Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kambing Etawa Provit
#1
[Image: tak-kalah-dengan-susu-sapi-ini-manfaat-s...084814.jpg]
Apa yang diberikan susu kambing kepada Anda yang tidak diberikan oleh susu sapi? Di Berbagai dunia susu kambing lebih banyak disukai dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan di Indonesia seperti, susu kambing etawa provit semakin populer. Susu kambing dipercaya lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi dibandingkan susu sapi. Apakah itu pantas mendapatkan reputasi ini? Mari kita bongkar susu kambing, nutrisi demi nutrisi, untuk melihat perbandingannya dengan susu sapi.

Perbedaan rasa
Dalam dunia susu mentah dan susu kultur, susu kambing dan sapi segar pada dasarnya memiliki rasa yang sama karena komposisinya yang mirip, atau bisa jadi sangat berbeda. Hal ini dapat bergantung pada pengolahan dan penanganan susu yang tepat serta makanan hewan. Rasa dari susu kambing sedikit lebih manis dibandingkan dengan susu sapi banyak orang yang mengatakannya. Namun, susu kambing produksi massal yang dijual di sebagian besar toko dapat memiliki rasa “kambing” karena metode pengolahan, pengemasan, dan pasteurisasi yang berbeda.

Kambing mengubah karoten dalam makanannya menjadi vitamin A lebih efisien daripada sapi, menghasilkan susu, krim, dan mentega yang lebih putih. Mereka yang lebih menyukai rona kuning klasik daripada mentega mereka dapat menggunakan annatto (pewarna keju) untuk menambahkan warna selama pemrosesan.

Sulit dicerna
Beberapa orang memiliki gejala seperti kembung, diare dan angin pada susu. Ini mungkin karena intoleransi laktosa  masalah pencernaan umum di mana tubuh tidak dapat mencerna laktosa, sejenis gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu  atau alergi yang lebih serius terhadap produk susu. Alergi terhadap susu merupakan hal yang paling umum.

Perlu dicatat bahwa intoleransi laktosa tidak sama dengan alergi susu. Alergi makanan disebabkan oleh sistem kekebalan yang bereaksi terhadap jenis makanan tertentu dan gejalanya termasuk pembengkakan, muntah, dan, paling buruk, anafilaksis. Jika Anda memiliki alergi, bahkan partikel kecil pun dapat memicu reaksi, sedangkan kebanyakan orang dengan intoleransi laktosa masih dapat mengonsumsi sejumlah kecil laktosa tanpa kesulitan meskipun hal ini bervariasi dari orang ke orang.

Susu kambing lebih baik dari susu sapi? – Nitrogen Non Protein
  • Susu formula susu kambing mengandung 10% nitrogen non-protein, yang dinyatakan sebagai proporsi nitrogen total, dibandingkan dengan 7,1% untuk susu formula sapi.
  • Susu formula susu kambing mengandung 9,3% dan sapi 7,4% non-protein nitrogen.
  • Nitrogen non protein terdiri dari nukleotida dan nukleosida, urea, kreatinin, poliamina, dan asam amino bebas.
  • Susu formula bayi kambing mengandung 4mg/100ml total nukleotida monofosfat, semuanya berasal dari susu kambing itu sendiri.
  • Nukleotida dan nukleosida adalah komponen utama RNA dan DNA. Karena perannya dalam pengembangan sistem kekebalan, nukleotida sering ditambahkan ke susu formula bayi.
  • Susu kambing, berbeda dengan susu sapi, mengandung konsentrasi poliamina tertinggi.
  • Poliamina penting untuk pertumbuhan optimal, fungsi sel saluran cerna, pematangan enzim saluran cerna dan mengurangi alergi makanan pada bayi.
  • Urea, pada 30%, secara kuantitatif merupakan komponen yang paling melimpah dari fraksi nitrogen protein susu kambing dan susu formula, diikuti oleh asam amino bebas sebesar 7%.
  • Taurin, glisin dan asam glutamat adalah asam amino bebas yang paling melimpah dalam susu bubuk kambing.
  • Susu kambing memiliki profil fraksi non-protein yang sangat berbeda dengan susu sapi, dengan beberapa konstituen seperti nukleotida pada konsentrasi yang mendekati konsentrasi dalam ASI manusia.

Penelitian American Dairy Science Association, pada 2002 juga menunjukkan bahwa susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan lain. Perbedaan lainnya yaitu susu sapi diketahui dapat mengganggu penyerapan mineral utama ketika dikonsumsi dengan makanan yang serupa.

Kemudian alasan yang lain, orang yang lebih cenderung memilih susu kambing dibandingkan susu sapi yaitu karena berkaitan dengan daya cernanya. Dari semua susu yang terdapat pada hewan yang sering dikonsumsi mengandung laktosa atau gula susu alami.

Tetapi susu kambing sedikit lebih rendah dalam laktosa daripada susu sapi - sekitar 12 persen lebih sedikit per cangkir - dan, pada kenyataannya, menjadi lebih rendah dalam laktosa ketika dibiakkan menjadi yogurt. Bagi orang yang mengalami laktosa ringan, apabila mengonsumsi susu kambing dapat mengganggu pencernaan dibandingkan mengonsumsi susu sapi.

Mengenai kesehatan pencernaan, susu kambing lebih unggul dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing terkandung karbohidrat yang lebih tinggi, bermanfaat untuk menyehatkan bakteri yang menguntungkan pada usus.

Kegunaan Susu Kambing
Anda memiliki beberapa pilihan untuk mendapatkan manfaat susu kambing yang maksimal. Disarankan bahwa seseorang harus minum susu kambing mentah. Anda biasanya dapat membelinya dari pasar petani setempat atau toko makanan kesehatan. Mirip dengan manfaat susu mentah dari sapi, ketika seseorang meminum susu kambing etawa provit, ia dapat memperoleh manfaat paling banyak dari minuman bergizi ini.

Jika Anda tidak dapat menemukan susu kambing mentah di daerah Anda, ada pilihan lain yang tersedia, terutama dalam produk fermentasi. Selanjutnya, susu kambing dapat membantu membangun kepadatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, dan melindungi dari alergi. Bahkan meningkatkan intoleransi laktosa. Manfaat probiotik hadir dalam yogurt susu kambing membantu mendukung pencernaan yang sehat, menurunkan risiko diabetes, mendukung berat badan, mencegah kehilangan lemak dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Keju kambing lunak atau mentah juga dikemas dengan probiotik dan tersedia di mana-mana. Anda bisa mengoleskannya pada kerupuk atau memakannya sendiri untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan dari susu kambing. Jika Anda ragu dengan rasanya saat meminumnya langsung, mulailah dengan susu kambing dingin, yang memiliki rasa 'kambing' yang kurang terasa.

Susu kambing etawa provit pada dasarnya dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi dalam resep apa pun. Namun, ketika dipanaskan atau diproses dengan cara apa pun, ada rasa kambing yang berbeda. Mereka yang sudah lama menjadi penggemar susu mungkin tidak keberatan, tetapi ini bisa menjadi halangan bagi seorang pemula. Susu kambing sangat lezat dalam resep makanan penutup karena memberikan manisan favorit Anda tekstur yang lembut dan meleleh di mulut. Ini juga bagus dalam smoothie; kombinasikan buah-buahan dan sayuran hijau favorit Anda dan tuangkan sedikit susu kambing dan haluskan.
Reply


Messages In This Thread
Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kambing Etawa Provit - by info.sehat - 2 September 2021, 03:40 PM



Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by