Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Selain Dermafix T, Ini Cara Atasi Luka
#1
[Image: Dermafix-T.jpg]



Salah satu fungsi utama dari kulit adalah untuk melindungi tubuh dari paparan racun lingkungan seperti bakteri. Selain itu, kulit juga menjaga pembuluh darah, saraf, dan organ lainnya tetap aman dari paparan langsung lingkungan.
 
Hal yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apa yang akan terjadi apabila ada tusukan di kulit akibat infeksi, cidera, ataupun operasi? Tentu saja hal ini berarti Anda akan lebih rentan terhadap paparan lingkungan berbahaya. Oleh karena itulah penggunaan Dermafix T dan perban perlu segera dilakukan.
Luka ringan atau akut mungkin tidak membutuhkan perawatan medis khusus.

Kebanyakan orang dengan jenis luka ini bisa merawatnya di rumah menggunakan Dermafix T. Akan tetapi, jenis luka atau cedera yang parah yang melibatkan pendarahan hebat membutuhkan perhatian medis secepatnya. Beberapa tindakan perawatan luka yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah:
  • Hentikan pendarahan. Menggunakan kain atau perban yang bersih, berikan tekanan ringan pada luka untuk mendukung pembekuan darah.
  • Bersihkan luka. Menggunakan air yang bersih atau larutan garam untuk membersihkan luka terbuka dari debu, bakteri, dan kotoran. Setelah luka terlihat bersih, keringkan menggunakan handuk atau kain lembut yang bersih. Seorang dokter dapat melakukan debridemen bedah untuk mengangkat kotoran atau benda asing dari luka yang parah yang mengandung jaringan mati, peluru, kaca, atau benda asing lainnya.
  • Rawat luka menggunakan antibiotik. Setelah membersihkan luka, oleskan lapisan tipis salep antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Tutup atau perban luka. Pada kasus luka terbuka yang ringan, Anda bisa menggunakan Dermafix T untuk menutup luka. Menutup luka terbuka dapat membantu mempercepat pemulihan. Anda juga bisa menggunakan perban tahan air. Dalam kasus luka terbuka yang lebih dalam, jahitan atau staple dari dokter dibutuhkan. Namun, tetap biarkan luka yang terinfeksi terbuka hingga infeksi benar-benar hilang.
  • Secara rutin ganti perban. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan mengganti perban yang lama dan melihat tanda-tanda adanya infeksi setiap 24 jam sekali. Lakukan desinfeksi dan keringkan luka sebelum menggunakan perban yang bersih. Pastikan Anda selalu menjaga luka tetap kering pada saat proses pemulihan atau penyembuhan.

Selain melakukan cara-cara tersebut di atas, Anda juga bisa meminum obat-obatan OTC (over-the-counter) untuk mengurangi peradangan dan gejala menyakitkan pada saat proses penyembuhan berlangsung. Namun, hindari penggunaan aspirin karena obat jenis ini dapat menyebabkan pendarahan dan menunda proses pemulihan luka.

Penyedia layanan kesehatan dapat meresepkan obat pereda rasa nyeri yang lebih kuat untuk orang-orang dengan luka terbuka terinfeksi atau parah. Anda juga bisa menggunakan antibiotik topikal untuk luka atau goresan kecil. Penyedia layanan kesehatan juga dapat meresepkan antibiotik oral jika mereka percaya seseorang memiliki risiko tinggi menderita infeksi saat pulih.

Selain melakukan cara di atas dan menggunakan Dermafix T, Anda juga bisa menggunakan perawatan alternatif rumahan atau home remedies untuk merawat luka terbuka minor seperti sayatan atau goresan. Salah satunya adalah pasta kunyit. Sebuah senyawa yang ada dalam kunyit yang dikenal dengan nama curcumin memiliki sifat anti-peradangan dan anti-bakteri yang kuat, yang mana dapat meningkatkan proses pemulihan.

Selain menggunakan kunyit, Anda juga bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Aloe vera merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga kaktus. Daun lidah buaya mengandung zat seperti gel yang kaya mineral dan vitamin, yang mana dapat mendukung proses pemulihan luka.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by