Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Penyebab Jerawat di Punggung
#1
Jerawat tak hanya bisa muncul pada wajah tetapi juga bagian tubuh lain, salah satunya pada punggung. Terdapat beberapa penybeba jerawat ini muncul, terdapat pula beberapa cara menghilangkan di punggung ini. Termasuk menggunakan cara alami atau memakai obat-obatan dari dokter.
Perlu diketahui jika penyebab munculnya jerawat di punggung pada umumnya tidak berbeda dengan penyebab jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya. Jerawat muncul karena folikel atau tepat tumbuhnya rambut di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami atau sebum. Sangat penting untuk segera melakukan pengobatan.
Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di badan, namun pemicu utama di mana pun tempatnya adalah pori-pori kulit yang tersumbat. Misalnya di daerah punggung, dada dan leher, badan juga memiliki pori-pori yang mengandung kelenjar minyak sama seperti bagian tubuh lainnya.
Apabila kelenjar sebasea atau minyak ini terlalu aktif, maka produksi minyak akan menjadi berlebih, dampak yang ditimbulkan adalah folikel di dalam pori bisa tersumbat. Lapisan kulit badan juga akan terus menerus menghasilkan sel kulit mati yang kemudian digantikan dengan yang baru. Apabila minyak dan sel kulit mati terperangkap di dalam pori, penyumbatan berkembang menjadi komedo.
Kebiasaan Pemicu Jerawat di Punggung
  • Gesekan Kulit dan Pakaian
Kondisi bisa dibilang sebagai penyebab utama munculnya jerawat di punggung dan area badan, seperti jgesekan baju dan tas terhadap kulit punggung. Jerawat muncul karena iritasi kulit, kondisi ini disebut dengan acne mechanica.
  • Penggunaan Perhiasan
Perhiasan juga memicu munculnya jerawat sama seperti pakaian, salah satunya di area leher. Gesekan perhiasan dengan leher secara langsung bisa membuat iritasi kulit hingga menimbulkan jerawat, meski demikian kondisi ini hanya dialami beberapa orang saja.
  • Badan Kotor dan Berkeringat
Jerawat yang muncul di area punggung dan leher terjadi karena area tersebut kotor dan sedang berkeringat, salah satunya ketika berolahraga. Kondisi ini perlu diperhatikan bagi seseorang dengan rambut panjang dan gemar berolahraga.
Gesekan rambut kotor atau pakaian berbahan kasar dan kotor dengan kulit secara langsung dapat membuat munculnya peradangan. Sehingga jerawat dapat muncul pada bagian-bagian yang terkena kotoran itu.
Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Perlu diingat jika untuk menghilangkan jerawat di punggung atau area badan lain tidak semudah membersihkan jerawat di wajah. Jerawat yang terdapat di badan tidak mudah untuk dilihat, tidak jarang juga jerawat yang muncul tersebar luas di badan. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengobati jerawat di badan.
  • Obat Jerawat
Berbagai jenis obat jerawat yang direkomendasikan untuk mengobati masalah jerawat di punggung seperti benzoil peroksida untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Antibiotik oral untuk jerawat yang parah, retinol, obat dari resep dokter hingga minum obat dengan kandungan isotretinon.
  • Sabun Khusus Jerawat
Untuk mengatasi penyebab dan sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan sabun khsusu jerawat. Badan dengan kulit berjerawat perlu dijaga dan dirawat kebersihannya, dengan menggunakan sabun ini bisa untuk membersihkan area punggung dan leher.
  • Hindari Pakaian Ketat
Gunakan pakaian longgar dan jangan memakai pakaian ketat karena justru membuat kotoran dan keringat terjebak. Keduanya bisa masuk ke dalam pori ketika seseorang beraktivitas dan membuatnya tersumbat, selain itu pakaian ketat juga bisa jerawat menjadi parah.
Reply




Users browsing this thread: 2 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by