Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Seperti Apa Standar Pelayanan Massage yang Baik?
#1
[Image: massage.jpg]
Source: massage
 
 
Jasa massage atau jasa pijat saat ini dianggap sebagai penolong bagi sebagian kaum urban terutama bagi mereka yang selalu sibuk selama 24/7 hingga tidak memiliki kesempatan untuk memanjakan diri. Tingginya kebutuhan akan jasa pijat di kalangan kaum urban mendorong banyak pebisnis untuk membuka layanan jasa massage. Sayangnya, tidak semua pelayan jasa memberikan standar pelayanan massage yang baik.
 
Bahkan ada oknum jasa pijat yang tidak aman dan justru merugikan customer-nya. Misalnya seperti kasus pelecehan seksual yang sering terjadi selama proses pemijatan. Tak hanya itu, pernah juga terjadi kasus prostitusi online dengan kedok jasa massage online. Karena hal-hal negatif ini, perusahaan yang menawarkan jasa massage tentu harus memenuhi standar pelayanan massage agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Bisnis massage atau SPA sendiri sebenarnya sudah siatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 8 tahun 204 tentang Pelayanan Kesehatan SPA. Peraturan ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan SPA dan pijat yang aman, bermanfaat, bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan.
 
Berikut ini adalah beberapa poin penting mengenai standar pelayanan SPA atau massage yang harus dimiliki setiap pelayan jasa massage sesuai dengan peraturan MENKES tahun 2014:
 
Memiliki Izin
Sebelum membuka praktik jasa pijat atau SPA, setiap pelayan jasa harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata dan izin teknis. Tanda Daftar Usaha Pariwisata tersebut bisa diperoleh ketika pelayan jasa tersebut sudah mendapatkan izin teknis dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Dan izin ini dapat digunakan untuk praktik selama kurun waktu lima tahun.
 
Mengikuti Prinsip Kesehatan Massage/SPA
Untuk memenuhi standar, pelayan jasa massage juga harus mengikuti prinsip-prinsip kesehatan massage. Prinsip yang dimaksud adalah mengacu pada pohon keilmuwan pengobatan tradisional Indonesia yang meliputi pendekatan kosmologi, holistik dan kultural.
 
Pendekatan kosmologi berarti memandang penyakit tidak hanya pada penyebab penyakit, namun juga meliputi bagaimana dan mengapa seseorang menjadi sakit. Pendekatan ini memandang kesehatan dari hubungan antara manusia dan lingkungan. Pendekatan holistik di sisi lain berfokus pada hubungan keseimbangan fisik, emosional, spiritual, sosial dan lingkungan. Untuk itu, pelayanannya lebih pada penyebab penyakit dan tidak hanya sekedar mengatasi gejala. Sedangkan pendekatan kultural adalah pendekatan yang berkaitan dengan keadaan sosial dan budaya seseorang.
 
Agar customer mencapai kesehatan yang baik, pelayan jasa massage harus memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan prinsip kesehatan yang ada.
 
Memenuhi Syarat Teknis Massage/SPA
Sebelum praktik, pelayan jasa massage atau SPA juga harus memenuhi syarat teknis seperti syarat ketenagaan, air, sarana dan prasarana, serta metode perawatan. Selain memiliki terapis yang profesional, pelayan jasa massage juga harus memiliki alat yang mendukung pelayanan.
 
Untuk perusahaan penyedia layanan jasa massage on-demand selain mengacu pada Peraturan MENKES 2014 di atas, ada beberapa poin tambahan yang harus diperhatikan pelayan jasa massage agar meningkatkan value produknya.

Fleksibel
Sebagai penyedia jasa massage online atau on-demand, perusahaan harus bisa sefleksibel mungkin—memenuhi panggilan customer kapan pun dan dimana pun mereka membutuhkan.
 
Profesional
Bukan hanya terapis di rumah SPA saja yang harus profesional. Terapis online atau on-demand juga harus terlatih dan profesional. Alangkah baiknya perusahaan melakukan seleksi terlebih dahulu, sehingga terapis yang akan melayani customer bukan terapis abal-abal dan merugikan customer.

Asuransi
Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan customer, penyedia jasa massage online atau on-demand bisa menyediakan insurance bagi customer. Asuransi juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan customer terhadap perusahaan.
 
Bervariasi
Setiap customer tentu memiliki keluhan dan kebutuhan yang berbeda. Untuk itu, penyedia layanan jasa massage harus pandai-pandai membuat variasi massage yang ditawarkan kepada customer, seperti pijat relaksasi, rejuvenasi, hingga pijat tradisional dan kerokan.
 
Itulah beberapa poin mengenai standar pelayanan massage yang baik. Jika Anda ingin mendirikan jasa massage atau SPA, perhatikan poin-poin tersebut agar jasa Anda berkualitas dan memenuhi standar.

Sumber Referensi: Halo Jasa

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id