Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perawatan dan Obat Kaligata Alami
#1
[Image: cara-menghilangkan-kaligata-secara-perma...429953.jpg]


Kaligata, juga dikenal dengan nama urticaria, merupakan reaksi kulit yang menyebabkan bilur gatal dalam berbagai ukuran. Kaligata dapat dipicu oleh berbagai situasi dan zat tertentu, seperti paparan terhadap makanan atau obat-obatan tertentu. Kaligata merupakan sebuah kondisi yang umum dijumpai. Kebanyakan kasus kaligata tidak berbahaya, dan akan sembuh setelah 24 jam atau beberapa hari tanpa perlu obat kaligata khusus. Bilur kemerahan tanda adanya kaligata sering ditemani dengan gejala lain seperti rasa gatal ringan hingga parah. Dalam beberapa kasus, kaligata dapat bersifat kronis, dalam arti kondisi ini akan muncul selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. 

Perawatan
Anda biasanya dapat merawat kaligata di rumah menggunakan “home remedies”. Hubungi dokter apabila setelah melakukan perawatan obat kaligata berikut ini gejala yang dialami tidak semakin membaik.
·      Kompres dingin
Dalam kebanyakan kasus, dengan meletakkan kompres dingin di atas kaligata dapat membantu meringankan gejala iritasi. Untuk melakukan hal ini, bungkus es batu dengan handuk lembut dan letakkan di atas kulit kemerahan selama 10 menit. Ulangi hal ini beberapa kali jika dibutuhkan.
·      Mandi dengan larutan anti-gatal
Ada beberapa jenis produk yang dapat ditambahkan ke air mandi untuk meredakan gatal, seperti oatmeal dan soda api.
·      Hindari produk-produk yang dapat mengiritasi kulit
Beberapa jenis sabun dapat membuat kulit kering dan menyebabkan gatal berlebih saat Anda memiliki kaligata. Pastikan memakai sabun yang dipasarkan untuk kulit sensitif. Anda juga perlu menghindari pelembap dan losion yang dapat mengiritasi kulit.
·      Jaga kulit tetap dingin
Panas dapat membuat gatal menjadi lebih buruk. Pakailah pakaian yang ringan dan jaga suhu udara di rumah tetap dingin dan nyaman. Hindari duduk di bawah paparan sinar matahari langsung.
Apabila home remedies di atas tidak dapat meredakan gejala yang Anda alami, Anda bisa mencoba solusi alami. Namun, karena obat-obatan alami biasanya belum diregulasi oleh lembaga obat dan makanan, penggunaannya harus dengan hati-hati. Adapun beberapa obat kaligata alami tersebut di antaranya adalah:
·      Witch hazel
Tannin alami yang ditemukan di tanaman herbal witch hazel dapat membantu mengatasi iritasi. Anda dapat menyiapkan campuran witch hazel untuk digunakan sebagai astringent guna memaksimalkan manfaat tannin. Untuk melakukannya, campur 5-10 gram kulit pohon witch hazel dengan 1 cup air, pipihkan dan rebus hingga mendidih. Saring campuran tersebut dan biarkan dingin sebelum dioleskan ke kulit yang iritasi, diamkan selama 20 menit, dan bilas.
·      Lidah buaya
Lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal dengan sifat penyembuhannya. Namun, meskipun lidah biaya merupakan tanaman anti-peradangan alami, dalam beberapa kasus tanaman ini dapat menyebabkan “contact dermatitis”, sehingga penting melakukan tes terlebih dahulu. Oleskan sebagian kecil krim lidah buaya pada kulit yang sehat dan tunggu selama 24 jam. Apabila tidak ada reaksi iritasi, krim lidah buaya aman untuk digunakan. Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada kaligata beberapa kali dalam sehari.

Apabila perawatan dan obat kaligata alami di atas tidak cukup efektif dalam mengatasi kondisi Anda, perawatan OTC dapat menjadi solusi terakhir. Perawatan OTC tidak hanya dapat meredakan gatal dan iritasi, tetapi juga dapat menarget respon histamine tubuh (yang menyebabkan kaligata muncul). Beberapa obat-obatan kaligata OTC di antaranya adalah losion calamine, diphenhydramine, loratadine, fexofenadine, dan cetirizine. Apabila gejala berubah menjadi semakin buruk atau tindak kunjung sembuh setelah beberapa minggu, hubungi dokter.
Reply


Messages In This Thread
Perawatan dan Obat Kaligata Alami - by info.sehat - 20 October 2020, 09:46 AM



Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by