Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Psikologi warna dalam pemasaran
#1
Buat kalian para pengusaha yang masih merintis simak nih Tips pentingnya warna dalam pemasaran, baik dalam pemasaran produk atau membuat brand.

Pelanggan membentuk opini tentang produk dan layanan Anda dalam hitungan detik ( 90, tepatnya ). Tetapi yang mengejutkan adalah sebagian besar kesimpulan ini dipenuhi oleh sesuatu yang sepenuhnya di luar kesadaran sadar konsumen: respons mereka terhadap warna.
Raksasa makanan Heinz menemukan kekuatan memilih warna yang tepat dalam pemasaran ketika mereka membuat saus tomat EZ Squirt yang ramah anak-anak dalam bayam hijau. Kelihatannya gila, tapi itu menjadi hit instan dan menyebabkan seluruh pelangi warna saus tomat - dan akhirnya, 25 juta unit terjual . Seperti kebanyakan mode, yang ini memudar setelah booming awal, dan dihentikan pada tahun 2006 (dengan pengecualian pembotolan St Patrick's Day secara acak). Tapi itu menguntungkan saat itu berlangsung.

[Image: color-in-marketing.png.png]

Warna dan Pemasaran: Panduan Cepat
Jadi, jika warna adalah alat pemasaran yang efektif, bagaimana pemasar B2B dapat memanfaatkan alat ini untuk mendorong hasil yang lebih baik?
Baik itu dalam mendesain ulang situs web, materi tambahan, atau upaya pemasaran lainnya, warna dapat membantu meningkatkan hasil Anda. Tetapi untuk memaksimalkan usaha Anda, Anda harus mengetahui target audiens Anda dengan baik (sebagian besar pemasar), termasuk apa yang mereka cari dari Anda, dan Anda harus memahami bagaimana warna mendorong emosi. Berikut ini panduan cepat untuk memilih warna dengan tujuan yang lebih besar.

Warna-warna primer
Secara teori, setiap warna pelangi dapat dibuat dengan mencampur tiga warna utama: biru, merah, dan kuning. (Baca tentang bagaimana terobosan Isaac Newton mengatur panggung untuk pemahaman warna hari ini.) Setiap warna memiliki seluruh emosi yang dapat diprovokasi, tergantung pada penggunaan dan konteksnya, tetapi ada unsur emosi yang terkait dengan masing-masing warna.

[Image: primary-color-wheel.png.png]

Biru
Apa artinya. Biru digunakan oleh merek untuk mengkomunikasikan kepercayaan, kekuatan, keterbukaan, ketergantungan, ketenangan, dan kepercayaan diri.

Merek yang menggunakannya. Bersama dengan perusahaan keuangan, merek media sosial utama - Facebook, Twitter, dan LinkedIn - menggunakan warna biru untuk membangun kepercayaan dan keterbukaan. Facebook adalah "memberi orang kekuatan untuk berbagi dan membuat dunia lebih terbuka dan terhubung." Twitter adalah "memberi semua orang kekuatan untuk membuat dan berbagi ide dan informasi secara instan, tanpa hambatan." Dan LinkedIn bekerja "untuk menghubungkan para profesional dunia ke membuat mereka lebih produktif dan sukses. ”

[Image: LinkedIn-1.png-1.png]

Merek teknologi utama seperti HP, Intel, Dell dan PayPal juga memanfaatkan warna ini untuk mengkomunikasikan keandalan dan kepercayaan.

Merah
Apa artinya. Merah adalah warna yang kuat, membangkitkan banyak emosi, termasuk kekuatan, kegembiraan, dan rasa urgensi. Beberapa ahli mengatakan itu memancing rasa lapar, yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa itu digunakan oleh restoran berantai seperti KFC dan Wendy's. Begini cara Wendy menggunakan warna merah di umpan Twitter mereka:

[Image: wendys-twitter-feed.png.png]

Merek lain yang menggunakannya. Banyak merek B2C besar seperti Target, Netflix, dan Levi menggunakan warna merah dalam merek mereka.
Pinterest menggunakan warna merah, seperti halnya BBC , dan Minggu Pemasaran.

