Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sebelum Menggunakan Tepung Terigu, Ketahui Dulu Hal-hal Ini
#1
Tepung terigu merupakan salah satu bahan dasar makanan yang sangat umum digunakan pada masakan. Anda mungkin sering mengonsumsi tepung jenis ini tanpa Anda sadari. Misalnya ketika Anda makan roti, gorengan, dan lain sebagainya.
Karena sangat umum digunakan pada masakan, Anda mungkin tidak merasa aneh mengonsumsinya. Hanya saja, tepung jenis ini cukup sering menuai kontroversi. 
Beberapa orang menganggap tepung tidak sehat, sementara beberapa lainnya menganggap hal ini bukanlah masalah. Lantas, manakah fakta yang benar?
Mengenal tepung terigu lebih dalam
Tepung terigu, sama seperti tepung gandum atau tepung putih, merupakan jenis tepung yang sangat umum digunakan sebagai bahan utama masakan yang dipanggang, contohnya seperti roti. 
Selain itu, penggunaan tepung ini juga bisa Anda temukan pada produk makanan seperti mie, pasta, dan lain-lain. 
Tepung jenis ini seringkali dianggap berbahaya karena mengandung protein tertentu yang disebut gluten. Gluten dipercaya bisa memicu respon imun yang berbahaya bagi sebagian orang.
Akan tetapi, pada orang-orang yang tidak memiliki masalah dengan gluten, kandungan ini justru bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Karena, kandungan dalam tepung dianggap bisa menjadi sumber antioksidan, vitamin, mineral, dan juga serat. 
Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada tepung? 
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tepung jenis ini sebenarnya juga mengandung banyak sekali nutrisi. Walaupun, penggunaannya juga bisa memberikan efek negatif bagi sebagian orang.
Akan tetapi, secara garis besar, konsumsi tepung jenis ini bisa membantu memberikan asupan nutrisi sebagai berikut: 
  • [font=Calibri, sans-serif]Karbohidrat[/font]
Karbohidrat di satu sisi dianggap sebagai nutrisi yang penting bagi tubuh untuk memberikan energi. Namun, konsumsi karbohidrat yang terlalu berlebihan juga bisa memicu kenaikan berat badan dan penyakit. 
Mungkin, karbohidrat tidak cocok bagi penderita diabetes, karena bisa memicu lonjakan kadar gula darah. Akan tetapi, jika Anda tidak mengalami diabetes, maka konsumsinya cukup aman. 
  • [font=Calibri, sans-serif]Protein[/font]
Protein juga bisa Anda temukan pada tepung terigu. Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh Anda. Secara khusus, kandungan protein ini berasal dari gluten.
Gluten pada tepung berkombinasi dengan karbohidrat dan juga serat. Ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Namun, gluten juga bisa bisa menimbulkan penyakit pada orang-orang yang memiliki intoleransi gluten. 
  • [font=Calibri, sans-serif]Vitamin dan mineral[/font]
Anda juga bisa mendapatkan asupan berbagai macam vitamin dan mineral dari tepung. Beberapa di antaranya meliputi selenium, mangan, fosfor, tembaga, dan folat.
Seluruh nutrisi ini mampu bekerja untuk meningkatkan fungsi organ-organ dalam tubuh Anda. Namun, jumlah atau kadar nutrisi dan mineral bisa saja mengalami penurunan akibat proses pengolahan. 
Senyawa tumbuhan pada tepung terigu
Selain nutrisi-nutrisi yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam terigu juga terdapat sejumlah kandungan senyawa tumbuhan. Senyawa tumbuhan ini juga bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi terigu. 
Berikut ini beberapa macam senyawa tumbuhan yang bisa Anda dapatkan dari terigu: 
  • [font=Calibri, sans-serif]Asam ferulic, berfungsi sebagai sumber antioksidan[/font]
  • Lignan, sebagai antioksidan yang mencegah kanker usus besar
  • Lutein, kandungan antioksidan lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan mata
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi terigu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika mengonsumsinya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tepung terigu juga merupakan produk olahan. Hindari konsumsi yang berlebihan agar tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by