Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pneumoconiosis Seperti Bisinosis dan Asbestosis Disebabkan Oleh Lingkungan
#1
[Image: bisinosis.jpg]


Pneumoconiosis merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh partikel debu tertentu yang banyak ditemukan di lingkungan kerja. Gejala pneumoconiosis meliputi kesulitan bernapas dan batuk. Pneumoconiosis dapat terjadi ketika seseorang menghirup partikel debu seperti asbes dan katun. Pneumoconiosis yang disebabkan oleh asbes disebut dengan asbestosis, dan yang disebabkan oleh debu katun atau teskstil di sebut dengan nama bisinosis. Apabila kedua partikel tersebut masuk ke saluran udara dan kantung udara di paru-paru, keduanya dapat menyebabkan peradangan karena tubuh akan mencoba melawan zat asing tersebut.

Partikel debu penyebab asbestosis, bisinosis, dan pneumoconiosis lainnya umumnya ditemukan di tempat kerja, sehingga kondisi ini disebut dengan nama penyakit paru okupasi. Meskipun pneumoconiosis bukanlah sebuah kondisi yang dapat diobati, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Gejala pneumoconiosis dan diagnosa
Pneumoconiosis dapat membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang, karena debu menumpuk dengan perlahan dan memerlukan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya menyebabkan reaksi di paru-paru. Ini berarti, gejala pneumoconiosis tidak akan muncul dengan segera setelah partikel debu masuk ke dalam paru-paru. Adapun gejala kunci pneumoconiosis di antaranya adalah kesulitan bernapas atau sesak napas, batuk (dan dapat memproduksi lendir), dan rasa sesak di dada.

Gejala ini mirip dengan demam atau infeksi dada. Akan tetapi, gejala akan terus muncul dan dapat mengindikasikan adanya pneumoconiosis apabila seseorang memiliki gejala tersebut saat bekerja di lingkungan dengan banyak partikel debu berbahaya. Apabila luka di paru-paru parah, oksigen akan kesulitan masuk ke dalam aliran darah. Level oksigen yang rendah di dalam darah dapat menyebabkan masalah pada organ tubuh lain, seperti jantung dan paru-paru.
Apabila seseorang memiliki gejala pneumoconiosis, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan bertanya seputar riwayat medis yang dimiliki, termasuk apakah Anda bekerja di lingkungan yang rawan paparan partikel debu. Pemeriksaan yang lebih detail juga dapat dilakukan oleh dokter ahli paru-paru. Pemindaian sinar-X atau CT dapat menunjukkan adanya peradangan, cairan berlebih, atau luka di paru-paru. Tes juga dapat dilakukan untuk memeriksa seberapa banyak oksigen yang sampai ke darah dari paru-paru. Biospsi juga dapat dilakukan guna memastikan kondisi Anda tidak disebabkan oleh gejala lain.

Hidup dengan pneumoconiosis
Saat ini tidak ada obat untuk pneumoconiosis, sehingga perawatan untuk bisinosis ataupun asbestosis bertujuan dalam mengontrol gejala dan mencegah penyakit menjadi lebih parah. Sangat penting bagi Anda untuk merawat kesehatan jantung dan paru-paru dengan menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, mendapatkan cukup tidur, dan berolahraga dengan teratur. Program rehabilitasi paru dapat menawarkan saran dan kelas latihan untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Mendapatkan vaksin flu tahunan, menggunakan inhaler, dan terapi oksigen dapat membantu paru-paru tetap sehat dan berfungsi dengan sebaik mungkin. Pastikan Anda mendapatkan checkup dengan rutin untuk membantu mengatasi penyakit dan agar dokter tahu apabila ada tanda-tanda perkembangan pneumoconiosis.

Memiliki gangguan kesulitan bernapas dapat membuat seseorang merasa stres dan cemas, sehingga dukungan kesehatan mental dapat dibutuhkan, terutama mereka yang menderita pneumoconiosis. Pneumoconiosis dapat menyebabkan komplikasi, termasuk kegagalan sistem pernapasan, tuberculosis (TBC), dan gagal jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita pneumoconiosis, baik bisinosis atau asbestosis, juga memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke, sehingga sangat penting bagi Anda untuk tahu tanda-tanda stroke dan konsultasi dengan tenaga medis profesional apabila memiliki kekhawatiran akan kesehatan.
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by