuh terus melakukan pembakaran kalori sehingga bukan tidak mungkin dapat menyebabkan pelaku diet ekstrim tidak sadarkan diri.
  • Sulit bernapas
Menjalani diet dengan cara ekstrim dapat membuat tubuh kekurangan oksigen yang berakibat pada kesulitas bernapas. Jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin menyebabkan kematian.
  • Kepala pusing
Pelaku yang menjalani diet dengan cara berbahaya dapat mengalami pusing kepala. Pusing di kepala yang dimaksud berbeda dari biasanya. Kepala pusing akibat diet ini dapat menyebabkan pelaku mengalami mimisan.
  • Mengalami permasalahan jantung
Diet dengan cara yang berbahaya juga dapat mempengaruhi jantung. Diet ekstrim membuat asupan gizi pada tubuh jadi berkurang dan tekanan darah menjadi rendah. Pada saat bersamaan, jantung juga harus tetap memompa darah ke seluruh tubuh sehingga kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya masalah pada jantung.
  • Hormon tidak seimbang
Bahaya diet ekstrim lainnya yang akan dirasakan adalah ketidakseimbangan hormon yang dialami oleh wanita. Hal ini akan berdampak pada siklus menstruasi yang menjadi berantakan. Bahkan, kondisi ini pada bentuk yang parahnya dapat menyebabkan kantong rahim menjadi kering.
  • Pencernaan tidak lancar
Meskipun diet, tapi asupan serat tetap harus terjaga. Efek dari kurangnya serat adalah terganggungnya organ pencernaan, misalnya merasa sembelit atau sulit buang air besar.
  • Menyebabkan kematian
Bahaya paling parah dari diet ekstrim adalah menyebabkan kematian. Ada banyak kasus yang ditemui akibat dari diet yang dijalani.
Aturan DIet Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, sebaiknya pilihlah metode yang benar-benar sehat dan tidak membahayakan. Jangan melakukan diet ekstrim karena akan membahayakan kesehatan Anda. Berikut aturan diet sehat yang ideal untuk menurunkan berat badan.
1.     Atur porsi makan
Diet sehat tidak berarti mengurangi porsi makan seminimal mungkin, tetapi porsi makan diatur dengan baik. Sesuaikan kebutuhan kalori per hari agar fungsi tubuh tetap berjalan normal.
Total kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda. Jadi tidak ada aturan pasti mengenai perhitungannya. Hanya saja, jika Anda berniat mengurangi berat badan, idealnya Anda perlu mengurangi 500 kalori setiap harinya.
Dalam satu poris makan, haruslah semua zat gizi yang diperlukan tubuh terpenuhi. Seperti karbohidrat, lauk protein, lemak sehat, serat, dan juga vitamin serta mineral.
2.     Pilih makanan yang tepat
Mulai konsumsi makanan yang sehat. Pilihan jenis makanan yang sehat dan tepat sangat mempengaruhi kesuksesan diet Anda. Misalnya sayur, buah, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, susu rendak lemak, ikan, serta makanan kaya pati resisten. HIndari juga makanan yang mengandung tinggi gula dan berlemak.
3.     Kurangi konsumsi garam dan gula
Dalam menjalani diet sehat, sebaiknya batasi konsumsi garam, gula, minyak, dan lemak trans. Hal ini menjadi salah satu kunci sukses menjalankan diet dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang.
Anda bisa mengganti gula pasir dengan pemanis rendah kalori yang lebih aman.
4.     Buat jadwal makan
Cara diet yang benar adalah dengan makan setiap waktu dan teratur. Melewatkan waktu makan hanya membuat Anda merasa kelaparan, gula darah naik dan turun secara drastis, serta Anda akan mengalami stres. Kesemuanya akan menjadi faktor penggagal diet sehat Anda.
Makanlah 3 kali sehari dengan porsi yang sudah diatur. Atau bisa juga dengan makan 6 kali makan sehari dengan porsi yang lebih kecil. Intinya dengan menghindari makanan tinggi lemak dan kalori yang terlalu tinggi.
5.     Rutin berolahraga
Olahraga juga dianjurkan dalam menjalani diet sehat. RUtin berolahraga akan membantu proses pembakaran kalori yang ekstra di tubuh serta membentuk otot. Jadi, biasakan diri untuk rutin berolahraga sehingga menjadi gaya hidup. Tidak perlu lama, cukup 30 menit setiap harinya.
6.     Menjauhi kebiasaan buruk
Mengatur pola makan dan rutin berolahraga ternyata masih belum cukup. Satu hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat secara menyeluruh. Usahakan waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam setiap malamnya, hindari konsumsi alkohol dan jangan merokok.
Aturan-aturan tersebut akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat dibanding melakukan diet ekstrim yang berbahaya. Semoga berhasil!


Attached Files Thumbnail(s)
   
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by