Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Ragam Bahan Alami yang Bisa Lawan Karang Gigi
#1
Kebersihan mulut dan gigi menjadi salah satu komponen kesehatan manusia. Pasalnya, mulut menjadi "pintu" hampir segala hal ke dalam tubuh manusia. Mulut pun menjadi rawan akan beragam serangan. Mulai dari bakteri, virus, atau apa pun. Salah satu kendala yg mungkin terjadi di mulut adalah karang gigi.

Karang gigi adalah endapan bakteri yang bertekstur keras dan membandel. Karang gigi terbentuk saat plak gigi bercampur dengan mineral dari air liur, yang kemudian mengeras. Plak gigi sendiri merupakan lapisan yang terbentuk pada gigi sebagai campuran dari bakteri, protein, dan sisa makanan.

Jika kebersihan mulut tidak dijaga, plak yang menumpuk akan mengeras dan membentuk karang gigi. Walaupun terlihat tidak berbahaya, karang gigi dapat mengakibatkan penyakit radang gusi hingga karies.

Kendati karang gigi tidak dapat dibersihkan sendiri karena strukturnya yang keras dan menempel pada gigi. Akan tetapi beberapa kalangan bahwa karang gigi bisa ditangkal dengan beragam bahan alami. Adapun berikut adalah bahan-bahan alami yang diyakini mampu menghindari Anda dari karang gigi:

Cairan Lemon

Asam pada jus lemon mampu membantu menghancurkan plak dan memutihkan gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon. Kemudian sikat gigi secara perlahan dan biarkan selama 1 menit sebelum membilasnya. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena dapat menimbulkan erosi pada gigi.
Daun Sirih
Daun sirih dapat kamu gunakan untuk membersihkan karang gigi. Selain membersihkan karang gigi, daun sirih juga bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya dengan menumbuk selembar daun sirih dengan menambahkan 1 batang cengkeh, jangan tumbuk terlalu halus supaya masih bisa untuk kamu kunyah.
Strawberry dan Tomat
Baik strawberry maupun tomat merupakan sumber vitamin C, yang mana antioksidan ini baik untuk kesehatan rongga mulut. Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi.
Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda untuk menghapus plak, sehingga gigi bisa tampil lebih putih.
Arang (Karbon)
Sebelum pasta gigi diproduksi, karbon aktif kerap digunakan masyarakat kuno untuk membersihkan gigi. Anda tinggal mencampurkan 1/3 cangkir bubuk arang dengan 2/3 cangkir minyak kelapa mentah, organik, yang tidak disuling. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint, lalu campur hingga terbentuk pasta. Gunakan itu untuk menyikat gigi.
Kulit Jeruk
Kulit jeruk ternyata ampuh dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri. Untuk penggunaanya, cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau kamu bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.
Cuka Putih
Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya masih dengan memanfaatkan bumbu dapur, yakni cuka putih. Cuka putih diketahui memiliki kandungan asam cukup tinggi yang bisa berperan dalam menghilangkan plak dan mencegah kerusakan enamel gigi. Caranya, larutkan 1 - 2 sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air ruam-ruam kuku, kemudian tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur sekali dalam sehari.
Lidah Buaya
Selama ini lidah buaya dikenal baik untuk kesehatan rambut. Namun, ternyata lidah buaya juga diyakini mampu menghilangkan karang di gigi.
Ambil secangkir air, tambahkan setengah cangkir baking soda, satu sendok teh gel lidah buaya, sepuluh tetes minyak lemon, dan empat sendok teh gliserin sayuran. Lalu aduk di dalam wadah. Gunakan ramuan itu untuk menggosok gigi setiap hari untuk menghilangkan karang.
Baking Soda
Baking soda juga bisa membersihkan plak dan karang di gigi lantaran zat yang terkandung di dalamnya. Baking soda ampuh untuk menetralisir asam di dalam mulut sehingga bakteri berbahaya bisa berkurang.
Caranya, taruh sedikit baking soda di sikat gigi lalu sikat secara perlahan di bagian yang penuh plak atau karang.
Nah, itulah kira-kira bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi karang gigi. Namun, jangan gantungkan sepenuhnya pengobatan atau upaya membersihkan karang gigi kepada bahan-bahan di atas. Pasalnya, cara paling efektif mengangkat karang gigi tetaplah dengan melalui prosedur scalling di dokter gigi

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise