Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Punya Faktor Risiko Stroke? Tanya Dokter Saraf Segera
#1
[Image: tanya-dokter-saraf.jpg]

Stroke terjadi ketika aliran darah tersumbat di salah satu bagian otak. Sel-sel otak kemudian akan kekurangan oksigen dan mulai mati. Saat sel otak mati, seseorang akan mengalami kelemahan atau kelumpuhan, dan kehilangan kemampuan untuk berbicara dan berjalan. Di Amerika Serikat, stroke terjadi setiap 40 detik, dan merupakan penyebab utama cacat. Proses penyembuhan stroke dapat memakan waktu yang lama, dan tidak dapat ditebak hasilnya, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memahami faktor risiko stroke dan bagaimana cara mencegah stroke agar tidak terjadi. Tanya dokter saraf apabila Anda menderita gejala stroke yang mengkhawatirkan.

Beberapa faktor risiko dapat membuat Anda menjadi lebih rentan dalam menderita stroke. Menurut Institu Jantung, Paru, dan Darah Nasional, semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin tinggi kemungkinan Anda untuk menderita stroke. Sehingga, penting untuk tanya dokter saraf apabila Anda termasuk ke dalam golongan risiko tinggi. Adapun beberapa faktor risiko tersebut adalah:
  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang sehat dan normal adalah kurang dari 120/88 mm Hg. Tekanan darah tinggi, juga dikenal dengan sebutan hipertensi, adalah sebuah kondisi ketika darah mengalir melalui pembuluh darah dalam tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan normal. Karena tekanan darah tinggi sering tidak menunjukkan gejala apapun, beberapa orang hidup dengan kondisi ini tanpa mengetahuinya. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke karena merusak pembuluh darah dengan perlahan dan memicu terbentuknya gumpalan di pembuluh darah di otak. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan serangan jantung, karena jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Kolesterol tinggi

Tidak hanya Anda perlu memeriksakan tekanan darah secara teratur, Anda juga perlu terus memantau level kolesterol darah. Terlalu banyak kolesterol di aliran darah dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, yang dapat memicu terbentuknya gumpalan darah. Guna menjaga level kolesterol yang sehat, makan makanan yang baik untuk jantung seperti buah dan sayur, dan makanan yang rendah garam dan lemak. Penting bagi Anda untuk berolahraga dengan teratur.
  • Merokok

Merokok adalah faktor risiko lain dari stroke. Rokok mengandung zat kimia beracun berbahaya, seperti karbon monoksida, yang dapat merusak sistem kardiovaskular dan meningkatkan tekanan darah. Merokok juga dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Timbunan plak tersebut dapat memicu terjadinya gumpalan darah, yang akhirnya mengurangi aliran darah ke otak.
  • Diabetes

Orang-orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki risiko tinggi dalam menderita stroke. Tidak ada obat untuk diabetes, namun dengan obat-obatan dan diet yang baik, Anda dapat menjaga level gula darah yang sehat. Hal ini dapat mengurangi komplikasi medis berbahaya seperti serangan jantung, stroke, kerusakan organ tubuh, dan kerusakan saraf.
  • Penyakit lain

Memiliki penyakit lain meningkatkan risiko Anda untuk menderita stroke. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah penyakit arteri perifer (PAD) yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak di dinding arteri, penyakit jantung, penyakit sel sabit, dan memiliki riwayat pribadi menderita mini-stroke.

Stroke dapat membuat seseorang lumpuh, cacat, dan bahkan mengancam nyawa. Apabila Anda mencurigai diri Anda sendiri atau orang lain menderita stroke, hubungi layanan kegawatdaruratan dan tanya dokter saraf seputar kesehatan Anda. Perawatan yang cepat merupakan kunci utama potensi kesembuhan. Semakin lama otak tidak menerima aliran darah yang cukup, semakin merusak efek yang dibawa oleh stroke.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by