Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Pentingnya Fitur Komplain Pada Aplikasi On-Demand Berbasis Jasa
#1
[Image: cp9hJz5WhsujqgP_Dov0-F15yWG7W7ctyTcFDPoO...ViP3t9yUBU]

source google play
Fitur komplain sangatlah penting tersemat pada aplikasi on-demand berbasis jasa. Berbeda dengan jasa konvensional yang mempertemukan secara langsung penyedia jasa dan konsumen baik ketika memesan hingga terlaksananya pelayanan jasa tersebut. Pelanggan pun dapat secara langsung komplain bilamana ada layanan yang dianggap kurang sesuai.

Sementara bisnis layanan jasa online memungkinkan bagi penyedia jasa dan pelanggan berkomunikasi secara jauh. Tentunya dengan kehadiran fitur dalam aplikasi yang ditunjang dengan jaringan internet yang stabil.

Layanan jasa online memiliki alur sebagai berikut: pelanggan akan memesan suatu layanan jasa yang diinginkan melalui aplikasi, lantas pelanggan akan menunggu kehadiran jasa yang dipesan. Kemudian pelanggan akan menerima layanan jasa yang dikehendaki. Setelah layanan terselesaikan pelanggan akan memberi ulasan dan rating terkait layanan yang diberikan penyedia jasa. Bila mana pelanggan merasa ada layanan yang tidak sesuai bisa menggunakan fitur komplain pada aplikasi.

Fitur komplain merupakan fitur yang berguna bagi pelanggan, pasalnya layanan jasa seringkali menggandeng mitra atau vendor untuk menyelesaikan permintaan jasa. Sehingga pelanggan pun memiliki power untuk mengadukan pelayanan yang cacat.    

Fitur komplain tidak boleh dipandang sebelah mata, karena dianggap hanya menguntungkan pelanggan saja. Pasalnya kehadiran fitur komplain pada aplikasi on demand memiliki nilai positif bagi perusahaan penyedia jasa. Kehadiran fitur ini dapat menjadi salah satu indikator mengenai kepuasan pelanggan. Bila mana tidak ada konsumen yang mengeluh via fitur ini dan secara rating dan ulasan layanan bagus. Artinya layanan yang tengah dijual perusahaan sesuai dengan standar atau persepsi kepuasan masyarakat.  

Pelanggan yang puas memiliki kecendrungan untuk membagikan pengalamannya kepada rekan-rekannya. Dengan begitu secara tidak langsung pangsa para tengah meluar oleh mereka yang merasa puas dengan suatu pelayanan jasa.

Selain itu, fitur ini juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan jasa. Dengan adanya pelanggan yang komplain menandakan bahwa layanan yang disajikan terindikasi ada penuruan secara kualitas pelayanan. Sehingga perusahaan dapat bergerak dengan cepat guna menanggapi keluhan pelanggan dan langsung memperbaikinya. Entah itu mengevaluasi mitra atau pun sistem perusahaan tergantung isi dari komplainnya.  

Setiap komplain pelanggan harus dianggap sebagai masukan berharga. Lantaran perusahaan dapat mempetakan lebih detail lagi terkait produk jasa yang diinginkan oleh masyarakat. Dengan begitu strategi pemasaran perusahaan dapat bergerak lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu menimbang hal-hal positif yang didapatkan baik untuk pelanggan maupun perusahaan.  Fitur komplain pada aplikasi on demand sebuah fitur yang wajib ada dalam baik bagi mereka yang berbisnis jasa maupun produk.      
         
Bisnis jasa bukanlah bisnis sekali pakai, tapi sebuah bisnis yang mempentingkan keberlangsungan relasi positif antara penyedia jasa dan pelanggannya. Dengan begitu perusahaan jasa dapat tumbuh dan besar dalam menangangi pangsa pasar yang lebih luas lagi.

Referensi: www.halojasa.com

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id