Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Perawatan Burung Cendet Mabung Biar Tuntas
#1
Berikut beberapa Cara Mengatasi Cendet macet mabung atau bentuk perawatan burung cendet yang sedang mengalami masa mabung agar proses mabungnya  berjalan sempurna, dan karakternya tidak banyak berubah pascamabung nanti.

1. Mengganti Pakan Utama
Banyak penggemar cendet yang memberikan voer ayam broiler (BR1) sebagai pakan utama selama mabung. Sebagian besar mencampurkan voer ayam itu dengan voer yang biasa dikonsumsi burung dengan perbandingan 50:50. Hal ini dilakukan agar bulu-bulunya langsung ambrol setelah mengkonsumsi pakan tersebut. cendet mabung tidak tuntas

2. Menambah extra fooding (EF)
Pakan tambahan atau extra fooding (EF) yang biasa diberikan kepada cendet sebaiknya ditingkatkan jumlah atau porsinya pada saat mabung, sebab pakan dengan kadar protein hewani tinggi ini  sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi atau nutrisinya selama masa mabung karena bertujuan menjaga hal hal yang tidak di inginkan seperti cendet mabung tidak tuntas.

Contoh pemberian EF untuk cendet misalnya jangkrik yang biasanya diberikan 3 ekor (pagi dan sore)  saat tidak mabung, bisa ditambah menjadi  6 ekor yang diberikan pagi dan sore hari.

Begitu juga kroto yang dalam kondisi tidak mabung hanya diberikan beberapa kali seminggu, bisa diberikan rutin setiap pagi selama mabung, Ulat hongkong bisa diberikan sebanyak 5 – 10 ekor pada pagi dan sore hari.

Selain EF yang umum diberikan kepada cendet, banyak penggemar yang memberikan cacing tanah guna keseimbangan gizi, cacing tanah biasanya diberikan sebanyak 1 – 2 ekor dalam waktu dua kali seminggu.

3. Memberikan vitamin
Vitamin menjadi salah satu faktor penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung cendet dalam merawat cendet mabung pertama, apalagi cendet termasuk burung yang sangat agresif dan aktif sehingga sangat membutuhkan asupan vitamin tambahan yang amat membantu proses mabungnya dan juga menghindari cendet mabung macet bunyi.

4. Mandi dan Penjemuran
Ketika cendet sedang mejatuhkan bulu-bulunya saat itu burung jangan dulu dimandikan. Mandi hanya diberikan setelah bulu-bulunya ambrol semua, yang diiring dengan munculnya tunas bulu-bulu baru. Pada fase ini juga kita bisa melakukan terapi mandi malam untuk cendet mabung. mp3 cililin untuk murai

Penjemuran dilakukan seperlunya saja, jangan menjemur ketika burung sedang menjatuhkan bulu-bulunya atau sedang dalam kondisi ambrol. Sebab suhu panas dan udara berdebu bisa menghambat pertumbuhan bulu-bulu barunya, karena itu penjemuran sebaiknya dilakukan setelah muncul bulu-bulu baru dan dilakukan setelah burung dimandikan.

5. Menenangkan burung
Cendet adalah burung predator kecil yang sangat agresif, jadi hindari menggantang cendet yang sedang mabung di dekat burung sejenis atau burung-burung kecil lainnya. Dalam beberapa kasus, cendet akan emosi dan langsung coba menyerang burung di dekatnya, hal itu jelas bisa mengganggu proses mabungnya.

Sebaiknya ketika burung sedang mabung pindahkan ke tempat tenang dan sendirian, jika tidak ada lagi lokasi seperti itu anda bisa menyimpan burung dalam kondisi full kerodong.

6. Saatnya pemasteran
Ketika sedang mabung, cendet akan lebih sering  diam dan jarang berkicau. Itulah waktu yang tepat untuk memaster cendet dengan burung masteraannya atau melalui suara-suara masteran yang Anda miliki. harga lovebird update 2019

Putu Suartana
Blogger Perawatan Burung Kicau
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Advertise