Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pengertian Manajemen yang Perlu Kamu Pahami
#1

source skolo.org
 
Secara umum, pengertian manajemen adalah suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Bisa juga diartikan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat luas.
 
Secara etimologi, kata manajemen berasal dari kata Bahasa Perancis kuno yaitu menagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Namun ada kemungkina lain bahwa istilah manajemen yang sekarang kita kenal berasal dari Bahasa Italia, yakni meneggiare yang berarti mengendalikan.
 
Pada dasarnya manajemen sudah ada sejak manusia ada. Mengatur diri sendiri dan mengatur hubungan antara dua orang termasuk dalam manajemen. Sebagai contoh, kamu seorang mahasiswa. Kamu mengatur segala kebutuhan untuk kuliah. Mulai dari peralatan, tugas hingga cara kamu belajar, bahkan hingga ke hal-hal kecil sebagai mana cara memilih jalan pergi ke kampus. Maka dalam satu hari kita akan selalu bersentuhan dengan apa itu manajemen.  
 
Terdapat berbagai pengertian manajemen dari berbagai literatur. Para ahli juga mendefinisikan manajemen dengan pendapat yang berbeda-beda.
 
Definisi Manajemen Menurut Para Ahli:
 
Geoge Robert Terry
George mengartikan manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Seluruh tindakan tersebut bertujuan mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.
 
Van Fleet Dan Peterson
Van Fleet dan Peterson mendefinisikan manajemen yaitu “serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan”. 
 
Ricky W. Griffin
Manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif di sini maksudanya tujuan tercapai sesuai rencana, dan efisesien berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.
 
Kreitner
Pengertian manajemen menurut Kreitner “manajemen adalah proses pemecahan masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien dalam lingkungan”. 
 
Harold Koontz
Menurut Harold Koontz Manajemen adalah seni menyelesaikan segala sesuatu melalui dan dengan orang-orang dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal. Ini adalah seni menciptakan lingkungan di mana orang dapat melakukan dan individu dapat bekerja sama menuju pencapaian tujuan kelompok.
 
Fungsi Utama Manajemen:
 
1. Perencanaan (Planning)
Berdirinya suatu perusahaan diharuskan memiliki visi dan misi yang jelas untuk menjadi pedoman dalam langkahnya di masa depan. Salah satu fungsi manajemen pada perusahaan adalah merencanakan dan mengidentifikasi tugas yang diperlukan serta memastikan sumber daya manusia (SDM) yang tepat guna menghindari dengan kebingungan, ketidakpastian dan resiko lainnya. Perencanaan yang baik dapat membuat perusahaan bergerak dengan tahapan demi tahapan yang jelas. Setiap inidividu atau sektor di dalam perusahaan tinggal mengikuti alur yang sudah direncakan oleh manajemen perusahaan. 
 
2. Pengorganisasian (Organizing)
Manajemen perusahaan harus mampu mengorganisir segala sumber daya yang tersedia seperti keungan maupun human resource agar berpadu pada guna mencapi tujuan perusahaan. Pengorganisasian ini bertujuan agar setiap elemen di perusahaan bekerja secara efektif setiap harinya. Untung memudahkan pengorganisasian biasanya sumber daya dikelompokan menjadi departemen. Masing-masing departemen dipimpin oleh manajer yang bertanggung jawab langsung kepadda direktur utama. 
 
3. Pengarahan (Actuating)
Ketiga, manajemen bertugas untuk mengarahkan setiap elemen pada organisasi perusahaan agar bekerja efisien dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pengarahan menjadi tugas yang menantang bagi para manajer. Lantaran sang mananjer harus mampu meningkatkan kinerja dan produktifitas karyawan. Manajer yang baik pun harus menginspirasi rekan kerjanya guna memiliki motivasi agar bekerja lebih giat bekerja. Dan tak kalah penting bagi seorang manajer memiliki komunikasi yang baik dan tepat dalam melakukan arahan. 
 
4. Pengendalian (Controlling)
Terakhir, fungsi pengendalian. Kehadiran manajemen pada perusahaan untuk memastikan ketiga fungsi sebelumnya berjalan dengan benar dan sesuai sehingga perusahaan diharapkan akan benar-benar menggapai tujuannya.

Sekian pengertian manajemen serta fungsinya. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi para pembaca. Dan yang tak kalah penting untuk menerapkan manajemen di kehidupan sehari-hari.
 
Referensi: www.halojasa.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

              Quick Links

              User Links

             powered by