[Image: BBC-World-Service.png.png]

Kuning
Apa artinya. Kuning mengkomunikasikan optimisme dan kejelasan. Seperti Business Insider menjelaskan, "Merek menggunakan warna kuning untuk menunjukkan bahwa mereka menyenangkan dan ramah." Mata manusia memproses kuning terlebih dahulu, yang menjelaskan mengapa itu digunakan untuk tanda peringatan dan kendaraan penyelamat darurat.

Merek yang menggunakannya. 
IKEA adalah salah satu dari banyak merek yang menggunakan warna kuning untuk menarik dan melibatkan pelanggan. Saat memasuki toko, Anda bertemu dengan warna-warna cerah, ruang terbuka, dan perasaan bahwa Anda ada di sana untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan (kecuali jika Anda kewalahan oleh ukuran toko yang besar!).
Kuning juga digunakan untuk rambu-rambu jalan, sinyal peringatan lalu lintas, dan tanda-tanda lantai basah. Lengkungan McDonald's berwarna keemasan, dan warna cerah menangkap perhatian para pelancong jalan raya. Shell Oil, imdb.com, Pennzoil, Ferrari, Batman, dan Caterpillar dengan bangga menyatakan diri mereka kuning.

[Image: CAT.png.png]

Warna sekunder
Sebuah warna sekunder adalah warna yang dibuat dengan mencampur dua warna primer.

[Image: Secondary-color-wheel.png.png]

hijau
Apa artinya. Hijau memicu perasaan pertumbuhan, kedamaian, dan alam.
Merek yang menggunakannya. Starbucks memanfaatkan warna ini (putri duyung di tengah logo perusahaan itu berwarna hijau sejak 1986). Di situs web perusahaan, Anda dapat melihat bahwa mereka mengkomunikasikan pesan perdamaian melalui warna ketika mengatakan "Kami didorong oleh kinerja, melalui lensa kemanusiaan."
Animal Planet adalah merek lain yang memilih warna hijau. Cukup periksa sampul buku merek mereka:

[Image: Animal-planet.png.png]

Mereka menggunakan warna hijau untuk menyampaikan pesan yang berfokus pada alam, kedamaian, dan sinergi - persis emosi yang ingin mereka bangkitkan dalam pengunjung situs web.

Orange
Apa artinya. Orange mengatakan bahwa produk dan layanan Anda riang, menyenangkan, dan menyenangkan. Tetapi gunakan oranye dengan hati-hati; Kelemahannya termasuk menyarankan kurangnya nilai-nilai intelektual yang serius dan selera buruk. Misalnya, untuk penyedia keuangan, oranye dapat mengomunikasikan bahwa pelanggan tidak boleh menganggapnya serius (yang mungkin mengapa begitu banyak orang memilih warna biru - yang mengatakan ketergantungan dan kepercayaan sebagai gantinya).
Merek yang menggunakannya. Jaringan televisi Nickelodeon berhasil memanfaatkan warna oranye. Perusahaan misi adalah untuk menghibur anak-anak.
Harley Davidson berhasil menggabungkan permainan dan kehati-hatian dalam satu produk, dan logo:

[Image: harley-davidson.png.png]

Amazon menggunakan beberapa warna oranye sebagai aksen; satu sebagai bagian dari logo mereka, yang lain sebagai bagian dari palet web mereka. Mereka ingin "membangun tempat di mana orang dapat datang untuk menemukan dan menemukan apa pun yang mungkin ingin mereka beli secara online." Ini hidup sampai janji oranye; setelah semua, siapa yang tidak berpikir menemukan apa pun yang Anda inginkan itu menyenangkan? Perhatikan bahwa bahasa "Coba Perdana" di bawah logo berwarna biru tepercaya.

[Image: amazon.png.png]

Ungu
Apa artinya. Secara historis, warna ungu dikaitkan dengan royalti dan kekayaan, dan juga dengan kesucian (misalnya, jubah agama) dan keberanian (Purple Hearts). Warna ini juga mengkomunikasikan kreativitas dan kebijaksanaan, dan memicu emosi yang terkait dengan kualitas, kekayaan, kemewahan, dan dekadensi.
Merek yang menggunakannya. Hallmark menggunakan warna ungu untuk membangkitkan perasaan berkualitas dalam produk mereka. Anda dapat melihat ini di logo mereka, yang menampilkan mahkota.

