Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Seberapa Sering dan Cara Memompa ASI Yang Benar
#1
[Image: PumpingSupplyJamieGrillGetty-56a0b8003df...a4500f.jpg]

Apabila Anda adalah seorang Ibu menyusui yang ingin memulai memompa ASI, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi terlebih dahulu. Anda dapat berdiskusi seputar tujuan dari menyusui atau memompa ASI untuk menemukan cara memompa ASI yang terbaik dan sesuai untuk Anda dan keluarga. Anda bisa memulai memompa ASI setelah bayi lahir, atau Anda bisa menyusui terlebih dahulu dan memutuskan untuk memompa ASI beberapa kali dalam sehari setelahnya. Selain itu, ada beberapa alasan khusus mengapa Anda perlu memompa ASI tepat setelah bayi baru lahir, misalnya ada kondisi medis tertentu akan kesehatan bayi, kondisi medis Ibu, dan gangguan medis ataupun non-medis lain.

Apabila Anda ingin mengganti atau menambah masa menyusui bayi dengan menggunakan botol, cara memompa ASI yang benar agar dapat memenuhi target tersebut adalah beberapa kali dalam sehari. Akan lebih mudah bagi Anda untuk memompa ASI di pagi hari saat payudara Anda penuh dengan ASI. Apabila Anda ingin menambah sesi menyusui, pompa lah setelah sesi menyusui bayi. Memberikan ASI pada anak adalah tentang pasokan dan kebutuhan. Bayi yang baru lahir sangat butuh ASI. Apabila bayi Anda ingin menyusui 8 hingga 12 kali dalam sehari, Anda mungkin perlu memompa ASI setidaknya 8 kali sehari agar pasokan Anda dapat mencukupi kebutuhan bayi. Tidak ada angka yang tepat ataupun peraturan yang harus dipenuhi, semuanya tergantung pada kebutuhan bayi akan nutrisi. Mungkin Anda akan merasa terbantu apabila memompa setiap 2 hingga 3 jam.
 
Pasokan ASI rendah? Saatnya memompa
Ada kalanya Ibu akan merasa ia tidak dapat memproduksi ASI dengan jumlah yang cukup. Namun jangan khawatir. Pasokan ASI Anda dapat berbeda pada pagi hari dan malam hari. Atau, ada kemungkinan Anda memproduksi lebih banyak ASI pada satu minggu, dan kurang ASI pada minggu berikutnya. Diet yang Anda jalani, tingkat stres yang Anda miliki, dan faktor-faktor lain dapat mempengaruhi seberapa banyak tubuh Anda dapat memproduksi ASI. Beberapa wanita dapat mengisi satu botol penuh dalam satu sesi memompa ASI. Sementara itu, banyak wanita lain yang perlu memompa dua hingga tiga kali untuk dapat memenuhi satu botol yang sama. Apabila Anda masuk ke dalam kategori kedua, jangan khawatir. Hal tersebut wajar dan normal. Namun, perlu diingat bahwa Anda disarankan untuk menghubungi dokter atau konsultan laktasi apabila volume pasokan ASI yang dapat Anda produksi berada dalam kadar rendah terus menerus. Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan tertentu untuk membantu menaikkan pasokan ASI.

Pompa ASI untuk Ibu yang bekerja
Apabila Anda adalah seorang ibu yang aktif dan harus bekerja di kantor, pompa lah ASI setidaknya setiap 4 atau 5 jam selama 15 menit. Mungkin memang terdengar sebuah jumlah yang banyak, namun semuanya kembali kepada pasokan dan kebutuhan. Bayi Anda membutuhkan ASI setiap beberapa jam. Dengan memompa dengan sering, Anda dapat memastikan kebutuhan bayi akan ASI tetap terpenuhi. Agar lebih efisien, Anda bisa memompa kedua payudara secara bersamaan. Cara memompa ASI ini sangat efektif karena dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam satu kali sesi pompa. Sehingga apabila Anda memiliki waktu yang terbatas karena harus bekerja, memompa kedua payudara sekaligus dapat menjadi solusi jitu. Beberapa kantor menyediakan ruang tersendiri untuk memompa ASI. Apabila tidak disediakan, Anda bisa melakukannya di kamar mandi untuk mendapatkan privasi.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id