Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Review Suzuki Splash City Car Modis Dan Sporty
#1
Suzuki Splash adalah sebuah city car yang mulai diperkenalkan pada tahun 2008 dan dikembangkan bersama antara Suzuki dan Opel. Opel juga memasarkan model ini dengan nama Opel Agila. Mobil ini pernah dipamerkan sebagai mobil konsep tahun 2006 di Paris Motor Show 2006 dan juga di Frankfurt Auto Show 2007.

[Image: suzuki_splash_depan2.jpg]

Suzuki Splash merupakan city car yang diproduksi oleh Suzuki India, dalam hal ini adalah Maruti Suzuki India Limited yang merupakan cabang usaha dari Suzuki Motor Corporation (Jepang). Mobil ini diluncurkan dengan 3 mesin bensin dan 1 mesin diesel. Mesin bensinnya 3 silinder 1.0 liter (K10B), 4 silinder 1.2 liter (K12M) dan 4 silinder 1.25 liter (K12B). Mesin dieselnya adalah 4 silinder 1.3 liter (D13A). Model yang beredar di Indonesia adalah Splash mesin bensin 4 silinder 1.2 liter dengan kode mesin K12M, diimpor secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari India. Terdiri dari 2 tipe yaitu tipe G (standar) dan GL (paling lengkap).

[Image: suzuki_splash_sisi.jpg]

Suzuki Splash diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2010 dengan dua trim, yaitu tipe standar dan GL. Tipe GL lebih mewah karena sudah dilengkapi dengan velg 15 inci. Nama Splash sendiri dikhususkan untuk pasar Indonesia. Sedangkan di India mobil ini dinamakan Suzuki Ritz. Hatchback kompak ini mengakhiri masa peredaran di Indonesianya pada akhir bulan Juni 2016.

[Image: suzuki_splash_blk.jpg]

Eksterior 

Desain eksterior Suzuki Splash ini sudah cukup modern serta memiliki kesan yang futuristik karena ukurannya yang kecil. Penampilan luar Suzuki Splash ini bisa dikatakan sudah cukup modern dan tidak terlalu ketinggalan zaman untuk jenis mobil yang keluar pada 12 tahun yang lalu. Namun untuk fitur eksterior Suzuki Splash ini bisa dikatakan masih sangat standar, dimana fitur eksterior yang disematkan kedalam mobil Suzuki Splash ini diantaranya ialah fog lamp atau lampu kabut dan high mount stop lamp.

Desain bagian belakang dari Suzuki ini lebih menarik karena bentuknya yang unik. Bodi kit rear spoiler dengan penambahan stop lamp di bagian tengah justru membuat cita rasa mobil sport hadir di mobil perkotaan ini. Lampu belakang dengan ukuran besar dikemas dalam satu reflektor.

Interior 

Fitur interior Suzuki Splash cukup lengkap, dimana sudah dilengkapi dengan sistem audio 1DIN yang sudah terhubung dengan beberapa tombol pada bagian kemudi. Menjadikan pengemudi dapat mengatur keluaran audio dengan lebih mudah. Selain itu, terdapat pula fitur AC yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara. Ditambah lagi mobil suzuki ini juga telah dilengkapi dengan adanya power window, sehingga para pengguna dapat membuka dan menutup kaca jendela pintu dengan lebih mudah dan senang.

[Image: suzuki_splash_interior-dashboard.jpg]

Yang membuatnya unik adalah desain tachometer yang terpisah dari cluster spidometer. Tachometer yang terpisah ini membuatnya terlihat sporty. Tidak hanya sampai situ, Suzuki mungil ini juga dilengkapi dengan fitur headlamp levelling di bagian instrument-nya. Fitur ini berguna untuk mengatur ketinggian sorot lampu yang bisa dioperasikan dari dalam kabin. Tidak tanggung-tanggung, Splash menyediakan lima pengaturan sorot lampu. Jadi pasti sangat membantu ketika melintasi wilayah yang sangat minim cahaya.

Interior Suzuki Splash memiliki headroom yang sangat lega. Keunggulan ini juga mendatangkan benefit lainnya yaitu bisa memuat barang barang lebih ekstra, apalagi ketika bangku belakang dilipat. Maka makin lega saja kapasitasnya. Bagasi luas ini mengingatkan kita akan saudara tuanya, yaitu Suzuki Karimun ‘kotak’.

Mesin

Splash sudah dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.200 cc yang dilengkapi dengan multi point injection. Karakter mesin ini mempunyai limpahan torsi yang besar di putaran bawah. Karena diperuntukkkan sebagai mobil city car, maka mobil ini cenderung mempunyai konsumsi bahan bakar yang irit. Tenaganya pun lebih terasa di putaran bawah dibandingkan putaran atas.

Bahkan untuk transmisi otomatis sekalipun, mobil ini masih terasa sangat gesit. Tidak banyak perbedaan performa dari versi transmisi manual. Namun tentu saja versi transmisi otomatis tidak bisa seresponsif transmisi manual. Namun transmisi otomatis 4-percepatan miliknya masih sangat bisa diandalkan untuk menjadi transportasi sehari-hari.

Harga bekas

Harga bekas dari Suzuki Splash Tahun 2010-2016 pada daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi kini sudah sangat terjangkau yaitu berada pada rentang harga Rp 55 juta hingga Rp 90 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Splash

Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash. Saat ini keluaran terbaru dari Suzuki Splash sudah tidak ada, tapi konsumen masih bisa mendapatkannya dengan membeli versi bekas. Nah, bagi Anda yang tengah mencari Suzuki Splash untuk kendaraan harian, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Splash sebelum meminangnya.

Kelebihan Suzuki Splash
- Dimensi kecil praktis untuk perkotaan
- Perawatan mudah
- Model desain unik
- Perfoma mesin responsif
- Ruang kabin lapang
- Ground clearance cukup tinggi
- Konsumsi BBM irit

Kekurangan Suzuki Splash
- Jok Kursi Kurang Empuk
- Minim fitur
- Desain belakang bukan selera semua orang
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by