Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Pilihan Minuman Buka Puasa Sehat yang Menyegarkan
#1
Minuman buka puasa menjadi salah satu hal yang tidak boleh tertinggal ketika mempersiapkan hidangan berbuka. Pasalnya, selama berpuasa tubuh rawan kekurangan cairan dan minuman buka puasa diharapkan dapat mengganti cairan tersebut, sekaligus mengembalikan kesegaran.

Bagaimana pun, memilih minuman buka puasa tidak boleh sembarangan. Idealnya, minuman buka puasa tidak hanya menghilangkan haus saat berbuka, namun juga menyehatkan tubuh. Minuman apa saja yang dapat Anda pilih? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Smoothies buah

Serupa dengan jus, namun smoothies dibuat dengan campuran susu atau yoghurt. Anda dapat membuat smoothies buah dari kombinasi buah-buahan, seperti kiwi, pepaya, alpukat, mangga, dan pisang. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan vitamin C dan juga kalium, folat, serta mangan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kadar gula darah selama berpuasa.

Selain itu, buah-buahan seperti ceri, aprikot, peach, dan plum juga dapat dijadikan rekomendasi untuk membuat smoothies. Buah-buah tersebut mengandung beta karoten, kalium, dan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama berpuasa.

2. Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman buka puasa favorit banyak orang. Pasalnya, minuman ini banyak dijajakan oleh para pedagang dan mudah ditemui di mana saja.

Manfaat dari air kelapa itu sendiri adalah dapat menghidrasi tubuh dan mengembalikan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Elektrolit adalah mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Nutrisi lain yang ada dalam air kelapa, yaitu vitamin C, magnesium, mangan, natrium, kalsium, dan serat.

3. Jus buah

Jus buah-buahan dapat menjadi pilihan minuman buka puasa. Pilihlah buah dengan kandungan air yang banyak, seperti melon atau semangka. Selain itu, jus alpukat dan pisang juga dapat menjadi pilihan, karena tidak kalah bermanfaatnya dibanding melon dan semangka. Jus alpukat dan pisang bermanfaat, karena mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Sebagai catatan tambahan, jangan terlalu banyak menambahkan gula pada jus buah Anda agar kadar gula darah tidak secara tiba-tiba meningkat. Anda bisa menambahkan madu atau gula rendah kalori sebagai alternatif.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu asupan yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan mengonsumsi yoghurt saat berbuka, proses pencernaan makanan dan minuman setelah dapat mudah diterima oleh tubuh.

Manfaat yoghurt untuk dikonsumsi, yaitu dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, yoghurt juga kaya akan bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan.

5. Air putih

Keseluruhan minuman berasa tersebut tetap harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup. Pasalnya, air putih memiliki banyak manfaat yang tidak dapat tergantikan, seperti:

● Menjaga kesehatan ginjal
● Menyehatkan kulit
● Mengendalikan kalori dalam tubuh
● Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
● Menjaga fungsi usus

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id