Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Risiko Sakit Gigi Akibat Malas Menggosok Gigi
#1
[Image: pilihan-cara-menghilangkan-sakit-gigi-pe...322968.jpg]


Menggosok gigi bagi merupakan salah satu rutinitas yang dianjurkan untuk dilakukan. Namun, sebagian besar mampu menggosok gigi tetapi tidak dapat melakukannya dengan baik dan benar. Sehingga berakibat pada area rongga mulut menjadi tidak bersih. Tentu saja malas menggosok gigi menimbulkan risiko, karena kebersihan rongga mulut tidak terjamin dan  dapat menjadi sarang  bakteri penyebab infeksi. Akibatnya, sakit gigi mudah datang, gusi berdarah, hingga gigi berlubang.
Gangguan pada gigi sebagian besar menimbulkan rasa sakit luar biasa. Permasalahan tersebut bisa muncul akibat malas menggosok gigi. Sebab, jika Anda rajin menggosok gigi minimal setelah makan dan sebelum tidur,  makanan sisa dapat  dibersihkan dan mencegah timbulnya bakteri.
Macam-macam Sakit Gigi
Berikut macam-macam sakit gigi yang sebagian besar disebabkan karena malas menggosok gigi:
Gingivitis
Gingivitis merupakan penyakit yang menyebabkan gusi gigi jadi merah, membesar atau bengkak dan juga berdarah. Penyakit Gingivitis muncul karena adanya peradangan yang disebabkan infeksi bakteri pada area rongga mulut. Tentu saja  malas menggosok gigi  berisiko terhadap penyakit ini.
Gigi Patah
Gigi patah memang tidak Anda rasakan dalam jangka pendek namun dapat  muncul apabila malas menggosok gigi. Akibatnya, sisa makanan menumpuk dan menimbulkan  lubang kecil pada gigi dan terkadang menimbulkan rasa sakit. Ketika ini dibiarkan maka gigi yang berlubang terus bertambah  dan mengakibatkan patah gigi.
Bau Tidak Sedap pada Mulut
Bau mulut menjadi permasalahan gigi yang sering terjadi apabila malas menggosok gigi. Sebab, sisa makanan yang menempel di area gigi dapat membusuk dan memicu bau yang tidak sedap. Jika tidak digosok dalam jangka lama, maka akan memancing kehadiran bakteri dan sakit gigi.
Demensia
Berdasarkan riset yang dilakukan a Laguna Hills retirement community California menyebutka,n jika tingkat kebersihan pada mulut yang rendah bisa menyebabkan demensia. Malas menggosok gigi meningkatkan risiko penyakit demensia sampai dengan 65%. Lalu otak dari para penderita Alzheimer juga terdeteksi lebih banyak bakteri yang ada kaitannya dengan penyakit pada gusi.
Disfungsi Ereksi
Malas membersihkan gigi dapat memicu periodontitis atau dinamakan infeksi gusi yang parah. Jika dibiarkan, maka berdampak menimbulkan disfungsi ereksi, terutama dialami pria berusia di atas 30 tahun.
Pneumonia
Risiko terburuk lainnya bakteri pada gigi bisa ikut masuk ke dalam paru-paru. Kemudian akan menyebabkan Pneumonia yang berdampak pada kesulitan bernafas.
Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat
Pemilihan sikat yang cocok akan menentukan hasil kebersihan dari menggosok gigi dan menghindarkan dari sakit gigi. Berikut cara memilihnya:
Pilih sikat yang berbulu lembut
Sikat dengan gigi lembut bisa mengurangi risiko pada gigi yang sensitif. Jangan lupa juga memilih ukuran kepala sikat yang pas dengan mulut.
Memilih pasta gigi yang efektif
Umumnya pasta gigi yang baik memiliki kandungan fluoride yang bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu, Anda juga disarankan memilih pasta gigi dengan kandungan herbal seperti eucalyptus dan juga fennel. Sehingga memberikan manfaat yang optimal dan menghindarkan Anda dari sakit gigi.
Menjaga kesehatan rongga mulut dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi. Biasakan menggosok gigi dengan baik dan benar agar terhindar dari risiko sakit gigi yang merugikan. Apabila Anda mengalami gejala maupun gangguan pada gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Meskipun tidak sedang sakit gigi, tetap dianjurkan memeriksakan diri setidaknya 6 bulan sekali.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by