Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Proses Pembentukan Batu Berlian
Penjelasan bagaimana pembentukan batu berlian
#1
Proses Pembentukan Batu Berlian - Apa yang Anda pikirkan bila mendengar tentang batu berlian? tentu benda yang satu ini sangat erat kaitannya dengan perhiasan. Namun selain berguna sebagai perhiasan, batu berlian juga menjadi mineral alami paling kuat dan keras yang ada di bumi.

[Image: berlian-sekeras-apa-03-02-2016-10-34-17.jpg]

Bagaimana tidak, batu berlian mempunyai nilai kekerasan 10 skala mohs pada hardness tester yang berarti skala tertinggi yang dapat diukur alat tersebut. Akan tetapi pada beberapa industri banyak menggunakan berlian sebagai alat pemotong, penghalus dan sebagai lapisan pelindung resisten.

Berlian sendiri merupakan mineral yang tersusun dari atom karbon yang terbentuk sekitar 180 kilometer di bawah perut bumi. Unsur karbon ini juga menjadi unsur penyusun tubuh manusia sekitar 18%, selain itu udara yang kita hirup juga mengandung unsur karbon.

Sampai saat ini para ilmuan belum tahu secara pasti bagaimana berlian asli terbentuk, hal ini karena kedalamannya yang sangat dalam. Namun diyakini bahwa tekanan dan suhu yang sangat tinggi tersebut yang membuat unsur karbon terbentuk menjadi berlian.

Peristiwa pembentukan berlian ini diduga terjadi milyaran tahun lalu ketika awal pembentukan bumi dimana pada saat itu bumi masih panas. Kemudian berlian ini keluar bersamaan dengan magma yang naik ke permukaan, kemudian dalam waktu yang relatif singkat magma tadi membeku di permukaan dan menimbun berlian di dalamnya.

Hal inilah yang diyakini membuat batu berlian menjadi mineral alami yang paling keras yang ada di bumi. Akan tetapi disini ditegaskan kembali bahwa pembentukan berlian secara alami tadi hanyalah sebuah teori. Hal ini karena pada prakteknya hal tersebut tidak dapat diobservasi secara langsung dimana pada kedalaman tersebut kita belum mempunyai teknologi yang mampu kesana atau mengirim peneliti kesana.

Dengan segala keunikannya tersebut bahkan batu berlian sering diartikan sebagai batu keabadian karena batu berlian sudah ada jauh sebelum makhluk hidup itu ada dan akan tetap ada bahkan setelah kita punah.

Dengan keunikannya tadi membuat banyak ilmuan yang mengembangkan proses pembuatan berlian sintesis, disini mereka memanfaatkan suhu tinggi - tekanan tinggi (HPHT / High Pressure High Temperature) berdasarkan proses pembentukan alaminya. Cara pembentukan berlian yang kedua dibentuk dengan deposisi uap kimia (CVD / Chemical Vapor Deposition).

Akan tetapi berlian sintesis ini tetaplah tidak sama atau menyaingi berlian asli yang mana hingga saat ini berlian masih menjadi material paling keras di bumi. Mungkin kedepannya para ilmuan akan menemukan material lain yang dapat menyaingi berlian.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise