Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Thread Modes
Pelayanan Fisioterapis di Rumah Sakit Tumbuh Kembang
#1
[Image: rumah-sakit-tumbuh-kembang.jpg]
Di dunia kedokteran, rehabilitasi medis atau biasa disebut fisioterapi amat dibutuhkan untuk menangani masalah cedera atau kondisi lain yang menyebabkan hilangnya atau berkurangnya fungsi tubuh. Rumah Sakit Tumbuh Kembang, selaku fasilitas kesehatan yang berorientasi kepada pasien memiliki layanan tersebut untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.
Pelayanan fisioterapis ini dapat dimanfaatkan oleh mereka yang tak lagi dapat menjalankan rutinitasnya lantaran keterbatasan fisik. Adapun pelayanan fisioterapis yang dimiliki Rumah Sakit Tumbuh Kembang, di antaranya:
·        Cardiopulmonary (Jantung dan Paru)
Fisioterapi rehabilitasi cardiopulmonary menangani berbagai keadaan pasien yang berhubungan dengan kelainan pada jantung dan paru seseorang atau orang yang baru selesai menjalani operasi jantung atau paru.
·        Geriatic (Manula)
Fisioterapi geriatic memiliki cakupan yang luas berhubungan dengan isu-isu seputar orang yang sudah melewati batas usia orang dewasa normal, tapi fokus utamanya adalah pada orang lanjut usia.
·        Neurologis (Saraf)
Fisioterapi neurologis adalah membantu orang-orang yang mengalami kelainan atau penyakit neurologis (saraf), seperti penyakit Alzheimer, cerebral palsy, cedera/gegar otak, multiple sclerosis, parkinson, cedera saraf tulang belakang dan stroke. Umumnya, kelainan yang terkait dengan kondisi neurologis berupa gangguan yang terjadi pada penglihatan, keseimbangan, aktivitas, gerakan dan berkurangnya kebebasan fungsional tubuh.
·        Orthopaedi (Tulang)
Fisioterapis orthopaedi mendiagnosa, mengelola dan menangani pasien yang mengalami kelainan dan luka-luka pada sistem muscculoskeletal termasuk rehabilitasi setelah menjalani bedah Orthopaedi. Fisioterapis Orthopaedi dilatih untuk terampil dalam menangani pasien pasca bedah Orthopaedi, fraktur atau patah tulang, cedera olahraga akut, radang sendi (arthritis), keseleo (sprain), strain (kaku otot atau tegang), sakit punggung & leher, gangguan tulang belakang dan amputasi. Mobilisasi atau manipulasi sendi dan tulang belakang, terapi latihan, pendidikan neuromuscular, terapi panas atau dingin dan stimulasi listrik merupakan modalitas yang sering digunakan untuk mempercepat pemulihan dalam Fisioterapi Orthopaedi.
·        Pediatric
Fisioterapi pediatric membantu mendeteksi masalah kesehatan lebih dini dan menggunakan berbagai modalitas dalam menangani kelainan-kelainan gerak dan fungsi gerak di lingkungan pediatric.
·        Integumentary (Berhubungan dengan Kulit dan Bagian-bagiannya)
Kondisi yang ditangani adalah luka dan luka bakar. Fisioterapis integumentary menggunakan alat-alat bedah, mechanical lavage, perban, dan topical agen untuk memperbaiki jairngan nekrotik dan mempercepat proses penyembuhan jaringan yang luka.
·        Kesehatan Wanita
Fisioterapi pada kesehatan wanita membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan kelahiran anak, dan pasca-persalinan. Kondisi ini termasuk lymphedema, osteoporosis, nyeri panggul, post partum periode & prenatal, dan inkontinensia urin.
·        Olahraga
Fisioterapi pada kondisi yang berhubungan dengan olahraga baik untuk pencegahan maupun cedera yang disebabkan oleh faktor intrinsik (postur yang kurang baik, kelemahan otot, latihan yang salah, fisik yang tidak fit), ekstrinsik (benturan atau tabrakan, lapangan yang jelek) pemakaian yang berlebih atau overuse.
Sementara itu, untuk menunjang pelayanan fisioterapi, Rumah Sakit Tumbuh Kembang membekali dirinya dengan modalitas medis seperti berikut:
1.     Exercise atau Terapi Latihan
·        Manual Terapi
Pemberian latihan atau manual terapi kepada pasien ditujukan untuk meningkatkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional yang menitik beratkan pada kondisi pasien bedah atau bedah orthopaedi, post-trauma, dan cedera olahraga.
·        MLDV ( Manual Lymph Drainage Vodder)
Teknik massage yang bekerja pada jaringan lunak, nodus lymphaticus, cairan interstitial dan vena pada kondisi bengkak, rematik, lympedema, sinus, bell’s palsy, vertigo, dll
2.     Peralatan Fisioterapi di Rumah Sakit Tumbuh Kembang
·        Diathermy
·        Ultra Sound
·        Electrical Stimulation atau Stimulasi Elektrik
·        Infra Red
·        Cold Teraphy
·        Parafin Bath
·        Traksi Cercical dan Lumbal
·        Inhalasi
 
3.     Alat Bantu Fisioterapi Rumah Sakit Tumbuh Kembang
Selain beragam peralatan yang telah disebutkan di atas, untuk menunjang pelayanan ini, Rumah Sakit Tumbuh Kembang memiliki alat bantu medis yang disebut dengan Shoulder Wheel dan Pulley Set.
Kurang lebih itulah layanan fisioterapi di Rumah Sakit Tumbuh Kembang. Jika Anda membutuhkan pelayanan ini, Anda bisa langsung datang ke rumah sakit yang terletak di Jl.Raya Bogor KM.31 No.23, Palsigunung, Cimanggis, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat atau telepon ke nomor (021) 8701873 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)

About Ziuma

ziuma - forum diskusi dan komunitas online. disini kamu bisa berdiskusi, berbagi informasi dan membentuk komunitas secara online. Bisa juga berdiskusi dengan sesama webmaster/blogger. forum ini berbasis mybb

             Quick Links

             User Links

             Support by

  • Ngalih.id