[Image: Hallmark.png.png]

Sebaliknya, Yahoo menggunakan ungu untuk mengkomunikasikan kreativitas. Anda dapat melihat ini ketika mereka mengatakan "Yahoo adalah panduan asli ke Internet, menghubungkan pengguna dengan minat mereka dan membantu mereka untuk menemukan misteri dan janji World Wide Web."

[Image: yahoo.png.png]

Warna lainnya
Warna merah muda bukan warna primer atau sekunder, tetapi warna merah yang mengemas pukulan branding yang sangat bertarget.
Apa artinya. Dalam budaya Barat, pink terikat pada konsep feminitas. Ini biasanya digunakan ketika merek ingin menunjukkan cinta, pengasuhan, atau kepedulian. Menurut fatrabbit , "warna merah jambu yang cerah dan hangat, seperti fuchsia atau magenta yang hidup, muda dan mendorong rasa percaya diri ... sementara pink yang tenang ramah dan mewakili hari-hari bebas dari masa kanak-kanak."
Merek yang menggunakannya. Susan G. Komen Foundation menggunakan warna merah muda (paling terkenal di pita merah muda) untuk kampanye kesadaran kanker payudara.

[Image: Susen-G-Komen.png.png]

Retailer Victoria's Secret juga menggunakan warna ini; mereka bahkan meluncurkan merek khusus berjudul "PINK."

[Image: PINK.png.png]

Hitam bukan hanya untuk penjahat; itu otoritas dan kekuatan juga, dan itu bisa menjadi singkatan untuk kecanggihan. Gunakan secara strategis dan hemat, karena terlalu banyak warna hitam dapat menjadi negatif dan menindas.
Proyek putih kejelasan, kebersihan, kepolosan, kemurnian, dan kesegaran. Ruang putih selalu merupakan hal yang baik; ini membuka area dan menambahkan ruang bernafas ke gambar yang ramai. Ini juga bagus untuk kontras. Bahkan, beberapa merek paling populer di dunia (Google!) Menggunakan warna putih untuk menciptakan lebih banyak ruang dan menonjol.
World Wildlife Foundation, logo panda hitam-putih adalah contoh penggunaan warna hitam yang sangat tepat.

[Image: World-Wildlife-Foundation.png.png]

Motif hitam dan putih yang mencolok bisa sangat menarik.

Tips untuk Menggunakan Warna untuk Hasil Yang Lebih Besar
Pertimbangkan audiens target Anda. Panduan warna di atas adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi secara alami, ada banyak variabel yang berbeda, termasuk jenis kelamin, yang memainkan peran penting. Misalnya, secara umum, wanita tidak suka abu - abu, oranye, dan coklat dan sebaliknya menyukai warna biru, ungu, dan hijau.
Pria memiliki banyak preferensi yang sama, tetapi lebih memilih hitam ke ungu. Juga, warna tidak universal ketika menyangkut geografi. Baca ini posting blog Shutterstock untuk primer tentang bagaimana warna digunakan di seluruh dunia.
Keep it simple. Saat menggunakan warna untuk membangkitkan emosi, buatlah tetap sederhana dengan menggunakan satu warna yang mencolok dan mengimbangi dengan warna netral. Menggunakan lebih sedikit warna untuk menghindari terlalu banyak emosi sekaligus.
Gunakan kontras. Pilih warna gelap dan bedakan dengan warna terang. Atau pilih warna pelengkap, yang saling berhadapan langsung di roda warna; ungu dan kuning, misalnya.
Pilih warna-warna cerah untuk ajakan bertindak. Warna-warna cerah - merah, hijau, oranye, kuning - mendukung tingkat konversi yang lebih tinggi . Sangat mudah untuk memanfaatkan tip ini, dan mudah untuk menguji mana yang akan memberikan hasil terbaik.

Uji, Ukur, Sesuaikan
Menggunakakan warna bukanlah ilmu pasti. kuncinya adalah menguji, mengukur, dan menyesuaikan upaya anda. Ketika anda terus melakukan ini, anda akan menentukan warna mana yang menerjemahkan ke kesuksesan dan menangkap sebagian besar prospek dan hasil untuk merek anda.

Source : https://www.business2community.com/brand...g-01579544
Distributor resmi sedia Mesin printin kain | Textile | Sublimation juga Tinta
Reply


Messages In This Thread
Psikologi warna dalam pemasaran - by Ryan - 16 August 2018, 02:16 PM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by