Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Rumah Sakit Undaan, RS Mata Berusia 86 Tahun
#1
[Image: rumah-sakit-undaan.jpg]
.
Bagi Anda yang tinggal di daerah Surabaya, pasti sudah tidak asing dengan rumah sakit mata yang satu ini. Rumah Sakit Undaan sudah berusia 85 tahun. Rumah sakit mata ini awalnya bermula dari sebuah klinik yang terletak di Jalan Undaan Kulon Nomor 17 hingga 19, Genteng, Surabaya. 85 tahun memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya, bangunan rumah sakit ini masih terlihat kokoh serta menjadi saksi bisu sejarah. Klinik mata (yang nantinya akan menjadi Rumah Sakit Undaan) didirikan pada tanggal 15 Oktober tahun 1915 dan diprakarsai oleh dr A. Deutman. Pemrakarsaan pendirian klinik mata tersebut ada berkat keprihatinannya akan wabah penyaki mata yang menyerang penduduk sekitar pada waktu itu, yang dapat menular dengan sangat cepat dan menyebabkan kebutaan. Klinik yang dibangun pun tidak besar, dan waktu itu masih menyewa bangunan di dekat lokasi rumah sakit saat ini.
.
Saat itu, penderita penyakit mata kian hari semakin bertambah. Sehingga para dokter Belanda berjuang untuk mendapatkan izin mendirikan sebuah perhimpunan bernama De Soerabiasche Oogheekundige Kliniek. Perhimpunan tersebut diketuai oleh dr J.F. Terburgh dengan seluruh kegiatan pelayanan kesehatan mata dilakukan di rumah kontrakan kecil tersebut. Untuk menampung banyaknya pasien klinik, dibangunlah bangunan baru di sebelah kiri rumah yang disewa. Klinik tersebut menjadi lebih representative dan terus berkembang hingga akhirnya menjadi Rumah Sakit Undaan atas usulan dr. A. Deutman, dr. J.F. Terburgh, dan Egas. Rumah Sakit Undaan pun pertama kali dibuku untuk khalayak umum pada tanggal 29 April 1933. Rumah sakit mata ini memiliki luas sebesar 2400 meter persegi dan berdiri di atas tanah dengan luas 7000 meter persegi. Saat itu, dr. A. Deutman menjadi pimpinan Rumah Sakit Undaan hingga tahun 1942.
.
Sayangnya, pada masa penjajahan Jepang, semua tindakan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Undaan terpaksa dihentikan dikarenakan alasan keamanan. Dan kegiatan layanan kesehatan normal sangat tidak memungkinkan. Rumah Sakit Undaan pun baru kemudian dibuka kembali pada tahun 1946, dan di bawah pimpinan pemimpin baru yaitu dr. IH. Go, seorang dokter berkebangsaan Belanda peranakan Tionghoa. Pada tahun 1950, bantuan dana dari pemerintah dihentikan dan pengelolaan Rumah Sakit Undaan dipindahtangankan ke P4M, yang mana merupakan singkatan dari Perhimpunan Perawatan Penderita Penyakit Mata. P4M adalah sebuah nama baru dari perhimpunan terdahulu. Dr. J. Ten Doesschate datang pada tahun 1947 untuk membantu dr. IH. Go. Dokter Doesschate merupakan seorang dokter perempuan dari Belanda. Sayangnya, dokter Doesschate harus kembali pulang ke Belanda pada tahun 1968. Sehingga sejak saat itu, pengelolaan Rumah Sakit Undaan sepenuhnya berada pada tangan orang-orang Indonesia dengan dr. Moh. Basuki sebagai pemimpinnya saat itu.
.
Meskipun sudah 85 tahun memberikan pelayanan kesehatan di bidang kesehatan mata, bangunan Rumah Sakit Undaan terlihat masih sangat kokoh hingga saat ini. Berkat sejarahnya yang panjang dan manfaatnya bagi kesehatan mata masyarakat Surabaya, pada tahun 2011, Wali Kota Surabaya memutuskan bangunan Rumah Sakit Undaan menjadi sebuah bangunan cagar budaya. Ini artinya, seusai dengan undang-undang dan ketentuannya, bangunan Rumah Sakit Undaan harus dilindungi dan dipelihara dengan baik. Baru-baru ini, Rumah Sakit Undaan meluncurkan logo baru untuk merepresentasikan rumah sakitnya. Logo dengan bentuk huruf ā€œUā€ memiliki arti sebagai bentuk kesigapan dan kesiapan pelayanan kesehatan mata di era industri sekarang ini.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id