Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sering Mengalami Jari Tangan Kaku? Waspada Rheumatoid Arthritis
#1

[Image: jari-tangan-kaku.jpg]


Pernah merasa jari tangan kaku, terutama saat pagi hari? Apabila kondisi ini sering muncul, sepertinya Anda harus mewaspadai penyakit rheumatoid arthritis (RA). Sering mengalami sakit pada bagian sendi hingga membuat jari tangan kaku? Gejala ini mungkin kerap dianggap sebelah mata bagi sebagian orang. Namun, apabila Anda tidak memeriksakan diri dan gejala berlangsung terus menerus hingga menyebabkan rasa sakit yang serius, Anda mungkin mengalami rheumatoid arthritis (RA). Lantas apa sebenarnya RA, penyebab, gejala dan cara menanganinya? Berikut informasi lengkapnya.


Apa itu itu Rheumatoid Arthritis?
Penyakit yang sering menyerang wanita berusia 40 - 60 tahun ini, merupakan kondisi autoimun yang dapat menyebabkan jari tangan kaku, hingga timbulnya rasa nyeri terutama pada bagian sendi pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Bahkan, beberapa kasus ditemukan penderita kerap mengalami keluhan pada bagian kulit, mata, paru-paru, jantung, serta pembuluh darah.


Apa saja gejala dari RA?
- Nyeri sendi.
- Pembengkakan sendi.
- Sendi terasa kaku.
- Hilangnya fungsi sendi.
- Sendi terasa lebih bengkak.
- Sendi kaku terutama di pagi hari atau pada saat tidak melakukan aktivitas sama sekali.
- Mudah lelah, demam dan kehilangan nafsu makan.
- Rasa sakit mulai menyebar ke pergelangan tangan, lutut, kaki, siku, pinggul dan bahu. 


Tanda dan gejala RA dapat bervariasi sesuai dengan tingkat keparahan dan rasa nyeri yang timbul bisa datang dan pergi. Selain itu, jika sudah parah RA dapat menyebabkan persendian berubah bentuk dan bergeser keluar dari tempatnya. Oleh karena itu, beberapa pasien kerap mengalami perubahan struktur tubuh terutama pada bagian kulit, mata, paru-paru, jantung, ginjal, kelenjar ludah, jaringan saraf, sumsum tulang dan pembuluh darah.


Diagnosis RA
Mendiagnosis RA dapat memakan waktu dan mungkin memerlukan beberapa tes laboratorium. Umumnya, tim medis akan menanyakan pasien seputar gejala yang dirasakan dan riwayat kesehatan. Selanjutnya, Anda akan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian persendian yang mencakup:
- Mencari pembengkakan dan kemerahan.
- Memeriksa fungsi sendi dan rentang gerak.
- Menyentuh sendi yang terkena untuk melihat reaksi yang timbul.
- Menguji refleks dan kekuatan otot.
Apabila ditemukan kecurigaan, kemungkinan besar Anda akan dirujuk ke spesialis yang disebut rheumatologist.


Orang yang paling rentan terkena RA
- Usia
RA sebenarnya dapat menyerang semua usia, tetapi umumnya dimulai pada usia paruh baya atau 40 tahun ke atas.
- Genetik
Jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat RA, maka tidak menutup kemungkinan, Anda mempunyai faktor risiko yang lebih besar.
- Merokok
Kebiasaan merokok, tidak hanya merusak kesehatan paru dan jantung, tetapi juga meningkatkan risiko terkena RA, terutama jika Anda memiliki kecenderungan genetik.
- Kegemukan
Wanita berusia 55 tahun ke bawah yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena RA.


Cara mengatasi RA
Sebenarnya tidak ada obat untuk mengatasi RA, akan tetapi beberapa studi klinis menunjukkan bahwa remisi gejala lebih mungkin terjadi ketika pengobatan dimulai lebih awal dengan obat yang dikenal sebagai obat antirematik yang memodifikasi penyakit (DMARDs), seperti:
- NSAID
Obat antiinflamasi non steroid yang berfungsi untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan. 
Obat kortikosteroid, seperti prednison dapat mengurangi peradangan dan nyeri serta memperlambat kerusakan sendi.
- Obat antirematik yang memodifikasi penyakit (DMARDs). 
Obat ini dapat memperlambat perkembangan RA dan meredakan rasa sakit pada bagian sendi dan jaringan lain dari kerusakan permanen.


Namun, semua obat ini memiliki efek samping, sehingga tidak dapat dibeli bebas dan harus menggunakan resep dokter.


Selain pengobatan medis, Anda juga bisa melakukan terapi untuk meringankan rasa sakit yang sering muncul. Akan tetapi, jika gejala yang muncul cukup berat seperti jari tangan kaku hingga gangguan pada jaringan tubuh lainnya, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara cepat.
Reply


Messages In This Thread
Sering Mengalami Jari Tangan Kaku? Waspada Rheumatoid Arthritis - by info.sehat - 14 April 2021, 04:43 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by