Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Serangan Jantung dan Perikarditis, Serupa tapi Tak Sama
#1
Nyeri dada identik dengan serangan jantung, apalagi bila nyeri dada tersebut sangat berat sampai disertai sesak napas dan keringat dingin.

Namun, ternyata nyeri dada tidak melulu diakibatkan serangan jantung loh, ada penyebab lain yang jarang kita ketahui, yaitu perikarditis. Apa itu perikarditis? Serba serbi perikarditis akan dibahas dalam artikel ini.

Apa itu Perikarditis?

Perikarditis mengacu pada peradangan perikardium atau lapisan pembungkus dan pelindung jantung. Pembungkus jantung ini terdiri dari 2 lapis, di antara kedua lapis perikardium terdapat sedikit cairan yang berfungsi mencegah gesekan.

Kebanyakan, perikarditis akut dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu tanpa memerlukan pengobatan, namun beberapa kasus dapat berulang dan menjadi kronis yaitu gejalanya berlangsung lebih dari 6-12 bulan.

Peradangan kronis pada perikardium dapat menyebabkan perlukaan dan jaringan parut sehingga menghambat kerja jantung dalam memompakan darah.

Penyebab Perikarditis

Perikarditis kerap kali tidak diketahui penyebabnya. Namun beberapa hal yang diduga menyebabkan perikarditis di antaranya:
• Infeksi virus seperti virus Coxsackie, adenovirus, serta influenza A dan B. Infeksi bakteri seperti tuberkulosis juga bisa menyebabkan perikarditis namun lebih jarang dibandingkan infeksi virus.
• Penyakit inflamasi seperti penyakit sendi rematik, lupus, scleroderma, dan sarkoidosis
• Penyakit lainnya seperti pasien yang mengalami serangan jantung, penyakit ginjal, fungsi tiroid yang menurun, dan kanker.
• Penyebab lain seperti trauma dan obat-obatan kemoterapi

Apa Saja Gejala Perikarditis?

Gejala utama perikarditis adalah nyeri dada yang disebabkan meradangnya kedua lapis pembungkus jantung yang kemudian bergesekan dengan jantung. Nyeri dada yang disebabkan perikarditis ini hampir menyerupai serangan jantung.

Yang khas adalah nyeri dada pada perikarditis memberat pada saat penderitanya menarik napas dan lebih ringan pada saat penderitanya bersandar ke depan. Nyeri dada ini bisa menjalar sampai ke punggung atau bahu kiri.

Selain nyeri dada, perikarditis juga menyebabkan demam dan rasa lelah berlebihan.  Perikarditis dapat menyebabkan komplikasi seperti penumpukan cairan di sekitar ruang jantung sehingga membutuhkan pertolongan segera .


Inilah serba-serbi perikarditis yang perlu kamu ketahui. Jadi nyeri dada tidak melulu serangan jantung.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id