Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sedan Kompak Toyota Soluna Kini Harganya Makin Terjangkau
#1
Toyota Soluna adalah mobil sedan kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Thailand dari Tahun 1996 hingga 2002. Di Asia Toyota Soluna dikampanyekan sebagai mobil keluarga Asia. Soluna menggunakan mesin Twin Cam 16 Valve EFI 1,5 liter dengan kode mesin 5A-FE dan menggunakan kode sasis AL50R. Di Indonesia, Toyota Soluna mulai dipasarkan pada tahun 1997 hingga tahun 2003 dijual di bawah posisi Toyota Corolla All New dan digantikan dengan Toyota Vios pada bulan Mei 2003.

[Image: Toyota_Soluna_tahun-1997-1999-depan.jpg]

Pada tahun 2000, Toyota meluncurkan Toyota Soluna Facelift dengan beberapa ubahan pada eksterior dan interior. Toyota melakukan langkah facelift terhadap Soluna guna menghadang Suzuki Baleno Facelift sebagai pemain baru dalam segmen ini dan juga Honda City Type-Z yang merupakan hasil facelift dari Honda City EXi.

[Image: Toyota_Soluna_facelit-tahun-2000-2003-depan.jpg]

Di Asia, Toyota Soluna dipasarkan dengan 3 varian yaitu XLi, SLi, dan GLi. Tapi hanya Soluna varian XLi dan GLi yang dijual di Indonesia, yang mana varian XLi umum digunakan untuk armada taksi. Soluna XLi lahir pada tahun 1997. Sedangkan Soluna GLi merupakan pengembangan generasi pertama yang dikeluarkan diatas tahun 2000. Soluna facelift muncul di Thailand pada akhir 1999 dan tiba di Indonesia pada April 2000.

Kini Harga bekas dari Toyota Soluna di daerah Jakarta dan sekitarnya sudah sangat terjangkau yaitu berada pada rentang harga Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Harga yang sangat menggoda mengingat kualitas dari mobil Toyota Soluna ini.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sedan Toyota Soluna ini ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil ini supaya Anda sudah siap mentalnya untuk memiliki dan memelihara mobil ini. Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Soluna.

Kelebihan Soluna

1. Kelebihan Toyota Soluna yang sudah sangat terkenal yaitu sangat irit bahan bakar. Konsumsi BBM rute dalam kota sekitar 10-12 km/L, sedangkan rute luar kota atau tol sekitar 13-15 km/L. Konsumsi bahan bakar yang irit pada mobil ini tidak lepas dari penggunaan mesin yang sudah didukung dengan sistem bahan bakar injeksi.

2. Kelebihan Toyota Soluna selanjutnya adalah perawatannya mudah dan murah. Hal ini dikarenakan banyak bengkel atau mekanik yang mengerti dan bisa memperbaiki mobil ini. Untuk masalah sparepart juga banyak tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau.

3. Durability Toyota Soluna terkenal bagus, baik mesin maupun kaki-kakinya maka tak heran Soluna dipercaya untuk dijadikan armada taksi.

4. Konstruksi suspensi Soluna mirip Toyota Starlet, yakni McPherson strut untuk roda depan dan torsion beam di belakang menjadikan Soluna cukup stabil dalam akselerasi.

Kekurangan Soluna

1. Walaupun suspensi Toyota Soluna cukup stabil, efeknya berimbas bantingan Soluna agak keras dibanding kompetitornya.

2. Hadir dalam sedan yang berukuran kompak membuat kabin Toyota Soluna sedikit sempit.

3. Karena dipakai sebagai armada taksi maka image atau citra dari mobil sedan Soluna menjadi jelek.
Reply


Messages In This Thread
Sedan Kompak Toyota Soluna Kini Harganya Makin Terjangkau - by andika - 13 January 2022, 08:40 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by