Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sales: Pengertian, Proses Produksi & Manfaat
#1
[Image: Sales-1536x864.jpg]

Sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan dari penjual ke pembeli.

Orang-orang yang melakukannya biasanya terdiri atas satu tim.

Pengertian
Menurut HubSpot, sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas penjualan barang atau jasa.

Lazimnya, setiap perusahaan memang memiliki tim sales yang bertanggung jawab atas penjualan.

Cara Kerja dan Proses Produksi
Secara umum dan terperinci, berikut ini merupakan tugas utama yang dilakukan dari seorang sales yang perlu teman-teman kuasai dengan baik dan benar:

1. Selalu Aktif dalam Mencari Calon Pelanggan
[Image: Selalu-Aktif-dalam-Mencari-Calon-Pelanggan-1024x576.jpg]
Promosikan terhadap masyarakat tentang hasil ciptaan dari perusahaan teman-teman.

Tumbuhkan rasa ingin tahu mereka dengan cara terus menginfokan keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Memantau setiap lokasi di mana para calon pembeli teman-teman berada, entah itu:
  • Komunitas Facebook Group,
  • Instagram,
  • Tiktok,
  • Website,
  • Kaskus,
  • Marketplace,
  • Supermall,
  • Cafe,
  • Webinar,
  • Seminar.
Tentukan berdasarkan wilayah dan sebarkan para sales pada setiap masing-masing tempat tersebut.

2. Menjamin Kepuasan dari Pelanggan
[Image: Menjamin-Kepuasan-dari-Pelanggan-1024x576.jpg]
Tamparan Pribadi

Kepuasan pelanggan bisa terjadi adalah karena adanya manfaat yang telah diberikan dari produk, layanan, ataupun jasa sesuai dari informasi sales ketika sedang berpromosi.

Jelaskan segala hal yang telah menyangkut entah itu produk, jasa atau layanan teman-teman tawarkan kepada pelanggan yang bertujuan adalah calon pelanggan tidak merasa tertipu.

Apabila, salah satu dari unsur setiap barang yang tidak diketahui.

Maka, hal itu akan semakin mengakibatkan terjadinya kerugian.

Sehingga berdampak pada kekecewaan pada calon pelanggan.

Solusi adalah:

Garansi merupakan sebuah trik penting sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerugian yang seringkali diakibatkan oleh adanya kelalaian dari perusahaan.

Jaminkan kualitas terhadap produk, layanan atau jasa teman-teman yang unggul dengan dilengkapi garansi untuk menjaga kepuasan dari para pelanggan.

3. Merekap Data Hasil Penjualan Sales
[Image: Merekap-Data-Hasil-Penjualan-Sales-1024x576.jpg]
Data dari hasil penjualan perlu disusun dengan rapi, mendetail dan secara terperinci.

Hal ini sangat bermanfaat dalam memudahkan pihak tim lain saat menganalisinya.

Evaluasi yang akan dilakukan atas dasar rekapan data tersebut.

Selanjutnya akan digunakan dalam menilai ketepatan strategi sales.

Tamparan Pribadi

Cara berpromosi yang lebih tepat adalah pada saat terjadinya penjualan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Dibutuhkan adanya kerjasama tim yang semakin solid dan lebih loyal agar visi dam misi perusahaan dapat terwujud.

Solusi adalah:

Para sales perlu saling membantu dan tidak diperkenankan untuk saling serang dan memelihara egonya masing-masing.

Prestasi dari para sales tidak tercermin dari berapa banyak jumlah produk yang berhasil dijual oleh setiap masing-masing individu, akan tetapi secara global.

Inilah bentuk dari cara gotong-royong diantara sesama anggota agar dapat meringankan beban dari para sales marketing di dalam sebuah tim.

4. Mencari Mitra Kerja
[Image: Mencari-Mitra-Kerja-1024x576.jpg]
Menggaet pihak lain agar dapat meningkatkan penjualan barang atau layanan adalah salah satu cara dalam mempercepat proses penjualan.

Tamparan Pribadi

Tentunya, teman-teman perlu dengan persetujuan dari pimpinan dan hasil diskusi yang telah dilakukan oleh tim sales sebelumnya.

Kerjasama ini harus menguntungkan bagi kedua belah pihak (Simbiosis Mutualisme).

Mitra sales marketing dapat berasal dari kalangan lembaga keuangan, jasa pengiriman barang dan lain sebagainya.

Bagi hasil keuntungan juga perlu dipikirkan lagi sebelum akan terjun langsung ke lapangan.

Buatlah perjanjian hitam di atas putih (bermaterai) lengkap dengan penandatanganan berkas.

Tetap waspadalah terhadap rekan kerja baru bukan berarti mencurigai.

Akan tetapi, keamanan dari segi finansial perusahaan juga wajib untuk dijaga.

Gaji
[Image: Gaji-1024x576.jpg]
Rata-rata gaji Sales di Indonesia adalah Rp. 48,000,000 per tahun atau Rp. 24,615 per jam.

Gaji awal posisi tersebut dimulai di kisaran Rp. 24,000,000 per tahun untuk pemula.

Sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 81,600,000 per tahun.

Fungsi dan Manfaat Sales dalam Sebuah Instansi
[Image: Fungsi-dan-Manfaat-Sales-dalam-Sebuah-In...24x576.jpg]
Lalu, apa kegunaan dan manfaatnya apabila kita menggunakan sales di sebuah perusahaan?

Berikut ini adalah ada beberapa fungsi sales dalam perusahaan untuk menaikkan penjualan perusahaan atau bisnis kamu, yaitu:

Menawarkan Produk ke Calon Konsumen
Seorang sales perlu bisa meyakinkan manfaat dan kelebihan produk atau layanan teman-teman tawarkan kepada calon pelanggan supaya mereka termotivasi untuk membeli produk dari perusahaan.

Dengan kata lain, seorang sales perlu mampu untuk memasarkan produk atau jasa yang hendak dijual.

Meyakinkan Calon Pelanggan
Sales juga harus bisa meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan dalam memilih produk yang ditawarkan.

Mengarahkan Sasaran
Selanjutnya, sales juga harus mampu untuk mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Fungsi dari tim sales ini juga untuk mengakomodasi dan target customer sambil membantu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan.

Referensi:
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by